aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional

12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional - Ujian Nasional mungkin menjadi momok menakutkan bagi siswa-siswi di setiap tingkatan sekolah, baik itu tingkat MI/SD, MTs/SMP, bahkan bagi siswa-siswi MA/SMA. Ada pribahasa "Kalah Sebelum Berperang" makasud dari pribahasa tersebut, kita tidak boleh Pesimis sebelum melaksanakannya. Sama seperti halnya menghadapai Ujian Nasional, kita tidak boleh pesimis, karena itu akan merugikan kita. Kita akan nervous dan mental kita akan jatuh, sehingga kurangnya Konsentrasi dalam mengerjakan soal Ujian Nasional.

https://pusathipnoterapi.files.wordpress.com/2013/03/takut-ujian.jpg


Untuk mengatasi Sikap Pesimis dalam Ujian Nasional, kami mencoba mencari apa saja Tips yang harus dilakukan sebelum Ujian Nasional. Kami mengutip dari website SMK Negeri 3 Probolinggo mengenai tips tersebut. Untuk lebih lanjutnya, silahkan anda baca di bawah ini 12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional :


1. FOKUS

Kalian yang bakal menghadapi ujian nasional 2016 haruslah fokus untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, tidak usah kalian memfokuskan hal-hal lain yang bisa membuat kalian salah fokus untuk menomorduakan Ujian Nasional 2016. Mulai bulan ini juga kalian stop untuk agenda-agenda yang sekiranya tidak penting, fokuslah untuk mengikuti Ujian Nasional 2016, kalian ingin sukses ngerjain soal UN kan? Pastinya donk, nantinya setelah UN 2016 ada waktu yang panjang untuk kalian me-refresh otak kalian bersama teman-teman. Mulai detik ini, kalian persiapkan segala materi-materi pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional 2016, teruslah mengerjakan soal-soal latihan satu naskah soal selama sehari. Oh iya, buat kalian kelas XII tetaplah fokus untuk berlatih soal-soal yang diujikan dalam UN 2016, jangan malah coba mengerjakan latihan soal SNMPTN, nanti ada waktunya setelah UN 2016. Siap kawan? Lanjut ke tips kedua.

2. Jangan Remehkan Try Out

Bukan persoalan baru, kebanyakan murid-murid sekolah yang mau menghadapi Ujian Nasional sering meremehkan try out. Try Out itu tolak ukur kalian, seberapa bisakah atau pemahaman kalian dalam materi-materi UN. Saya rasa anda perlu tolak ukur, sehingga kalian bisa mengevaluasi kekurangan kalian. Usahakan selalu mengerjakan soal-soal Try Out dengan baik, bayangkan saja Try Out sebagai simulasi UN 2016.

3. Porsi Tambahan

Sudah aku berikan tadi di tips nomor dua untuk tidak meremehkan Try Out karena itu sebagai tolak ukur kemampuan kalian, untuk apa sih mengukur kemampuan kita? Ini gunanya, jadi kalian setelah tau tolak ukur kalian seperti apa, sehingga ada evaluasi dalam diri kalian, pasti ada pelajaran tertentu yang pemahamannya kurang. Berikan porsi tambahan untuk pelajaran-pelajaran yang kalian anggap lemah, mintalah bantuan ke guru pengajar, kakak-kakak kalian, guru les, atau tentor (jika kalian mengikuti les di lembaga).

4. Siapkan Seluruh Perlengkapan Ujian Nasional Jauh-Jauh Hari

Walaupun mungkin tidak terlalu berpengaruh besar, ini sangat harus di perhatikan yakni perlengkapan Ujian Nasional seperti pensi 2B, penghapus, papan alas, bolpoin, orotan dll.
  • Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) tes.
  • Gunakan pensil yang mempunyai diamater inti pensil paling besar, sehingga membuat pensil lebih kokoh dan tidak mudah patah.
  • Pilih pensil dengan inti pensil yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan kertas.
  • Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB karena penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK. – Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan debu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak menggangu proses koreksi/scanning.
  • Rautan dengan pisau yang tajam
  • Penggaris EBTA dan SPMB, untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari jawaban agar hasilnya lebih rapi.
  • Bawalah papan alas agar lembar jawaban tetap rapi dan menghindari kertas jawaban sobek akibat permukaan meja yang tidak rata.
  • Pilihlah papan alas yang rata, tidak mudah melengkung, dan licin. Dianjurkan menggunakan acrylic untuk hasil yang maksimal.
Untuk hal ini, memang biasanya pihak sekolah sudah memfasilitasi untuk hal ini, mengingat jika kita beli sendiri takutnya malah palsu. Tapi, usahakan kalian juga menyiapkan alat-alat tulis ini jauh-jauh hari dan tak ada salahnya jika kalian juga membawa alat tulis menulis sendiri dari rumah, walaupun nantinya juga akan ada dari pihak sekolah.

5. Ikuti Beberapa Workshop Mengenai “Ujian Nasional”

Dengan mengikuti workshop mengenai Ujian Nasional anda akan lebih mengerti Apa, Bagaimana, Kenapa, Kapan Ujian Nasional. Beberapa dari workshop itu juga sebagian memberitahukan kepada anda tips-tips dalam mengerjakan Ujian Nasional. Ada juga Workshop yang bersifat ESQ yang akan membantu kalian dalam hal motivasi dan ketenangan hati.

6. Jaga Komunikasi Vertikal

Pasti ngerti kan dengan apa yang saya maksudkan “komunikasi vertikal”, jadi kalian harus menjaga ibadah kalian ke yang maha kuasa. Rajinlah beribadah, bagi kalian yang muslim ya dijaga sholatnya ( sehari 5 waktu), lalu kalau bisa puasa shunnah (senin-kamis), shalat dhuha, shalat tahajud ,baca AL-QURAN setiap hari sehabis shalat maghrib atau sebelum subuh , dan yang terakhir sering-seringlah bersedekah.

7. Jaga Komunikasi Horizontal

Tambah bingung nih, yang atas tadi vertikal sekarang horizontal. Iya kawan, jadi selain kalian menjaga komunikasi vertikal, kalian juga harus menjaga komunikasi horizontal. Maksudnya adalah berbuat baiklah kalian ke sesama teman, tetangga, keluarga, orangtua, kalau kalian punya salah langsunglah meminta maaf dan minta doa restu untuk kelancaran Ujian Nasional yang bakal kalian hadapi.

8. Jaga Kesehatan

Setelah jaga komunikasi vertikal dan horizontal, sekarang waktunya jaga pos satpam, hahahaha. Bukan itu maksudnya, seetelah kalian jaga komunikasi vertikal dan horizontal, kalian perlu jaga kesehatan kalian. Jangan sampai kesehatan kalian terganggu, apalagi saat-saat mendekati waktu pelaksanaan Ujian Nasional, itu masalah luar biasa karena bisa merusak konsentrasi dan fokus kalian untuk menghadapi Ujian Nasional. Usahakan, makan yang teratur dan jaga kondisi dengan berolahraga minimal 3x dalam seminggu.

9. Mintalah Doa Orangtua, Guru, dan Paling Penting Doa Ibu

Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat dekat dengan kita yakni kedua orangtua, dan orang yang memberikan ilmu yakni Guru.
  • Minta maaflah kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional
  • Mintalah Doa restu kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional, terutama doa ibu!
  • Salimlah kepada kedua orangtua dan guru ketika berangkat saat akan berangkat menuju sekolah saat Ujian Nasional
Hampir sama sih dengan komunikasi horizontal, tapi saya tulis lagi disini karena itu juga bagian terpenting dalam kesuksesan kalian mengerjakan soal UN.

10. Jangan Nervous

Kebiasaan murid-murid termasuk saya dulu, ketika h-7 sampai pelaksanaan hari H perasaan nervous banget, tapi itu jangan sampai terjadi, karena bakal merusak konsentrasi sehingga kamu bisa blank dan ngak bisa mengingat materi yang kalian pelajari selama ini. Usahakan tetap tenang, atur pola nafas sehingga kalian bisa konsentrasi penuh mengerjakan soal Ujian Nasional.

11. Percaya Diri

Percaya pada diri sendiri, jangan percaya dengan hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau kalian sudah menguasai materi, ngapain kalian harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun saat Ujian Nasional tidak Percaya Diri, hasilnya pun Jeblok.

12. Jangan Percaya Kunci Jawaban

Sekarang marak sekali sebelum ujian, kalian di tawarkan tentang jawaban ujian nasional. Saya bukannya melarang anda membeli, atau menganjurkan anda membeli, tetapi jangan mempercayai kunci jawaban tersebut. Mengapa saya tulis demikian, karena jawaban kunci ada yang sebagian benar, dan ada sebagian malah salah semua. Pengalaman saya, banyak teman-teman yang membeli untuk berjaga-jaga dan dibeli secara koordinir, jadi pilihan di tangan anda. Boleh anda beli, boleh saja tidak. Saya hanya menyarankan untuk tidak mempercayainya, fokus dan percaya dirilah pada kemampuan anda sendiri.

Oke, itulah sedikit tips-tips yang bisa saya berikan ke kalian semua meskipun itu baru sekelumit saja dan banyak hal-hal lain yang belum bisa aku tuliskan disini. Saya berharap kalian bisa melakukan yang terbaik, dan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Oh iya, bagian yang menyeramkan dalam menghadapi Ujian Nasional bukanlah soalnya, melainkan hasil yang kita raih nantinya ketika kita sudah mengerjakan soal tersebut, pilihan antara LULUS dan TIDAK LULUS.
Sumber : http://www.smkn3pbl.sch.id/

Itulah informasi mengenai Ujian Nasional. Semoga artikel kami ini tentang 12 Tips Suskses Menghadapi Ujian Nasional dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

 


Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.

Baca Juga :
Soal Latihan Ujian Nasional MTs/SMP Tahun 2016

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar