Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)


Cara Sukses MenghadapiUjian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) – Sahabat Info Madrasah Pejuangnya Madrasah Indonesia, dalam minggu-minggu ini setiap madrasah pada jenjang Aliyah, sudah bekerja keras untuk menghadapi Ujian pada tahun 2017 ini, yang mana tahun ini Ujian Nasionalnya berbasis Komputer.

Pada postingan kali ini admin akan khusus menulis untuk para peserta UNBK tahun 2017 ini, yaitu Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasioanl Berbasis Komputer (UNBK) , Perasaan takut, panik, deg-degan pasti akan di rasakan oleh semua peserta UNBK, karena ini adalah hal yang sangat baru, apa lagi untuk anak yang jarang bermain computer.

Tapi ingat, kalian pasti bisa tetap harus optimis, dan jangan lupa di baca Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasioanl Berbasis Komputer (UNBK) berikut ini :

1. Pahami tata cara pengerjaan soal UNBK


Kertas dan Monitor computer adalah sesuatu yang sangat membedakan ujian pada tahun ini,. Hal ini tentu ada mekanisme yang berbeda dari ujian sebelumnya. Untuk itu, supaya kita lebih siap menghadapi ujian maka kita harus pelajari dengan baik juga nih tata cara pengerjaan soal UNBK!

Pelajari betul cara pengerjaan soal UNBK di situ pasti ada aturan yang baku dalam pengerjaannya, bagaimana cara memilih jawaban yang benar, bagaimana menghapus atau mengganti jika di rasa jawaban yang kita pilih adalah salah, dan lain sebagainya, jangan sampai pada saat kita mengerjakan Soal, kita belum paham cara pengerjaannya.

2. Belajar Dengan Panduan Kisi-Kisi UNB


Tim Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sudah menyusun kisi-kisi UNBK tahun 2017, gunakan kisi-kisi tersebut untuk belajar,  Dengan belajar dari situ, kita menjadi tahu apa saja yang menjadi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan menjadi panduan apa saja yang harus dipelajari.

Jadi, tidak perlu pusing belajar semuanya dari awal tetapi bisa merangkum dari materi apa saja yang diujikan. Belajar jadi lebih efektif deh! 

3. Jangan Lebay khawatir berlebihan!


Pertanyaan Seperti ini, pasti akan timbul dalam pikiran kalian, bagaimana jika komputernya rusak? Atau koneksi internetnya yang lemot? Atau jangan-jangan jawaban yang sudah dipilih tidak terbaca di sistem? Dan kekhawatiran lainnya…

Dengan terlalu khawatir justru akan menghambat kita saat mengerjakan soal karena sulit untuk fokus. Akibatnya, tidak mengerjakan dengan maksimal. Daripada waktu kmau habis untuk segala kecemasan yang kita rasakan, lebih baik dialokasikan untuk waktu belajar. Jika kamu sudah dibekali dengan penguasaan materi dan giat berlatih, kita berdoa saja semuanya akan baik-baik saja dan lancar. Amin!

4. Teliti Sangat Penting, !


Saat di ujian nanti, harus selalu teliti ya! Baca dengan seksama pertanyaan, maupun jawaban yang dipilih. Tidak perlu terburu-buru, yang penting mengerjakannya perlahan namun pasti sehingga lebih mantap! Jika ada sisa waktu, bisa juga dimanfaatkan untuk mengecek ulang jawabanmu kembali sehingga tidak ada yang terlewatkan.

Eits! Tetapi jangan lupa untuk mengisi dengan teliti saat pengisian data diri kamu ya! Pastikan sudah terisi semua dan sebisa mungkin hindari salah penulisan

5. Maksimalkan persiapan dengan simulasi


UN berbasis komputer mungkin memang baru, tetapi bukan menjadi halangan untuk tetap bisa berhasil di ujian yang akan datang. Cara yang terbaik untuk siap saat mengerjakan soal nanti adalah dengan melakukan simulasi. Misalnya, saat simulasi di sekolah, coba perhatikan sesi belajar ini dengan baik supaya tidak ada yang kelupaan. Manfaatkan juga sebagai sarana bertanya kepada guru apabila ada hal yang masih kita bingung.

Semoga artikel kami ini tentang Cara Sukses MenghadapiUjian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)"