Mengenal Fitur-Fitur Baru EMIS Online dan Penjelasannya

 

Mengenal Fitur-Fitur Baru EMIS Online dan Penjelasannya - Rupanya EMIS Online sekarang mulai berbenah dan mengadakan update besar-besaran. Maklumnya EMIS sudah mangkrak setahun ini. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, Pihak EMIS Pusat melakukan updating pada Aplikasi EMIS Online dengan menambahkan beberapa Fitur Tambahan yang membuat Aplikasi EMIS Online terlihat sempurna, walau masih ada beberapa hal masih harus diperbaiki, kita tunggu saja updating selanjutnya.

Mungkin lebih jelasnya para Operator Madrasah membutuhkan Guide atau Panduan resmi dari pihak EMIS Pusat, untuk mempermudah dalam mengerjakan EMIS Online. Dan dapat berjalan dengan lancar, bahkan bisa membuat pekerjaan Operator Madrasah lebih Efesien dan Efektif. Seperti halnya Buku Panduan Simpatika. Baca juga: Buku Panduan Tutorial Lengkap Simpatika (simpatika.kemenag.go.id).

Nah, setelah menambahkan beberapa saran untuk EMIS Pusat, mari kita simak penjelasan di bawah ini mengenai Fitur-fitur Terbaru dari EMIS Online yang baru-baru ini telah ditambahkan, diantaranya: 

1. Fitur Siswa Baru

Pada Fitur Siswa Baru ini terdapat dua bagian, yaitu bagi Siswa Baru dari RA/MI/MTs (Sekolah yang ada dalam naungan Kemenag) dan bagi Siswa Baru UMUM (Sekolah yang berada dinaungan Dinas ; TK/SD/SMP/LangsungOrang Tua).

Mengenal Fitur-Fitur Baru EMIS Online dan Penjelasannya
  • Pertama, Siswa Baru dari RA/MI/MTs: Untuk menambahkan Siswa Baru pada menu ini, kita cukup memasukkan/meng-entri NSM dari RA/MI/MTs Siswa Baru tersebut, Jika dari RA ke MI, maka NSM RA yang dimasukkan ke Pencarian NSM (Lihat Gambar), Nanti Otomatis nama-nama Siswa akan muncul dengan sendirinya, kita cukup menceklis Kotak kecil yang ada di sebelah kiri, lalu klik "Daftarkan", selesai Siswa masuk secara otomatis ke Siswa Aktif.
Mengenal Fitur-Fitur Baru EMIS Online dan Penjelasannya

Note: Bagaimana dengan NIS Lokal Siswanya, tidak bisa di edit? Ada pertanyaan seperti itu, memang jika kita mendaftarkan Siswa keluaran dari RA/MI/MTs otomatis siswa tersebut telah mempunyai NIS Lokal pada sekolah sebelumnya, tenang saja... Untuk sementara gunakan saja NIS Lokal dari sekolah sebelumnya tersebut, nanti ketika menu edit siswa diaktifkan kembali, kita baru bisa menggatinya dengan NIS Lokal sesuai pada madrasah.
  • Kedua, Siswa Baru UMUM: Untuk menu ini, kita cukup menambahkan Biodata Siswa Baru sesuai dengan kolom-kolom yang tersedia pada halaman tersebut (Lihat Gambar). (Sesuaikan dengan data Siswa yang Valid, agar tidak ada kesalahan)
Mengenal Fitur-Fitur Baru EMIS Online dan Penjelasannya

Note: Jika sudah disimpan, tapi tidak ada kata berhasil. Jangan khawatir atau meng-entri ulang data siswa tersebut, kemungkinan siswa itu masuk pada menu Siswa Tahun Lalu, coba di cek saja.

2. Fitur PTK Baru

Mungkin ketika pertama launching aplikasi EMIS Online ini, para Operator Madrasah bertanya-tanya, bagaimana cara menambahkan PTK yang baru? Hmmmm Rupanya pertanyaan itu terjawab sekarang Maret 2018.

Kita bisa menambahkan PTK yang baru di Madrasah pada Aplikasi EMIS Online. Cara cukup mudah ko teman teman semuanya, begini cara singkatnya:

  • Operator Madrasah Login seperti biasa.
  • Lalu klik pada Menu PTK.
  • Nanti disana ada Menu Tambah Baru (Lihat Gambar), Klik saja nanti akan di arahkan pada kolom isian biodata PTK Baru yang akan didaftarkan.

 Mengenal Fitur-Fitur Baru EMIS Online dan Penjelasannya

  • Isi Kolomnya sesuai data yang Valid. (Lihat Gambar)

 Mengenal Fitur-Fitur Baru EMIS Online dan Penjelasannya

  • Lalu klik Simpan.
  • Selesai

Nah, itulah dua Fitur Baru yang sangat Penting ada dalam Aplikasi EMIS Online, Silahkan pelajari dengan teliti, jangan terburu-buru. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Semoga artikel kami ini tentang Cara Mengisi Absensi Guru Pada Simpatika dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Mengenal Fitur-Fitur Baru EMIS Online dan Penjelasannya"