aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Cara Pengajuan NRG Tahun 2016 (Bagi Yang Belum Memiliki NRG)

Cara Pengajuan NRG Tahun 2016 (Bagi Yang Belum Memiliki NRG) 

 Cara Pengajuan NRG Tahun 2016 (Bagi Yang Belum Memiliki NRG) - NRG (Nomor Registrasi Guru) adalah nomor unik yang dimiliki PTK/GTK yang sudah lulus sertifikasi. Semua PTK/GTK/GURU yang telah lulus sertifikasi pasti memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG). Para guru tersebut wajib melakukan verifikasi dan validasi (Verval) NRG melalui layanan SIMPATIKA KEMENAG yang dulu disebut layanan padamu negeri. Apabila para PTK/GTK/GURU tidak melakukan verval atau registrasi ulang NRG makaANCAMANNYA NRG yang sebelumnya sudah diterbitkan dianggap tidak valid. Nah Bagi PTK/GTK/GURU yang belum memiliki NRG SIMPATIKA KEMENAG Menyediakan fitur untuk ajuan NRG Baru.

Info alur Penerbitan NRG_Rumah Madrasah

Bagi PTK/GTK/Guru Naungan Kemenag yang baru saja lulus sertifikasi pada tahun 2015 kemarin, tentu sudah memperoleh Sertifikat Pendidik, akan tetapi NRG-nya belum keluar. Di samping itu, banyak juga dari rekan guru yang lulus sertifikasi mulai dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2010/2011 yang masih banyak menemui masalah ketika pada saat semester yang lalu bermaksud melakukan verval NRG di Simpatika kemenag karena NRG-nya tidak ditemukan.

Maka dari itu tutorial ini akan berbagi tentang Panduan Cara Pengajuan NRG di SIMPATIKA bagi Guru Sertifikasi yang belum memiliki NRG Tahun 2016. Panduan ini hanya berguna bagi rekan PTK/GTK/GURU Naungan kemenag yang sudah lulus sertifikasi dan sudah mendapatkan Sertifikat Pendidik dari LPTK Penyelenggara Sertifikasi Guru, akan tetapi belum memiliki NRG; baik yang lulus sertifikasi tahun 2015 kemarin ataupun tahun-tahun sebelumnya (2007, 2008, 2009, 2010,2011,2012) yang sampai saat ini NRG-nya masih bermasalah dan NRG tidak ditemukan saat dientri SIMPATIKA KEMENAG.

Berikut ini panduan Pengajuan NRG Baru (bagi Guru yang belum memiliki) di layananSIMPATIKA KEMENAG :

· Akses http://simpatika.kemenag.go.id/ di browser dan pilih Login PTK/Admin Pilih layanan Simpatika .

Menu Dashboard Simpatika Kemenag_Rumah Madrasah
.
· Pada Dasbor PTK, pilih menu VerVal NRG. Klik Ajukan VerVal. Sistem simpatika akan memeriksa apakah guru berNUPTK atau tidak, jika guru tersebut tidak berNUPTK maka system simpatika akan menolak dengan menampilkan notifikasi PTK tidak memiliki NUPTK (menu Verval NRG tidak muncul).

Sistem Simpatika Kemenag Mengecek Guru BerNUPTK apa tidak_Rumah Madrasah

· Selanjutnya Pilihlah Checkboxt Belum, dan klik Tombol Button Benar & Lanjut.

Pemilihan NRG Sudah Punya apa tidak_Rumah Madrasah

· Selanjutnya, isikan Semua Informasi Data Sertifikasi Anda dengan benar (Pastikan Anda telah menyiapkan file scan sertifikasi / piagam dan ijazah terakhir Anda) untuk diunggah, file yang dapat diunggah adalah file dengan tipe .png atau .jpeg dengan maksimal ukuran file 1 MB , Kalau melebihi 1 MB compres dulu sizenya), Klik Tombol Button Benar & Lanjut untuk menyimpan data anda .

Entrian Semua data Sertifikasi di dalam text boxt_Rumah Madrasah

Catatan untuk pilihan Jalur Sertifikasi :

· Pengajuan NRG baru dengan tanggal sertifikasi sampai 2014 hanya bisa memillih jalur PLPG

· Pengajuan NRG baru dengan piagam sertifikasi keluaran tahun 2015 hanya bisa memilih jalur PPGJ

· Pengajuan NRG baru dengan piagam sertifikasi PPG harus memilih sub jalur seperti pada gambar terlampir dibawah ini

 
Pedoman pilihan jalur sertifikasi_Rumah Madrasah

· Langkah selanjutnya silahkan Konfirmasi data sertifikasi yang telah Anda isikan, jika masih kurang sesuai, klik Edit Kembali. Jika telah sesuai klik Tombol Button Simpan.

Memastikan Entrian Data sertifikasi sudah benar_Rumah Madrasah

· Jika data berhasil diunggah oleh sistem simpatika kemenag, selanjutnya klik Tombol Button Cetak Surat Ajuan Anda.

Proses cetak surat ajuan verval nrg_Rumah Madrasah

· Berikut Contoh gambar Surat Ajuan Nomor Registrasi Guru (NRG) Baru formatS26a. (Ingat anda harus mengarsip file s26a ini )

Contoh S26a surat ajuan NRG baru_Rumah Madrasah

Langkah terkahir adalah Ajukan Surat Pengajuan NRG Baru (S26a) tersebut ke Kantor Kemenag Kab/Kota anda masing-masing , PTK/GTK/Guru akan menerima Surat Tanda Terima Pengajuan NRG Baru. Selanjutnya Kantor Kemenag Kab/Kota akan mengajukan ke Kanwil Provinsi untuk disetujui diterbitkan NRG Baru. maka setelah Jika diterbitkan, NRG baru Anda akan tampil pada layanan SIMPATIKA KEMENAG PTK Anda. Pantau terus ajuan verval nrg pada akun anda

Proses penerbitan NRG baru_Rumah Madrasah



Demikian Panduan cara pengajuan NRG di SIMPATIKA bagi Guru Sertifikasi yang belum memiliki NRG Tahun 2016 yang saya share. Semoga bermanfaat dan dan membatu teman-teman.
Sumber : http://www.infodinasdepag.info/2016/01/panduan-cara-pengajuan-nrg-di-simpatika.html
Itulah informasi mengenai Verval NRG Di SIMPATIKA. Semoga artikel kami ini tentang Cara Pengajuan NRG Tahun 2016 (Bagi Yang Belum Memiliki NRG) dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

 


Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.

Related Posts

Related Posts

2 komentar