aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Aplikasi Raport Kurtilas Terbaru 2015

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi semuanya, semoga dalam keadaan baik-baik saja semuanya dan ada dalam lindungan Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi Aplikasi Raport Kurtilas atau Kurikulum 2013.

Mungkin semuanya sudah tahu, bahwa pemerintah memiliki kurikulum baru setelah kurikulum KTSP, yaitu Kurikulum 2013 atau bisa kita sebut dengan Kurtilas. Cukup unik juga namanya.

Sebelumnya saya akan membahasa sedikit apa itu Kurtilas atau Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan Kurikulum yang ditetapkan pemerintah sebagai pengganti kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkas Satuan Pendidikan yang berlaku kurang lebih 6 tahun. Pada tahun 2013, Kurikulum 2013 mulai di aplikasikan kebeberapa sekolah dalam masa percobaan. Dan di tahun 2014, mulailah Kurikulum 2013 ini ditetapkan sebagai Kurikulum bagi pendidikan di seluruh Indonesia. Untuk MI/SD diterapkan di kelas I dan IV, SMP diterapkan di kelas VII dan VIII, dan SMA/SMA/MA diterapkan di kelas X dan XI.

Ada tiga aspek penilaian penting yang terdapat pada Kurikulum 2013, antara lain :
  • Aspek Pengetahuan
  • Aspek Keterampilan
  • Aspek Sikap
Dengan berkembangnya Pendidikan dan bergantinya Kurikulum pada pendidikan di Indonesia, apalagi dengan adanya Kurikulum 2013, tentu ini berdampak pada cara atau aturan dalam penilaian. Contohnya dalam pengisian Raport Siswa-Siswi. Memang cukup sulit untuk guru-guru yang kurang dalam pengoperasian komputer atau aplikasi, karena Kurikulum 2013, hampir semua raportnya berbasis komputer, untuk itu guru di tahun-tahun sekarang harus bisa juga dalam pengoperasian komputer, agar lancarnya proses penilaiaan pada siswa-siswi, terutama kepada guru-guru yang di sekolahnya sudah menggunakan kurikulum 2013 ini.

Nah, dengan latar belakang itulah saya akan berbagi Aplikasi Raport Kurtilas pada anda sekalian. Aplikasi Raport kurtilas ini dibuat oleh Penmad Jawa Barat untuk Guru-guru semuanya, khusunya yang ada di bawah naungan Kemang. Dan aplikasi ini bisa di share kepada siapapun untuk kebaikan dalam proses penilaian di sekolah.


Kurang lebihnya untuk tampilannya seperti ini, bisa lihat gambar di bawah ini : 

Beberapa fitur yang ada dalam aplikasi Raport Kurtilas ini adalah :
  • Input Data yang teridiri dari Data Madrasah, Data Pendidik, Data Siswa, dan Data Raport
  •  Input Nilai Pengetahun dan Keterampilan, di menu itu tempat untuk mengisi nilai-nilai kepda para siswa dari berbagai pelajaran.
  •  Input Nilai Spiritual, di menu tempat untuk mengisi nilai spiritual, untuk nilainya di muali dari nilai 1-4 sesuai dengan kriterianya. 
  • Input Nilai Sosial, di menu itu tempat untuk mengisi nilai spiritual, untuk nilainya dari nilai 1-4.

  •  Input Absensi dan Eskul, di menu tersebut kita mengisi rekap absensi dari siswa dan nilai eskul siswa.
  •  Setelah anda menginput data, seperti data siswa dan nilai, ada juga beberapa menu untuk Cetak atau Print out dokumen, seperti Menu Raport UTS, Raport Angka, Raport UAS/UKK, dan Leger.

Itulah beberapa fitur dalam aplikasi Raport Kurikulum 2013 ini. Memang agak sedikit rumit dan ribet, tapi jika kita mau belajar tentu kita dapat mengoperasikannya dengan baik dan proses penilaian siswapun berjalan dengan lancara. Jika anda masih merasa bingung, di aplikasi ini juga ada menu Petunjuk Penggunaan. Tapi kalau anda masih bingung juga, bisa tinggalkan komen, insya alloh saya dapat membantu.

Untuk kelangsungan anda dalam proses penilaian Raport Siswa dengan menggunakan Kurikulum 2013, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi ini. Mudah dan Akurat. Silahkan anda bisa mengambilnya di bawah sini :

  
Setelah anda ambil, silahkan untuk mempelajarinya dengan apik. Jika ada kesusahan, silahkan tinggalkan komentar di bawah, saya akan coba membantu.  Aplikasi Raport Kurtilas Terbaru 2015

Sekian dulu artikel dari saya, semoga aplikasi raport kurtilas ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Aamiin

Tunggu artikel selanjutnya !
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar