Mengenal Menu Verval Pd dan Penjelasannya

Mengenal Menu Verval Pd dan Penjelasannya

Verval Pd atau Verifikasi dan Validasi Peserta Didik merupakan salah satu pekerjaan yang harus dikerjakan oleh operator madrasah setelah EMIS dan Simpatika. Disaat yang lain liburan, sekarang ini para operator madrasah sedang disibukkan oleh Verval Pd. Lalu untuk apa verval pd itu? Verval Pd sendiri merupakan aplikasi kemendikbud yang digunakan untuk memverifikasi data peserta didik di madrasah kita dan sebagai aplikasi untuk menerbitkan NISN bagi para peserta didik yang telah terdaftar di EMIS.

Bagaimana operator madrasah mengerjakan verval pd? Sebenarnya dalam mengerjakan Verval Pd tidak harus terburu-buru, karena tidak ada tenggang waktu, kecuali bagi siswa yang kelas akhir. Karena nantinya Validasi sebagai Peserta UN biasa diambil juga dari database verval pd. Mungkin lebih tepatnya, peserta didik di kelas akhir biodatanya harus sudah sesuai dengan dokumen yang berlaku, untuk menghindari kesalahan di pencarian NISN nantinya. Contoh bagi kelas akhir SMA atau MA, biasanya bagi peserta didik yang ingin daftar Perguruan Tinggi, khususya Perguruan Tinggi Negeri, diverifikasi melalui NISN ini. Maka dari itu untuk sekarang, kami sarankan prioritaskan dulu verval pd untuk kelas akhir saja. Sisanya bisa nanti nyusul.

Sebelum ke pembahasan, kami sarankan operator madrasah yang belum memiliki akun verval pd kemenag bisa daftar langsung yah, caranya bisa di baca dipostingan kami Cara Daftar Verval PD Kemenag Untuk Operator Madrasah. Segera daftar sekarang, karena verifikasi pendaftaran sekarang ini lumayan cukup lama, karena antrian verval pd kemenag pendaftarya mengantri.

Jika bingung cari alamat link verval pd kemenag, silahkan lihat di artikel kami mengenai Alamat Link Verval Pd Kemenag Terbaru karena disana sudah kami siapkan link verval pd yang aktif. Jadi tidak perlu lagi pusing untuk mencari alamat linknya.

Baik, sebari menunggu email kita disetujui oleh admin SDM-PDSPK dalam mendaftar verval pd. Ada baikknya kita mengenal dulu menu yang ada di verval pd. Agar kita memahami fungsi dan penjelasan dari setiap menu yang ada di verval pd.

Menu daalam Verval Pd sendiri, semuaya itu berjumlah Enam menu, Dua lagi menu untuk mendownload panduan. Setiap menunya mempunyai fungsinya sediri atau lebih jelasnya ketika kita mengklik menu tersebut, apa yang harus kita lakukan. Langsung saja , inilah menu-menu yang ada di verval pd berikut gambar dan penjelasannya.

Beranda

Seperti halnya website lain, Beranda disini merupkan menu yang paling awal atau bisa dikatakan Home. Dimana ketika kita masuk ke website atau aplikasi verval pd, makan tampilan awal yang disuguhkan adalah Beranda. Dimana disana terdapat tampilan garfik-grafik peserta didik kita, yang meliputi:

  1. Residu Peserta Didik
  2. Pengajuan Perubahan Data
  3. dan, Jumlah Peserta Didik Berdasarkan Jenis Kelamin dan Tingkat/Kelas

Data: Peserta Didik

Menu Pesera Didik ini merupakan menu yang menampilkan nama-nama peserta didik yang ada di madrasah kita, berikut biodata lainnya dan juga NISN baru. Disini kita bisa melihat berapa jumlah peserta didik kita yang masuk ke verval pd dari Emis Madrasah. Dan juga bisa melihat NISN yang baru yang dimiliki oleh peserta didik. 

Dengan adanya menu Peserta didik ini, operator madrasah bisa mengontrol dan mengecek, peserta didik mana yang biodatanya salah. Apa saja yang harus diperiksa? Sepertinya untuk verval pd sendiri, biodata yang dibutuhkan hanya sedikit, yaitu Nama lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, NIK, Nama Ibu Kandung, Tingkat/Kelas dan NISN.

Nah, bagi madrasah yang peserta didiknya belum masuk verval pd dari Emis Madrasah, bisa lihat solusinya dipostingan berikut ini: Siswa EMIS Tidak Masuk Verval PD .

Data: Residu

Apa sebenarnya menu Residu di verval Pd dan apa kegunaanya? Menu Residu ini merupakan menu tempat peserta didik yang verifikasi dan validasi datanya ada yang salah, atau bisa kita katakan menu tempat mengecek peserta didik mana yang datanya terdapat kesalahan.

Dengan masuk ke menu residu, operator madrasah bisa mengetahui peserta didik mana yang harus diperbaiki biodatanya. Hal-hal yang biasanya mengakibatkan peserta didik kita masuk ke residu ada beberapa masalah, seperti:

  • NISN dipakai oleh lebih dari 1 orang, Silahkan lihat detail di profil siswa
  • NIK dipakai oleh lebih dari 1 orang
  • Terdaftar lebih dari saru Rombel/Sekolah

Pengelolaan: Edit NISN

Pernahkan anda mengalami hal seperti ini, Siswa yang sudah mempunyai NISN sebelumnya, namun ketika dilihat di Verval Pd terdapat perubahan pada NISN-nya. Pasti hal seperti ini akan terjadi, padahal siswa sebelumnya sudah memiliki NISN, tapi ternyata siswa malah membuatkan NISN baru. 

Nah, dimenu Edit NISN lah kita bisa memperbaikinya. Jika sebelumnya peserta didik telah memiliki NISN, namun dibuatkan NISN baru, maka silahkan lakukan Kalin NISN. Sebelumnya NISN lama harus dicek terlebih dahulu, masih ada atau tidak. Jika ada, silahkan klam di menu Edit NISN Verval Pd, tapi indeks kemiripannya harus diatas 60%, ke atas agar bisa diklaim.

Pengelolaan: Edit Identitas

Ada peserta didik yang biodatanya salah di verval pd, maka di menu Edit Identitaslah tempatnya. Ketika menemukan data peserta didik yang salah dan fatal, silahkan lakukan perbaikan data secepatanya. 

Seperti halnya Edit NISN, dalam perbaikan data harus mencapai indeks kemiripan minimal 60% ke atas agar bisa diedit datanya. Namun ingat, sebelum memperbaiki data kita harus menyiapkan Scan KK atau Akte dari peserta didik yang akan diedit biodatanya. File yang diterima adalah PDF dengan maksimal ukuran 1 Mb.

Untuk Disetujui atau tidaknya edit identitas di verval pd, itu tergantung dari admin kab/kota. Jadi, sabar dan tunggu saja.

Pengelolaan: Siswa Keluar

Menu Siswa Keluar di verval pd ternyata hanya muncul di verval pd bagi sekolah yang ada dinaungan kemenag. Seperti yang dijelaskan di dialog box yang muncl ketika pertama login. Disana dijelaskan, "Siswa Keluar : Difungsikan untuk mengeluarkan siswa aktif yang masih tercatat di Verval Peserta Didik. Menu ini hanya akan muncul bagi Satuan Pendidikan dibawah EMIS KEMENAG" .

Lalu apa fungsinya, fungsinya sudah jelas untuk mengeluarkan siswa. Ingat yang dikeluarkan adalah siswa yang sudah tidak aktif lagi disekolah kita, atau siswanya sudah mutasi ke sekolah lain. Jika ada siswa yang sudah keluar tapi masuk di verval pd madrasah kita, segera keluarkan saja. Karena jika tidak dikeluarkan dari verval pd, siswa tersebut tidak akan muncul di verval pd sekolah yang baru.

Untuk sementar, postingan mengenai cukup dulu ya semuanya. Selanjutnya, nanti kami akan bahas megenai verval pd dari sudat lainnya.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat untuk operator madrasah lainnya, kami berharap anda bisa membagikannya ke medsos atau grup madrasah disekitar anda, WA ataupun Facebook. Terima Kasih

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter