aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

PANDUAN SINGKAT E-VERVAL MASTER SATUAN PENDIDIKAN (E-VerVal SP)

PANDUAN SINGKAT E-VERVAL MASTER SATUAN PENDIDIKAN (E-VerVal SP) 

PANDUAN SINGKAT E-VERVAL MASTER SATUAN PENDIDIKAN (E-VerVal SP) - Aplikasi e-VerVal Master Satuan Pendidikan atau yang selanjutnya biasa disebut dengan e-VerValSP merupakan sebuah aplikasi untuk mendukung pengelolaan data pendidikan. Dengan dibangunnya aplikasi tersebut diharapkan lebih memudahkan dan mendekatkan proses pengelolaan data satuan pendidikan/lembaga pendidikan dan master pendidikan antara tingkat pusat dengan tingkat daerah.

Data master referensi pendidikan harus memiliki 3 unsur, yaitu :
  1. Administrasi Satuan Pendidikan (Identitas Satuan Pendidikan) NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), Nama, Alamat, Status, SK Operasional, Akreditasi dan seterusnya.
  2. Spasial adalah titik koordinat sekolah (menunjukkan letak sekolah).
  3. Citra adalah Foto sekolah yang bersangkutan.
Sebagaimana kita ketahui dalam menginputkan SK ijin Operasional dan SK Pendirian pada aplikasi Dapodikmen dilakukan melalui aplikasi berbasis web yang terintregasi dengan sebuah sistem referensi pendidikan yang berada di alamat : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/

Sebelum melakukan e-VerValSP, maka yang perlu dipersiapkan oleh operator sekolah adalah :
  1. SK Ijin Operasional Sekolah yang sudah dibuat dalam bentuk digital (scan) dengan format Gambar (JPG) dan dibuat dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimum adalah 2 MB.
  2. Foto Kegiatan Sekolah yang yang diklasifikasikan sebagai berikut :
  3. Profil
  4. Sarana
  5. Prasarana
  6. Aktifitas Peserta Didik
  7. Aktifitas PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
  8. Prestasi Sekolah
  9. Lomba Sekolah
  10. Plang Sekolah11. Program Pembangunan
  11. SK Operasional
  12. Kerusakan Sekolah
Dimana untuk masing-masing foto tersebut dengan ukuran maksimum adalah 2 MB dengan format foto JPG.

Untuk langkah selanjutnya ialah pengoperasian aplikasi online yang terdapat di http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/. Untuk lebih jelasnya sahabat Info Madrasah bisa mengunduhnya di link berikut ini :


Semoga artikel kami ini tentang PANDUAN SINGKAT E-VERVAL MASTER SATUAN PENDIDIKAN (E-VerVal SP) dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.

Baca juga :
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar