aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Tutorial Mudah Mengatur Kelas dan Rombel Pada Emis Online


Tutorial Mudah Mengatur Kelas dan Rombel Pada Emis Online - Pendataan emis online  merupakan hal wajib dilakukan oleh setiap jenjang sekolah yang berada dibawah naungan Kemeterian Agama. Bisa juga dikatakan bahwa emis adalah bagian pokok dari madrasah. Karena memang pendataan emis ini selanjutnya akan digunakan untuk kepentingan - kepentingan yang bersifat Kenegaraan. Dan sebagai pusat monitoring data madrasah di seluruh Indonesia.

Dalam pendataan emis ini madrasah diharuskan untuk mengisi dan memvalidasi identitas siswa. Diantaranya yaitu Mengatur Kelas dan Rombel Pada Emis Online.  Dalam beberapa kasus yang kami temukan bahwa petugas pendataan emis pada tiap madrasah atau disebut juga Operator Madrasah mengalami permasalahan yang sepele namun dapat membuat kepala pusing. Permasalahan tersebut adalah tidak tahu bagaimana caranya mengatur kelas atau rombel pada emis online. Sebagian sudah ada yang bisa mengaturnya, namun sebagian juga pasti ada yang belum tahu bagaimana cara mengaturnya.

Perlu diketahui sebelum saudara mengatur kelas pada tiap siswa, Pastikan saudara sudah menambah daftar kelas di bagian kelembagaan pada menu sarana prasarana. Saudara harus menambah data ruangan kelas seseuai dengan jumlah kelas atau rombel pada masing - masing madrasah. Jika saudara belum menambah kelas, silahkan saudara bisa membaca postingan tentang cara menambah data ruangan kelas di emis online di bawah ini

Pastikan saudara sudah mengaturnya. Jika semuanya sudah ditambahkan saudara langsung bisa membaca tutorial ini sampai selesai untuk mengatur kelas  pada setiap siswa. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial bagaimana Mengatur Kelas atau Rombel Pada Emis Online. Berikut adalah Tutorial Mengatur Kelas atau Rombel Pada Emis Online :

Cara yang kami gunakan adalah cara yang tergolong cepat, karena sekali klik ada 10 Siswa yang berubah menjadi siswa yang memiliki Kelas atau rombel.

Bahan yang harus disiapkan :
  • Data Siswa sesuai urut Perkelas atau Rombel 
  • Koneski Internet Stabil
  • Pc/Laptop tidaj dianjurkan menggunakan Android
  • Kopi Panas Sebagai teman
Data siswa ini nantinya akan digunakan sebagai Acuan dalam mengatur Rombel atau kelas persiswa.

1. Login ke web emis madrasah
2. Setelah berhasil Login anda akan ditampilkan pada halaman DASHBOARD
 
3. Langkah selanjutnya yaitu klik pada menu Kesiswaan. setelah itu klik pada bagian menu Siswa Aktif. Seperti gambar dibawah ini.
 
4. Akan tampil seperti dibawah ini
 
5. Buka File Excel  daftar siswa yang sudah urut perkelas. Kemudian Copy ( CTRL + C ) nama siswa tersebut (usahakan urut rombel agar saudara tidak bingung).
6. Kemudian pastekan ( CTRL + V)  pada kotak pencarian, setelah itu klik icon kaca pembesar untuk mencarinya. (Jangan Gunakan fitur ganti halaman atau next, karena fitur itu belum berjalan baik akan mucul error 404 not found)
 
7. Tunggu beberapa saat, jika sudah mucul nama tadi silahkan centang/contreng di kolom ceklist. Seperti gambar dibawah ini.
 
8. Ulangi langkah nomor 7 dengan nama siswa yang berbeda. (Maksimal 10 Siswa, Jika lebih maka tidak bisa ditentukan rombel/kelasnya).  Setelah lengkap 10 Siswa lanjut ke tahap berikutnya.
9. Poin ini adalah inti jadi harap teliti. Klik kelas pilih sesuai kelas
 
10. Kemudian klik rombel. Pilih rombel sesuai rombel siswa.
 
11. Setelah menetukan Kelas dan Rombel. Klik Ubah Kelas dan rombel.
 
12. Akan muncul pop up informasi perubahan. Klik YA
 
13. Tunggu beberapa saat. Jika sudah berhasil akan muncul seperti ini.
 
14. Selesai. Lakukan pada tiap siswa aktif hingga semua siswa memilik kelas dan rombel semua.

Sumber: http://www.emissimpatikazone.com/2017/11/cara-mengatur-kelas-dan-rombel-pada-emis-online-2018.html

Semoga artikel kami ini tentang Tutorial Mudah Mengatur Kelas dan Rombel Pada Emis Online dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Related Posts

Related Posts

2 komentar

  1. Alangkah lebih baiknya jika link sumber dibuat link aktif,, atau secara do follow.

    BalasHapus
  2. http://www.emissimpatikazone.com/

    BalasHapus