Middle Ad (Post Only)

Cara Daftar Verval PD Kemenag Untuk Operator Madrasah

Cara Daftar Verval PD Kemenag Untuk Operator Madrasah


Setelah sebelumnya kami membuat postingan mengenai Siswa EMIS Tidak Masuk Verval PD , untuk sekarang kami akan berbagi mengenai Cara Daftar Verval PD Kemenag Untuk Operator Madrasah. Pasti diluar sana masih banyak operaotr madrasah yang belum memiliki akun di SDM-PDSPK. Kenapa kita sebagai operator madrasah harus memiliki akun di SDM-PDSPK? Jawabannya untuk sekarang hanya satu yaitu untuk melakukan Verval PD atau Verifikasi dan Validasi Peserta Didik. Di Verval PD nantinya kita sebagai operator madrasah harus memverifikasi dan validasi data peserta didik yang ada diakun kita nantinya. Dimana jika terjadi kesalahan pada biodata Peserta Didik, nantinya kita sebagai operator madrasah bisa melakukan editing biodatanya di aplikasi Verval PD. Nah, untuk itulah sebagai Operator Madrasah diwajibkan harus memiliki akun Verval PD di SDM-PDSPK.

Jika sebelumnya untuk melakukan Verval PD ini hanya lewat admin kabupaten atau kota (untuk madrasah), beda lagi dengan dinas, dari awal sekolah naungan dinas bisa Verval PD oleh operator sekolahnya sendiri. Nah, sedangkan di Madrasah naungan Kemenag sendiri masih baru baru ini kita diberi akses bisa melakukan Verval PD sendiri. Ini adalah salah satu langkah bagus, agar setiap madrasah bisa mengontrol Peserta Didiknya sendiri tanpa ada kesalahan sedikitpun.

Namun, kami beranggapan diluar sana masih banyak operator madrasah atau madrasah yang belum bisa mengakses login Verval PD Kemenag, mungkin karena Operator Madrasahnya baru atau mungkin memang belum daftar di SDM-PDSPK sama sekali. Untuk itu kami akan memberikan tutroial singkat dan jelas, bagaimana caranya operator madrasah daftar verval PD. Simak penjelasannya dibawah ini yang disertai gambar.

Tutorial Cara Daftar Verval PD Kemenag

1. Langkah pertama untuk Daftar Verval PD Kemenag, silahkan buka link berikut: https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=site/index

2. Lalu klik menu Registrasi Anggota => Pilih submenu Operator Sekolah

3. Maka anda akan diarahkan ke halaman Form Biodata yang harus diisi Ingat semuanya wajib untuk diisi yah! Berikut penjelasan per kolomnya:

Uraian Harus diisi   dengan
Nama Lengkap Isi dengan nama   lengkap Operator Madrasah
Email Pribadi Isikan dengan email   Pribadi atau email Madrasah
Password Isi dengan   password/kata sandi yang mudah diingat saja
Konfirmasi   Password Silahkan Konfirmasi atau ketik ulang password/kata sandi yang tadi ditulis
No Handphone Isikan dengan nomor hp pribadi saja
Tempat Lahir Isi Tempat lahir pribadi
Tanggal Lahir Isi tanggal lahir pribadi
Jenis Kelamin Pilih salah satunya Laki-laki atau Perempuan (klik dilingkaran)
Provinsi Pilih Provinsi tempat madrasah anda
Kabupaten Pilih Kabupaten/Kota madrasah anda (Otomatis muncul setelah anda memilih Provinsi)
Kecamatan Pilih Kecamatan madrasah anda (Otomatis muncul setelah anda memilih Kabupaten)
Sekolah Pilih Nama Madrasah/NPSN anda (Otomatis muncul setelah anda memilih Kecamatan)
Surat   Penugasan Upload SK Operator Madrasah anda yang terbaru (File dalam format PDF dengan ukuran Max. 1Mb (Ditandatangani Kepsek dan Cap), setelah registrasi silahkan cek di status pendaftaran)

4. Setelah Form terisi, silahkan klik Registrasi. Dan tunggu proses verifikasi pendaftar operator madrasah baru biasanya membutuhkan waktu 1x24 Jam.

Cek Status Pendaftaran Operator Madrasah di Verval PD

Setelah melakukan pendaftar di submenu Operator Sekolah, maka kita harus sabar menunggu verifikasi yang dilakukan oleh pihak SDM-PDSPK. Untuk proses peng-aktivasian akun Verval PD Operator Madrasah sendiri biasanya memakan waktu 1x24 Jam.

Jika sudah 1x24 Jam, silahkan lakukan pengecekan status pendaftaran akun verval pd anda. Untuk mengecek statusnya, silahkan ke web SDM-PDSPK lagi, dan silahkan klik menu Status Pendaftaran, lalu masukkan email yang anda daftarkan, kemudian klik Cek. Maka status pendaftaran anda akan muncul. (Lihat Gambar)

Alamat Website VervalPD Kemenag

Setelah melakukan pendaftaran samapai diterima di SDM-PDSPK, maka silahkan untuk coba login ke website Verval PD Kemenag.

Untuk link aktifnya sendiri kami sediakan dibawah ini, agar tidak tersasar hehe

Sementara itu saja untuk artikel kami tentang Cara Daftar Verval PD Kemenag Untuk Operator Madrasah. Jika ada pertanyaan silahkan bisa komentar, atau hubungi kami di inbox Halaman facebook kami.

Jika informasi ini bermanfaat dan penting, silahkan untuk Share ke medsos anda dan bagikan ke grup WA madrasah. Terima Kasih

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter