Cara Mengisi Absensi Guru Pada Simpatika TERBARU !!!

 

Cara Mengisi Absensi Guru Pada Simpatika - Para Operator Madrasah disibukkan dengan kerjaan baru dalam pengolahan data di SIMPATIKA yaitu mengelola absensi guru.

Sebenarnya Fitur Absensi Guru pada Simpatika sudah ada dari dulu, namun baru booming minggu-minggu ini. Banyak juga operator madrasah yang kebingung dalam mengisi absensi Guru pada Fitur Simpatika tersebut. 

Apakah Absensi Guru di Simpatika harus diisi setiap hari? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak perlu. Jika ingin update absensi guru setiap hari maka kalian harus masuk ke fitur absensi guru pada login kepala madrasah atau operator madrasah. Namun, sebenarnya absensi guru tidak diupadte juga tidak apa-apa, karena mimin lihat absensi guru pada fitur simpatika itu Otomatis, alias ngisi sendiri dengan keterangan Guru Hadir, tetapi jika ingin sesuai dilapangan silahkan update saja. Mungkin dihari yang akan datang Absensi Guru ini akan bersifat Wajib.

Nah, Bagi Operator Madrasah yang masih bingung cara ngisi absensi guru pada Simpatika, bisa lihat Tutorial sederhananya dibawah ini:

Agar bisa menggunakan fitur upload absensi file yang dapat diunggah adalah file XLS. Untuk memudahkan anda, kami menyediakan file yang anda bisa download sehingga anda tinggal mengisi status absensi dari guru tersebut. Lebih jelasnya, silakan anda ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik menu Absensi di sebelah kiri tampilan, kemudian anda akan masuk ke halaman Dasbor Absensi. Pilih Absensi Guru (klik Lihat Absensi)


2. Anda akan masuk ke halaman Absensi Guru



3. Pilih Tanggal Absensi

Untuk mengganti Tanggal Absensi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan klik tanda panah ke kiri dan ke kanan atau bisa juga dengan klik ikon kalender di sebelah kanan.



4. Klik ikon Upload data absensi


5. Download/unduh terlebih dahulu Format Absensi yang disediakan untuk memudahkan anda mengisi data absensi guru.


6. Buka file Format Absensi yang anda download. Setelah terbuka akan tampil data Guru yang ada di sekolah anda. Isi status absensi di kolom “ABSENSI” dengan isian (H=Hadir, I=Ijin, S=Sakit, T=Terlambat, A=Alpa). Kemudian “Save” dokumen tersebut.


7. Upload dokumen Absensi yang sudah anda isi


8. Pilih dokumen yang akan anda upload, kemudian klik “Open”.


9. Kemudian klik Unggah


10. Klik Simpan


11. Data Absensi berhasil dikirim, klik Selesai


Begitulah kira-kira cara mengisi Absensi Guru pada Simpatika. Silahkan coba bagi teman-teman Operator Madrasah Semuanya :)

Semoga artikel kami ini tentang Cara Mengisi Absensi Guru Pada Simpatika dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
1 Komentar untuk "Cara Mengisi Absensi Guru Pada Simpatika TERBARU !!!"

Masih Pusiiiiiiiiiiiiing...........