Cara Menambahkan Siswa Baru di Simpatika


Cara Menambahkan Siswa Baru di Simpatika - Menambahkan siswa baru di Simpatika merupakan salah satu hal penting dalam pengelolan madrasah di Simpatika. 

Mengelola siswa di Simpatika merupakan serangkaian tahapan dan cara terkait dengan mengaktifkan siswa dari semester sebelumnya, mengganti kelas siswa (siswa naik kelas), meluluskan siswa, dan melakukan mutasi siswa baik masuk maupun keluar. Juga cara memasukkan siswa ke dalam rombongan belajar masing-masing. 


Mengelola siswa dalam layanan Simpatika menjadi salah satu hal yang krusial. Karena jumlah siswa di masing-masing kelas nantinya akan menjadi penghitungan rasio siswa-guru. Rasio siswa ini lah yang menjadi salah satu indikator layaknya seorang guru menerima tunjangan atau tidak dalam Ajuan SKBK. Dan jumlah rasio siswa juga akan mempengaruhi analsia Tunjangan yang berakibat tidak layak.


Karena pada postingan sebelumnya kami telah memberkan cara-cara mengenai pengelolaan siswa, baik itu Cara Mengaktifkan Siswa di SIMPATIKA Terbaru dan Cara Menaikkan Kelas Siswa Di Simpatika. Maka postingan kami selanjutnya yaitu mengenai Cara Menambahkan Siswa Baru di Simpatika.


Baik tanpa pikir lebar, langsung saja kita ke tutorial singkatnya rekan-rekan operator semuanya:

Pertama, Buka terlebih dahulu website Simpatika http://simpatika.kemenag.go.id/ , Lalu login dengan menggunakan Akun Kepala Madrasah atau Akun Operator Madrasah.

Kedua, Setelah berhasil Login, Klik pada menu "Madrasah"

Cara Mengaktifkan Siswa di SIMPATIKA Terbaru

Ketiga, Klik menu "Siswa dan Alumni"

Cara Mengaktifkan Siswa di SIMPATIKA Terbaru

Keempat, Klik Menu Siswa - Lalu ke menu Daftar Siswa (Seperti digambar)



Kelima, kita Download Format Excel Daftar Siswa terlbeih dahulu, untuk nantinya kita mengentri data siswa baru yang akan di masukkan.


Keenam, Buka lah Format Daftar Siswa yang telah kita Download tadi. Lalu mulai untuk mengetik data-data siswa barunya. Dengan ketentuan:

NO
:
No Urut di KOSONGKAN saja tak perlu diisi.
KODE SISTEM
:
Kode Sistem di KOSONGKAN saja tak perlu diisi.
NO INDUK
:
Isi dengan Nomor Induk yang ada di madrasah masing-masing.
NISN
:
Isi dengan NISN, jika siswa telah memilikinya.
NAMA
:
Isi dengan Nama Siswa, usahakan nama yang valid.
KELAMIN (L/P)
:
Isi Jenis kelamin dengan ketentuan L (untuk Laki-laki) dan P (untuk Perempuan).
TEMPAT LAHIR
:
Isi Tempat Lahir siswa.
TGL LAHIR (YYYY-MM-DD)
:
Isi dengan Tanggal lahir siswa dengan ketentuan (TAHUN-BULAN-HARI). Awas jangan sampai salah atau terbalik.
ALAMAT
:
Isi dengan alamat siswa.
TINGKAT
:
Isi Kelas siswa, dengan angakat 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
TAHUN MASUK
:
Isi tahun masuk siswa di madrasah.

Catatan: Sebelum anda mulai mengetik data siswa baru, ada baiknya anda merubah "Number Format" yang ada pada aplikasi Excel dari General ke TEXT. Caranya blok terlebuh dahulu dari kolom NO sampai TAHUN MASUK, lalu ubah Number Formatnya ke TEXT. Untuk lebih jelasnya Lihat Gambar di bawah:


Ketujuh, Setelah data semua dientri, jangan lupa untuk Save file Daftar Siswanya. Lalu lanjut ke proses Unggah. Kita masuk lagi ke Simpatika. Untuk melakukan Unggah Daftar Siswa yang telah kita edit tadi. Dengan mengklik simbol Upload/Panah ke atas. (Lihat Gambar)

 

Kedelapan, Proses unggah. Klik pada tombol "Pilih File", lalu cari file Daftar Siswa yang telah kita edit sebelumnya. Setelah itu klik Unggah.


Jangan lupa untuk klik Simpan, dan tunggu beberapa menit atau 1x24 jam, agar siswa yang telah kita upload naik kelasnya.



Selesai deh. Kurang lebih seperti itu Cara Menambahkan Siswa Baru di Simpatika. Kurang dan lebihnya silahkan berikan komentar.

Semoga artikel kami ini tentang Cara Menambahkan Siswa Baru di Simpatika dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
This is the current newest page
0 Komentar untuk "Cara Menambahkan Siswa Baru di Simpatika"