Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua

Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua

Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua - NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional, semua siswa yang ada di Indonesia memiliki nomor induk nasional yang unik dan berbeda-beda dari siswa lainnya. Namun, terkadang biodata pada NISN ini ada yang salah. Baik itu nama, tempat tanggal lahir, bahkan nama ibu kandung. Nah, jika terjadi kesalahan seperti ini, apakah data NISN bisa diperbaiki? Jawabannya tentu bisa. Ada dua cara, yang pertama kita datang ke sekolah atau madrasah tempat si siswa sekolah, dan minta pihak operator sekolah untuk memperbaikinya melalui akun verval pd. Yang Kedua, bisa memperbaiki biodata NISN secara mandiri atau oleh orang tua melaui website nisn.data.kemdikbud.go.id.

Karena cara memperbaiki data NISN melalui Operator Sekolah sudah dibahawa sebelumnya. Maka pada pembahasan kali ini yang akan kami bahas adalah Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua. Jadi, siswa atau orang tua tidak perlu repot-repot untuk datang ke sekolah dan minta data NISN yang salah diperbaiki. Cukup dari rumah saja, siswa bisa memperbaiki data NISN-nya sendiri.

Data NISN yang diperbiaki harus berdasarkan Kartu Keluarga (KK) 

Belum lama ini, verval pd mengharuskan setiap perbaikian data NISN siswa harus sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Keluarga. Artinya sistem verval pd sekarang ini terintegrasi dengan database dari disdukcapil.

Setiap perbaikan data NISN siswa diharuskan match dengan database disdukcapil minal 75% atau maksimal 100%, agar tombol update data aktif.

Jadi jika data pada kartu keluarga salah, ada baiknya diperbaiki dahulu ke disdukcapil, agar nanti data pada NISN sesuai dengan data yang diharapkan.

Tutorial Cara memperbaiki data NISN yang salah secara mandiri

Baik bagi siswa yang data NISN-nya ada yang salah, bisa kalian perbaiki sendiri secara mandiri. Namun dengan catatan, data yang akan diperbaiki harus sesuai dengan data pada Kartu Keluarga. Karena sekarang ini verval NISN sudah terintegrasi dengan database disdukcapil.

Tanpa panjang kata lagi, silahkan simak cara memperbaiki NISN secara mandiri oleh siswa atau orang tua. Kami lengkapi dengan gambar, agar lebih mudah dipahami.

1. Pertama, silahkan kunjungi website ini: https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ lalu masukkan NISN dan nama Ibu Kandung, lalu klik Cari Data.

2. Setelah berhasil maka akan terbuka Verifikasi Data Identitas Siswa. Silahkan masukkan NPSN tempat anda peserta didik sekolah, Tanggal lahir peserta didik, Nomor Induk Kependudukan Peserta didik, Centang robot box, lalu klik Lihat Data. (Lihat Gambar)

Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua

3. Jika data yang diisi sesuai tau benar, maka menu Verifikasi Data Peserta Didik akan terbuka. Silahkan lengkapi data yang diminta, usahakan data yang diisi sesuai dengan data pada Kartu Keluarga (Disdukcapil), Seperti NIK Siswa, Nama Siswa, Tempat Lahir Siswa, Tanggal Lahir Siswa, Jenis Kelamin, NIK Ibu Kandung, Nama Ibu Kandung, NIK Ayah, Nama Ayah, NIK Wali, dan Nama Wali (Samakan dengan data Ayah). Setelah selesai diisi, klik Validasi Data. (Lihat Gambar)

Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua

4. Setelah itu, jika data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan data Dukcapil, maka langkah selanjutnya adalah Pengajuan Perubahan Data. Centang terlebih dahulu pernyataan persetujuannya, lalu klik Pengajuan Perubahan Data. (Lihat Gambar)

Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua

5. Lihat pada Daftar Pengajuan Perbaikan. Statusnya akan berubah menjadi Dalam Proses. Lalu, Silahkan hubungi Pihak Operator Sekolah, untuk menyetujui Perubahan Data yang diajukan oleh Kita. (Lihat Gambar)

Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua

6. Nah, jika ajuan perbaikan data telah disetujui oleh pihak sekolah atau madrasah, maka statusnya akan berubah menjadi Disetujui. Dan silahkan cek kembali NISN anda. Dan data yang salah telah berhasil diperbaiki. (Lihat Gambar)

Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua

Bagaimana, mudah bukan untuk Cara memperbaiki data NISN yang salah secara mandiri?

Itulah informasi penting mengenai Edit data NISN yang salah. Kami berharap informasi ini bermanfaat dan dapat disebarkan ke seluruh madrasah.

Semoga artikel kami tentang Cara memperbaiki Data NISN yang salah Oleh Siswa atau Orang Tua bisa memberkan manfaat dan wawasan anda semuanya.

Jika dirasa postingan kami ini bermanfaat, silahkan untuk Share ke medsos atau grup WA madrasah. Agar bisa memberikan solusi bagi para operator madrasah di luar sana.

Salam Info Madrasah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter