Cara Memperkecil Ukuran File PDF 200 kb Untuk EMIS Online

 Cara Memperkecil Ukuran File PDF 200 kb Untuk EMIS Online

Cara Memperkecil Ukuran File PDF 200 kb Untuk EMIS Online - Pada hari hari kemarin, Admin atau Developer Aplikasi EMIS telah melakukan perbaikan atau maintance terhadap Aplikasi EMIS Online tersebut. Jika website EMIS Online mengalami maintance, maka sudah dipastikan ada beberapa perubahan, menambahkan fitur baru, atau memperbaiki bug yang ada pada Aplikasi EMIS Online tersebut.

Setelah selah beberapa hari, EMIS Online telah bisa dibuka kembali dan login kembali seperti biasa. Namun, setelah dilihat secara detail ternyata ada beberapa perubahan, yang paling mencolok yaitu pada fitur upload file PDF pada setiap menu yang ada pada menu PTK, contohnya seperti upload file ijazah, SK, Sertifikat Pendidik, dan yang lainnya. Pada saat pertama kali fitur PTK muncul, File PDF yang diupload bebas ukurannya dan tidak dibatasi, namun setelah maintance kemarin, sekarang File PDF yang harus diupload hanya yang berukuran 200 Kb dan 500 Kb saja, jika lebih maka tidak akan bisa diupload.

Pasti banyak sekali Operator madrasah yang merasa kesulitan dalam mengatasi hal ini. Pasti file yang discan memiliki ukuran yang beragam dan ukurannya besar, otomatis tidak dapat di upload di EMIS Online.

Nah, oleh karena itu... Kami disini akan memberikan beberapa cara agar dapat memperkecil ukuran file PDF menjadi 200 Kb dan 500 Kb, agar bisa diupload di EMIS Online.

Berikut beberapa caranya:

1. Perkecil Ukuran Resolusi Scanner

Pada saat melakukan scaner terhadap berkas yang akan di scan, ada baiknya untuk kita setting terlebih dahulu Resolusinya menjadi Resolusi yang kecil, bisa 75 dpi, 100 dp1 atau 150 dpi. (Menggunakan Scanner Canon Mp)


2. Mengompresnya Secara Online

Banyak situs yang menawarkan layanan kompress pdf gratis, dan berdasarkan pengalaman, yang terbaik menurt saya adalah smallpdf.

Smallpdf bahkan menawarkan banyak format lain seperti, PDF to Word, PDF to PPT, PDF to JPGdan masih banyak lagi.

Situs ini sangat mudah digunakan, hanya dengan meng-upload file pdf lalu compress dan download hasil compressnya. Langkah-langkahnya adalah:
  • Kunjungi situs https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  • Silahkan drag & drop file pdf dari PC anda dan klik “Pilih File
  • Kemudian tunggu sampai proses upload selesai 100% dan proses kompress akan berjalan secara otomatis.
  • Setelah selesai, silahkan klik “Unduh File Sekarang
  • Pilih lokasi penyimpanan > Selesai.
3. Mengopres File PDF dengan MS Word

Ternyata aplikasi yang bisa dikatakan sebanding ini bisa digunakan untuk mengompress file pdf jadi lebih kecil.

Catatan: jika anda memiliki aplikasi minimal MS Office 2013 ke atas, anda bisa menggunakannya untuk mengurangi ukuran pdf, caranya adalah:
  • Buka program Word 2013 > Buka tab File > Open > Cari file PDF yang akan di kompress.
  • Saat membuka dokumen PDF di Office, sebenarnya secara otomatis akan di Convert ke word lebih dulu. Saat muncul kotak dialog pemberitahuan klik OK untuk melanjutkan.
  • Setelah dokumen terbuka, silahkan Save As File tersebut dipilih untuk menjadikannya pdf kembali.
  • Pilih Save as type > PDF (*pdf) > Optimize for > Minimum size (publishing online) > Klik Save untuk menyimpannya.
4. Menggunakan NitroPDF

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan NitroPDF. NitroPDF merupakan software PDF viewer populer yang dapat diandalkan untuk urusan editing file PDF. Dengan NitroPDF, anda juga bisa mengkompres file PDF anda dengan mudah. Jika ingin mendownloadnya silahkan klik tautan ini: Download NitroPDF. Simak cara mengecilkan ukuran file PDF dengan NitroPDF dibawah ini:

1). Buka file PDF anda menggunakan NitroPDF. Selanjutnya pilih tab File seperti yang ditunjuk tanda panah merah.
kompress PDF dengan nitro 2
2). Kemudian pilih Optimize PDF.
kompress PDF dengan nitro 3
3). Pilih Reduced size, kemudian pilih Optimize.
kompress PDF dengan nitro 4
4). Tunggu proses compressing sampai selesai. Jika sudah selesai, anda akan melihat jendela yang berisi perbandingan antara ukuran file PDF yang belum dikompres (Original file size) dan ukuran file PDF yang sudah dikompres (Reduced file size). Selanjutnya pilih Accept.
cara memperkecil ukuran file pdf
5). File PDF yang sudah dikompres tadi akan terbuka secara otomatis. Anda tinggal klik tombol Save untuk menyimpannya ke dalam folder yang anda inginkan.
memperkecil ukuran pdf
5. Menggunakan ORPALIS PDF Reducer

Berbeda dengan NitroPDF yang kaya akan fitur editing, ORPALIS PDF Reducer merupakan sebuah software yang memang dikhususkan untuk mengkompres file PDF saja. Cara mengkompres file PDF dengan ORPALIS PDF Reducer sangat mudah. Anda bisa menyimak caranya dibawah ini:

1). Download softwarenya disini. Kemudian pilih Free Download.
kompres file pdf
2). Terlebih dahulu anda harus mengisi data diri anda. Jika sudah diisi semua, tinggal pilih Submit dan software akan terdownload secara otomatis.
Kompress PDF dengan ORPALIS PDF Reducer 2
3). Selanjutnya install softwarenya seperti biasa.

4). Jika anda mendapati halaman seperti ini, tinggal pilih OK.
cara mengkompres file pdf
5). Pada kolom Source, klik tombol … untuk memilih file PDF yang ingin anda kompres. Kemudian pada kolom Destination, klik juga tombol …. untuk menentukan lokasi file PDF yang sudah dikompres. Jika sudah pilih Start batch untuk memulai proses compressing.
Kompress PDF dengan ORPALIS PDF Reducer 4
6). Lama tidaknya proses compressing bergantung pada ukuran file PDF anda. Jika anda mendapat notif Process completed seperti gambar dibawah ini, berarti file PDF anda berhasil dikompres.
cara mengecilkan file pdf
6. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan Adobe Acrobat Pro. Sama halnya dengan NitroPDF, Adobe Acrobat Pro juga merupakan software PDF viewer yang cukup populer dan sudah ada jutaan pengguna yang menginstallnya di PC mereka. Untuk cara mengkompres file PDF menggunakan Adobe Acrobat Pro, bisa anda lihat dibawah:

1). Buka file PDF anda menggunakan Adobe Acrobat Pro. Selanjutnya pilih tab File > Save As Other > Reduced Size PDF.
cara compress pdf
2). Untuk kolom Make compatible with, pilih Retain existing. Selanjutnya pilih OK.
cara compress file pdf
3). Tentukan lokasi folder yang anda inginkan, setelah itu beri nama untuk file PDF yang akan dikompres.
Kompress PDF dengan Acrobat 3
4). Tunggu proses compressing file PDF anda sampai selesai.
cara resize pdf
7. Menggunakan Photoshop

Cara yang terakhir yaitu menggunakan Adobe Photoshop. Jika dengan semua cara masih saja sama, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Dengan Photoshop, kita juga bisa mengompres atau mengecilkan ukuran File PDF. Jika belum mempunyai aplikasinya, silahkan instal terlebih dahulu, saya usulkan minta saja, karena kalau download, ukurannya sangat besar sekali.

Begini cara mengecilkan file PDF dengan Photoshop:

1) Silahkan buka aplikasi Adobe Photoshopnya, setelah terbuka Klik Open dan Cari File PDF yang akan dikecilkan ukurannya. Atau anda juga bisa dengan cara men-drag file PDFnya ke aplikasi Photoshop. Setelah dibuka maka tampilannya seperti ini (Lihat gambar) Setelah terbuka maka klik OK.


2) Setelah terbuka, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan penggantian ukuran file, dengan cara tekan Ctrl + Alt + i Secara bersamaan, maka akan muncul tampilan seperti di gambar, setelah muncul silahkan ganti ukurannya (pada kotak dikasih warna merah), contoh dari 25 cm menjadi 10 cm. Lalu klik OK.


3) Setelah melakukan pengecilan ukuran, langkah selanjutnya yaitu kita Save As (Lihat Gambar)


Jangan lupa untuk ubah Type Filenya menjadi PDF, saat akan melakukan Save. (Lihat Gambar)


Lalu, PDF Presetnyanya menjadi Smallestt File Size, lalu klik Save PDF. (Lihat Gambar)


Semoga artikel kami ini tentang Cara Memperkecil Ukuran File PDF 200 kb Untuk EMIS Online dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Memperkecil Ukuran File PDF 200 kb Untuk EMIS Online"