aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak

5 Pentingnya Madrasah Diniyah Untuk Anak

3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak - Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan sekolah nonformal yang di dalamnya terdapat berbagai pelajaran Pendidikan Islam sebagai pelengkap bagi pendidikan umum. Madrasah Diyah sendiri sekrang berganti nama menjadi Diniyah Takmiliyah Awaliyah atau sering disingkat DTA. Diniyah Takmiliyah Awaliyah dibagi menjadi tiga bagian atau tahap, yang pertama ialah kelas dasar (Diniyah Awaliyah) dalam tahap ini masa belajarnya 4 tahun dengan jumlah jam pelajaran 18 JTM dalam satu minggu, yang kedua ialah kelas menengah (Diniyah Wustha) dalam tahap ini masa belajarnya 2 tahun dengan jumlah jam pelajaran 18 JTM dalam satu minggu, dan yang ketiga ialah kelas atas ( Diniyah Ulya) dalam tahap ini masa belajarnya 2 tahun dengan jumlah jam pelajaran 18 JTM selama satu minggu.

 Sejarahnya sendiri, Madrasah Diniyah Takmiliyah sudah ada dari masa penjajahan. Anda pernah lihat Film "Sang Pencerah" ? Di film itu kita dapat melihat seorang KH.Ahmad Dahlan dalam membangun madrasah untuk belajar agama Islam. Siring berjalannya waktu Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam perkembangannya sangat signifikan, mungkin sekarang di tiap kampung terdapat Madrasah Diniyah Takmiliyah. Yang jadi masalahnya, banyak sekali anak-anak yang enggan mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah. Hal ini sangat disayangkan sekali, karena Madrasah Diniyah Takmiliyah sendiri memiliki banyak manfaat positif bagi anak-anak yang mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah. Mungkin ini semua akibat dari perkembangan zaman, sehingga menyisihkan Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Jika kita melihat pada manfaat positif dari Madrasah Diniyah Takmiliyah bagi anak-anak sungguh sangat disayangkan jika anak-anak pada zaman sekarang enggan mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah. Oleh karena itu, mari kita gerakkan anak-anak kita supaya mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah sebelum ia menyesalinya di masanya kelak.

Lantas apa saja manfaat positif dari Madrasah Diniyah Takmiliyah ? Sebenarnya manfaat dari Madrasah Diniyah Takmiliyah sangat banyak, mungkin tak dapat disebutkan. Karena seyogyanya setiap orang yang mengikuti Majelis Taklim pasti akan menemukan manfaatnya. Bahkan Allah SWT sendiri akan mengangkat derajat orang mencari ilmu.

Baik, kita pahami saja 3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak yang akan saya jelaskan berikut ini. Apa sajakan 3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak itu ?

1. Anak Mendapkatkan Ilmu Pengetahuan Islam

Yang pertama ialah mendapatkan ilmu pengetahuan Islam. Tentu dalam setiap pendidikan kita akan mendapatkan ilmu. Nah dalam Madrasah Diniyah Takmiliyah sendiri ilmu yang didapatkan mayoritasnya adalah Ilmu Pengetahuan Islam. Jadi anak akan mengetahui dan memahami berbagai ilmu pengetahuan Islam, dari mulai qur'an hadits, bahasa arab, fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah Akhlak, dan masih banyak lagi. 

2. Menjadikan Anak Berakhlak Mulia

Bisa kita lihat sendiri di zaman sekarang, banyak sekali anak-anak yang tidak memiliki akhlak dan banyak anak-anak yang bertindak tidak senonoh. Itu semua karena kurangnya pendidikan akhlak kepada anak itu sendiri. Sangat disayangkan jika masih dimasa kanak-kanak, mereka sudah bisa berbuat tidak senonoh, bagaimana jika mereka dewasa nanti. Sebenarnya kita dapat mencegah hal-hal tersebut, dengan cara bagaimana ? Yaitu dengan cara  memasukan anak kita ke Madrasah Diniyah Takmiliyah. Karena di Madrasah Diniyah Takmiliyah terdapat pelajaran yang dapat menumbuhkan akhlak baik kepada anak, seperti dalam pelajaran akhidah akhlak.

3. Menjadikan Anak Disiplin

Fiqih merupakan pelajaran yang berisi tetang syariat Islam yang mebahasa hukum berbagai persoalan kehidupan manusia. Dalam fiqih sendiri terdapat materi tetnang ibadah, terutama Shalat. Shalat sendiri merupakan Ibadah umuat Islam yang sangat penuh dengan kedisiplinan, mungkin ini lebih harus disiplin dibandingkan latihan militer. Dalam Shalat dapat kita ambil berbagai contoh sikap disiplin seperti dalam disiplin waktu, dalam shalat kita tidak boleh telat dalam melaksanakannya harus disiplin sesuai waktu yang sudah ditentukan. Nah dari salah satu contoh tersebut, jika anak kita mengikuti Madrasah Diniyah Takmiliyah dan mempelajari ilmu tentang shalat yang ada di Madrasah Diniyah Takmiliyah, anak akan mesugesti dari tiap materi yang disampaikan sehingga anak akan memiliki sikap disiplin.

Itulah 3 Manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah Untuk Anak. Mungkin itu hanya salah satu dari ribuan manfaat Madrasah Diniyah Takmiliyah. Semoga artikel ini dapat memeberikan informasi yang bermanfaat bagi anda sekalian.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar