Buku Saku UN (Ujian Nasional) Madrasah 2015/2016 Final



Buku Saku UN Madrasah 2015/2016 Final - Ujian Nasional merupakan Evaluasi pendidikan yang dilakukan secara luas yaitu seluruh Indonesia. Jadi seluruh Siswa-siswi yang ada di kelas akhir, seperti MI/SD kelas 6, MTs/SMP kelas 9, dan MA/MAK/SMA/SMK kelas 12, mengikuti evaluasi secara menyeluruh seluruh Indonesia dengan jadwal yang telah ditentukan.

Seperti yang telah saya sampaikan pada postingan sebelumnya mengenai Mekanis Pendataan Peserta UN Madrasah 2015/2016 (EMIS PENDIS Verval UN), Bahwa UN dalam Wikipedia, UN atau bisa kita Sebut Ujian Nasional adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Apa tujuan pelaksanaan UN (Ujian Nasional) ?

Anda sekalian tahu, bahwa UN atau Ujian Nasional diselenggrakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik jenjang satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Selain itu UN digunakan juga untuk melakukan pemetaan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada satuan pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggunggugatkan (accountable). 

Nah dalam persiapan pelaksanaan UN atau Ujian Nasional 2015/2016, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemdikbud) telah mengeluarkan Buku Saku UN (Ujian Nasional) Madrasah 2015/2016 Final. Buku Saku "Tanya Jawab UN" ini disusun untuk memberikan informasi jelas dan ringkas tentang pelaksanaan Ujian Nasional 2015/2016, agar pelaksanaan Ujian Nasional dapat ditingkatkan sebagai dasar meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Jika anda sekalian belum memiliki atau ingin membaca seputar Buku Saku UN (Ujian Nasional) Madrasah 2015/2016 Final ini, anda dapat mengambilnya di bawah sini :


atau


Silahkan anda baca dan pelajari, mari kita tingkatkan mutu pendidikan nasional dengan Ujian Nasional yang Jujur dan Berprestasi "Prestasi ya, Jujur harus", seperti moto dari Ujian Nasional 2015/2016.

Sekian dulu dari kami, semoga dapat memberikan informasi dan ilmu yang bermanfaat, Aamiin.

Salam Rumah Madrasah.

 
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Buku Saku UN (Ujian Nasional) Madrasah 2015/2016 Final"