Tutorial Mudah Membuat Rombel/Kelas di Emis Online Madrasah

Tutorial Mudah Membuat Rombel/Kelas di Emis Online Madrasah 

Tutorial Mudah Membuat Rombel/Kelas di Emis Online Madrasah - Hallo sahabat Operator semuanya, Pasti sekarang ini para operator madrasah sedang mengalami kesulitan dan menemukan berbagai masalah dalam peng-update-tan EMIS Madrasah Online. Ini semua karena kurangnya Informasi mengenai pengerjaan, apalagi belum adanya Modul Tutorial Resmi dari Kemenag Perihal pengerjaan EMIS berbasis aplikasi online ini. Namun, kita bisa browsing dan cari cari di mbah google mengenai tutorial-tutorialnya, ini biasanya dibagikan oleh operator-operator yang iseng "Ngoprek" aplikasi EMIS online tersebut.

Nah untuk meringakan salah satu beban para operator madrasah di seluruh Indonesia, mimin disini ingin berbagi mengenai Tutorial Mudah Membuat Rombel/Kelas di Emis Online Madrasah, yang mimin kutip dari www.emissimpatikazone.com.

Oke untuk selanjutnya silahkan baca tutorialnya di bawah ini ya teman-teman !
Pada bulan ini operator madrasah disibukkan dengan pendataan. Pendataan tersebut meliputi jenjang MI, MTs dan MA yang menggunakan sistem pendataan baru, yaitu pendataan berbasis Webbase. Tidak lagi menggunakan form excel emis yang diupload ke aplikasi dekstop kemudian di bakcup.

Dalam pendataan emis berbasis webbase  ini operator diwajibkan untuk mengisi data Kelembagaan salah satunya yaitu menambah rombel/kelas.   Dalam minggu - minggu lalu web emis sangat susah diakses dan sering pula terjadi error ketika membuka aplikasi berbasis webbase tersebut. Akhirnya masalah itupun sudah dibenahi oleh tim pengembang emis. Pada akhirnya di minggu - minggu ini web emis sudah bisa di akses dan sudah diperbaiki. Meskipun belum 100% beres tetapi untuk mengerjakan detail siswa sudah bisa digunakan.

Pada waktu ini kami akan memberi tutorila bagaimana caranya menambah atau membuat Rombel/Kelas. Kenapa kok menambah Rombel/Kelas ? Karena dari sekian operator banyak yang bertanya mengenai hal itu. Selain itu, menambah Rombel/Kelas juga akan digunakan untuk menentukan kelas persiswa di menu kesiswaan. Karena di kesiswaan tersebut masih default kelas belum terbagi menjadi perkelas per rombel.

Maka dari itu kami tim emissimpatikazone akan berbagi pengalaman mengenai Rombel/Kelas agar saudara bisa mencontoh dan mempraktekannya. Silah baca sampai tuntas tutorial dibawah ini.

Cara Membuat Rombel/Kelas di Emis Madrasah :

1. Login ke web emis madrasah
2. Setelah berhasil login, saudara akan berada di menu Dashboard info kondisi umum madrasah.
3. Kemudian klik menu Kelembagaan  di bawah menu Dashboard seperti ini :
4. Selajutnya akan muncul beberapa menu. Klik pada Menu Sarana Prasaran.
5. Akan muncul tampilan detail lembaga yang terdiri dari beberapa menu. Klik Menu Rincian Data Ruangan dan lanjutkan dengan Klik Tambah Data.
6. Kemudian akan muncul isian tambah ruangan. Isi sesuai Jumlah Kelas Madrasah Anda. Contohnya Seperti ini.

Keterangan :

1. Jenis Ruangan : Pilih Ruang Kelas
2. Nama Ruangan : Isi sesuai kenginan anda untuk menamai kelas, Bisa juga disamakan dengan contoh
3. Nama Rombel : Isi urutan rombel ( Rombel di isi dengan format angka, Jika Rombel A maka di isi Rombel 01 dan seterusnya )
4. Nama Walikelas : Isi Nama Wali Kelas masing-masing.
5. Status Kepemilikan : Isi Status Gedung apakah milik sendiri atau pinjam.
6. Kondisi Bangunan : Isi sesuai kondisi bangunan
7. Tahun Dibangun : Isi Tahun berapa gedung dibangun
8. Ukuran Panjang : Isi Ukuran Panjang Ruangan kelas dengan satuan Meter ( Tidak usah ditulis satuannya)
9. Ukuran Lebar : Isi Ukuran Lebar Rungan Kelas dengan satuan Meter ( Tidak usah ditulis satuannya).
10. Setelah isian sudah lengkap Klik Simpan.
11. Lakukan hal yang sama jika ingin menambah Ruangan Kelas Sesuai Jumlah Rombel madrasah masin - masing. atau jika ingin menambah ruangan lainnya.

sumber: http://www.emissimpatikazone.com/2017/11/cara-membuat-rombelkelas-di-emis.html

Semoga artikel kami ini tentang Tutorial Mudah Membuat Rombel/Kelas di Emis Online Madrasah dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
1 Komentar untuk "Tutorial Mudah Membuat Rombel/Kelas di Emis Online Madrasah"

saya sudah bikin rombel, 2 minggu lalu tapi sudah terlanjur rombel, A, B seterusnya.
apakah bs di terima. Terima kasih