Cara Mengisi Template Siswa EMIS-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja)

Cara Mengisi Template Siswa EMIS-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) - Tepat pada tanggal 1 Desember 2018, EMIS-Manajemen Ujian Nasional  atau biasa disebut sekarang ini E-Manja, telah mulai dikerjakan. Untuk tahap awal ini E-Manja dibuka untuk jenjang MA dan MTs. E-Manja sendiri merupakan ekor dari aplikasi EMIS Madrasah yang sering mengalami error, makanya tim EMIS pusat membuat aplikasi baru, tetap menggunakan EMIS tapi ini khusus untuk pendataan Peserta Capesun.    Baca Juga: EMIS-Manajemen Ujian Nasional Aplikasi Baru Pendataan CAPESUN    Cara untuk login ke web EMIS-Manajemen Ujian Nasional atau E-Manja, yaitu:  Kunjungi alamat aplikasi di: Untuk Jenjang MTs silahkan klik link berikut ini: http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-mts  Untuk Jenjang MA silahkan klik link berikut ini: http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-ma  Masukkan username (email) dan password seperti yang biasa digunakan untuk login emis madrasah. Jika muncul peringatan username dan password salah, cek ulang username dan password atau ajukan reset akun operator ke admin emis Kabupaten/Kota. Nah, untuk cara pengoperasiaan dari Aplikasi EMIS-Manajemen Ujian Nasional atau E-Manja ini, ada bisa mendownload JUKNIS EMIS-Manajemen Ujian Nasional di postingan kami sebelumnya, didalam JUKNIS tersebut sudah jelas cara pengaturan dan konfigurasi yang lainnya.    Baca Juga: Juknis EMIS-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) CAPESUN   Karena untuk langkah-langkah pengoperasian aplikasi EMIS-Manajemen Ujian Nasional atau E-Manja sudah terpapar rapih dan jelas pada JUKNIS. Disini kami hanya akan menekankan pada pengisian tempalte siswa EMIS-Manajemen Ujian Nasional atau E-Manja, agar nantinya tidak terjadi error pada saat proses uploading. Jika dalam proses uploading error, otomatis nantinya file .ez-nya juga akan corrupted, sehingga bisa menyebabkan gagal upload di BIOUN.    Untuk itu, Langkah berikutnya dalam mengisi template siswa Emis Manajemen UN adalah melengkapi dan memperbaiki data siswa. Lengkapi kolom-kolom yang masing kosong dan ubah jika ada data yang tidak benar.

Cara Mengisi Template Siswa EMIS-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) - Tepat pada tanggal 1 Desember 2018, EMIS-Manajemen Ujian Nasional  atau biasa disebut sekarang ini E-Manja, telah mulai dikerjakan. Untuk tahap awal ini E-Manja dibuka untuk jenjang MA dan MTs. E-Manja sendiri merupakan ekor dari aplikasi EMIS Madrasah yang sering mengalami error, makanya tim EMIS pusat membuat aplikasi baru, tetap menggunakan EMIS tapi ini khusus untuk pendataan Peserta Capesun.

Baca Juga: EMIS-Manajemen Ujian Nasional Aplikasi Baru Pendataan CAPESUN

Cara untuk login ke web EMIS-Manajemen Ujian Nasional atau E-Manja, yaitu:
  • Kunjungi alamat aplikasi di:
Untuk Jenjang MTs silahkan klik link berikut ini: http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-mts
Untuk Jenjang MA silahkan klik link berikut ini: http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-ma
  • Masukkan username (email) dan password seperti yang biasa digunakan untuk login emis madrasah.
  • Jika muncul peringatan username dan password salah, cek ulang username dan password atau ajukan reset akun operator ke admin emis Kabupaten/Kota.
Nah, untuk cara pengoperasiaan dari Aplikasi EMIS-Manajemen Ujian Nasional atau E-Manja ini, ada bisa mendownload JUKNIS EMIS-Manajemen Ujian Nasional di postingan kami sebelumnya, didalam JUKNIS tersebut sudah jelas cara pengaturan dan konfigurasi yang lainnya.


Karena untuk langkah-langkah pengoperasian aplikasi EMIS-Manajemen Ujian Nasional atau E-Manja sudah terpapar rapih dan jelas pada JUKNIS. Disini kami hanya akan menekankan pada pengisian tempalte siswa EMIS-Manajemen Ujian Nasional atau E-Manja, agar nantinya tidak terjadi error pada saat proses uploading. Jika dalam proses uploading error, otomatis nantinya file .ez-nya juga akan corrupted, sehingga bisa menyebabkan gagal upload di BIOUN.

Untuk itu, Langkah berikutnya dalam mengisi template siswa Emis Manajemen UN adalah melengkapi dan memperbaiki data siswa. Lengkapi kolom-kolom yang masing kosong dan ubah jika ada data yang tidak benar.

Dalam melakukan perubahan dan pengisian data, perhatikan hal-hal sebagai berikut: (dikutip dari ayomadrasah.blogspot.com tanggal 01/12/2018)

Nama Kolom Cara Pengisian
ID SISWA Diambil dari sistem dan jangan dirubah
NAMA LENGKAP Lakukan perubahan jika ada nama siswa yang salah
JENIS KELAMIN Isikan dengan kode 1 jika laki-laki dan 2 untuk perempuan
NISN Lengkapi jika belum ada atau ubah jika ada yang salah. Di awal NISN tambahkan tanda petik (')
TMP. LAHIR Isi dengan tempat lahir siswa
TGL. LAHIR Isi dengan tanggal lahir siswa dengan format yyyy-mm-dd
ALAMAT PD Tulis dengan alamat siswa. Penulisan boleh menggunakan perpaduan huruf besar dan kecil
KODE AGAMA Isi dengan kode 1 untuk yang beragama Islam
AGAMA Isi dengan agama siswa (Islam)
NAMA AYAH Isikan dengan nama Ayah sesuai dokumen yang berlaku. Jika tidak memiliki Ayah (dalam dokumen tidak tercantum nama Ayah) bisa diisi dengan nama Ibu.
KEBUTUHAN KHUSUS Diisi dengan sembilan digit angka dengan ketentuan "0" jika tidak dan "1" jika iya. Sembilan digit itu berurutan adalah (1) tunarungu, (2) tunanetra (3) tunadaksa (4) tunagrahita (5) tunalaras (6) lambanbelajar (7)sulit belajar (8) gangguan komunikasi (9) bakat luar biasa. Contoh untuk yang lamban belajar = 000001000
ID LEMBAGA Kode dari sistem. Untuk siswa yang baru ditambahkan, samakan dengan lainnya
NPSN Isi dengan NPSN madrasah
NO. PES UJIAN Isi dengan Nomor Peserta Ujian pada jenjang sebelumnya (untuk MI tidak perlu diisi)
NO. SKHUN Isi dengan SKHU pada jenjang sebelumnya (untuk MI tidak perlu diisi)
NO. IJASAH Isi dengan ijazah pada jenjang sebelumnya (untuk MI tidak perlu diisi)
NIS LOKAL Isi dengan NIS Lokal
KELAS Isi dengan tingkat kelas
KODE KURIKULUM Isikan 1 jika menggunakan K13, 2 jika KTSP, 3 Kurikulum PDF/SPM dari Kemenag, atau 4 jika Kombinasi
NAMA KURIKULUM Isikan kurikulum yang digunakan Kurikulum 2013, KTSP 2006, Kurikulum PDF/SPM dari Kemenag, atau Kombinasi)
KODE ROMBEL Isikan kode rombel siswa yang bersangkutan. Kode rombel bisa dilihat di menu Template >> Ruang Kelas
ROMBEL Diisi dengan dua digit, yaitu 01, 02, dan seterusnya
KODE JURUSAN 0 = belum, 1 = IPA, 2 = IPS, 3 = Bahasa, 4 = Agama
JURUSAN 1 = belum, 1 = IPA, 2 = IPS, 3 = Bahasa, 4 = Agama
KODE BAHASA 1 = Bahasa Arab, 2 = Bahasa Mandarin, 3 = Bahasa Jepang, 4 = Bahasa Perancis , 5 = Bahasa Jerman 6 = Bahasa Lainnya
BAHASA Bahasa Arab = 1, Bahasa Mandarin = 2, Bahasa Jepang = 3, Bahasa Perancis = 4, Bahasa Jerman = 5, Bahasa Lainnya = 6
no_absen Diisi dengan nomor absen siswa di setiap rombel

Bisa dilihat pada tabel di atas, agar dalam pengisian template siswa pada EMIS-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) benar dan tepat, tanpa adanya error ketika uploading template.

Nah, sekedar mengingatkan bahwa template siswa EMIS-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) harus berformat CSV ya teman-teman. Untuk merubah formatnya gamapng ko, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik "Office Button" (jika menggunakan excel 2007) atau menu "File" (jika menggunakan excel 2010 dan setelahnya)
  2. Klik "Save As"
  3. Pada bagian "Save as type" klik panah ke bawah hingga muncul banyak pilihan format
  4. Pilih "CSV (Comma delimited) (*.csv)"
  5. Klik "Save"

Semoga artikel kami ini tentang Cara Mengisi Template Siswa EMIS-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami INFO MADRASAH berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih. Madrasah

Pencarian Populer di Info Madrasah:

emis capesun 2017
emis sdm capesun
tutorial emis capesun
panduan emis capesun
panduan emis capesun 2017
cara mengerjakan emis capesun
cara mengisi emis capesun
langkah capesun emis
alamat emis capesun
emis capesun
emis capesun 1617
capesun emis madrasah
tutorial pengisian emis capesun
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Mengisi Template Siswa EMIS-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja)"