Middle Ad (Post Only)

Siswa EMIS Tidak Masuk Verval PD

Siswa EMIS Tidak Masuk Verval PD

Siswa dari EMIS sudah mulai masuk ke sistem aplikasi Verval PD atau Verval NISN. Verval PD atau Verval NISN sendiri merupakan aplikasi dari kemendikud untuk memfasilitasi sekolah agar peserta didiknya mendapatkan nomer unik siswa atau bisa kita sebut dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Dikutip dari Wikipedia Indonesia (24/12/2020), dijelaskan singkat mengenai NISN, Nomor Induk Siswa Nasional merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. NISN adalah kombinasi angka unik yang diberikan oleh setiap sekolah. NISN diberikan pada siswa mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Setahu kami, Kemenag atau Madrasah baru baru ini bisa mengakses Verval Pd secara mandiri oleh madrasah masing-masing seperti Sekolah di naungan Dinas. Untuk verval pd Kemenag atau Madrasah dulu hanya dipegang oleh admin kab/kota saja. Namun, dengan berkembangnya mobilitas data, akhirnya madrasah juga sekarang bisa mengaksesnya secara mandiri.

Lantas apa pentingnya Verval Pd sendiri? 

Verval Pd sendiri adalah aplikasi dimana siswa yang kita kelola di EMIS nantinya akan mendapatkan NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional. Seperti yang kita ketahui, bahwasannya NISN sendiri sekarang sudah menjadi salah satu syarat penting untuk masuk sekolah ataupun perguruan tinggi. Nah, dengan adanya Verval pd ini, kita bisa memantau siswa-siswa kita yang belum memiliki NISN di aplikasi EMIS.

Di aplikasi Verval pd sendiri, nantinya kita bisa mengedit biodata siswa yang salah, dan mimin dengar. Nanti proses editing/perbaikan nama siswa, tempat tanggal lahir siswa, nama ibu siswa yang salah pada EMIS bisa kita lakukan di Verval pd tanpa harus datang ke admin EMIS kab/kota. (Tapi kabarnya masih simpang siur yah...dicoba saja, kali aja bisa)

Alasan Kenapa Siswa EMIS Tidak Masuk Verval PD

Untuk siswa baru di EMIS tahun ini sudah mulai masuk ke aplikasi Verval Pd dan sudah tercantum juga NISN baru bagi siswa siswa EMIS tersebut. Tapi kami dengar dengar, masih ada juga madrasah yang siswanya belum sama sekali masuk ke Verval Pd, kenapa bisa begitu?

Kenapa siswa EMIS belum ada atau belum masuk ke Verval Pd? ada dua kemungkinan:

Pertama, memang belum ter-generate semuanya oleh sistem, karena proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama, karena proses pemberian NISN yang unik oleh sistem itu harus membutuhkan waktu, agar menghindari NISN yang sama atau duplikat. Jadi, lebih baik tunggu saja.

Kedua, Jika dirasa sudah lama menunggu namun siswa EMIS madrasah belum muncul juga di akun verval pd madrasah, kemungkinan dikarenakan data yang dientri di EMIS kurang lengkap, sehingga sistem tidak bisa memasukkan dan memberikan NISN baru di verval pd.

Mengatasi Siswa EMIS Tidak Masuk Verval PD

Cara mengatasi jika siswa madrasah kita dari EMIS tidak muncul atau masuk ke Verval PD, maka ikuti langkah berikut:

  • Silahkan cek lagi biodata Siswa di EMIS madrasah, bisa dicek satu-satu atau bisa dicek secara keseluhuruhan dengan menggunakan template Emis.
  • Utamakan cek biodata seperti Tempat Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan NIK (Karena ini data wajib yang akan dipakai di Verval PD sebagai acuan pencarian data NISN nantinya). Namun, lebih baik semua biodata siswa di EMIS Madrasah harus FULL terisi semuanya.
  • Jika dirasa ada yang kurang lengkap, segera lengkapi biodatanya segera. Agar proses generate dari EMIS ke Verval PD lebih cepat dan siswa bisa masuk atau muncul di aplikasi Verval PD dan mempunyai NISN baru.
  • Terakhir, tunggu dengan sabar yah, sampai siswa muncul di verval pd.

Link Verval PD Kemenag yang Baru

Terkadang kita bingung, mana link yang harus digunakan untuk login verval pd. Nah, kami sediakan disini agar tidak pusing lagi cari sana sini. Ini link login verval PD khusus untuk Madrasah. Klik aja linknya di bawah:

Vevral PD Madrasah

Tidak bisa login atau belum terdaftar di Verval PD? ini baca aja cara daftarnya yah : Cara Daftar Operator Sekolah di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

Semoga artikel tentang Siswa EMIS Tidak Masuk Verval PD bisa memberikan wawasan tambahan bagi Operator Madrasah. Salam Operator Madrasah Indonesia. 

Jika artikel ini dirasa penting dan bermanfaat, silahkan Share ke medsos atau grup madrasah semuanya. Terima Kasih.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter