Cara Menaikkan Kelas Siswa Di Simpatika

Cara Menaikkan Kelas Siswa Di Simpatika - Pada postingan sebelumnya kami telah memberikan tutorial mengenai Cara Mengaktifkan Siswa di SIMPATIKA Terbaru. Untuk menindak lanjuti mengenai pengelolaan Siswa di Simpatika, kami akan memberikan tutorial lanjutan, yaitu mengenai Cara Menaikkan Kelas Siswa Pada Simpatika. Masih banyak Operator Madrasah yang kesulitan dalam menaikkan siswa di Simpatika. 

Pada dasarnya menaikkan siswa sangatlah mudah, hampir sama dengan Cara Mengaktifkan Siswa di SIMPATIKA Terbaru, Namun ada beberapa langkah yang sedikit yang harus di rubah.

Baca Juga: 6 Langkah Mengelola Siswa Di Aplikasi SIMPATIKA

Menaikkan kelas siswa di Simpatika adalah salah satu hal yang wajib, karena dengan menaikkan kelas siswa, kita dapat memberikan ruang bagi siswa yang baru pada Simpatika, khususnya bagi siswa kelas 1 di MI, kelas 7 di MTs, dan kelas 9 di MA.

Tanpa basa basi lagi, mari kita simak Cara Menaikkan Kelas Siswa Di Simpatika di bawah ini:

Pertama, Buka terlebih dahulu website Simpatika http://simpatika.kemenag.go.id/ , Lalu login dengan menggunakan Akun Kepala Madrasah atau Akun Operator Madrasah.

Kedua, Setelah berhasil Login, Klik pada menu "Madrasah"

Cara Mengaktifkan Siswa di SIMPATIKA Terbaru

Ketiga, Klik menu "Siswa dan Alumni"

Cara Mengaktifkan Siswa di SIMPATIKA Terbaru

Keempat, Klik Menu Siswa - Lalu ke menu Daftar Siswa (Seperti digambar)



Kelima, Downloadlah siswa yang telah kita aktifkan sebelumnya (Lihat Gambar)


Keenam, buka file Daftar Siswa yang telah kita download tadi. Blok pada kolom J atau kolom TINGKAT (Lihat Gambar)


Ketujuh, Setelah kita blok kolomnya, saatnya kita Replace dengan cara tekan Ctrl+H, nanti akan muncul dialog box, nah kita ganti angka-angkanya, Jika kita kita ingin menaikkan kelas 1, maka 1 ganti dengan 2, begitu seterusnya, untuk MTs dan MA pada dasarnya sama.  (Catatan: Sebelum menaikkan kelas, Luluskan terlebih dahulu kelas yang paling atas, Kelas 6 ke 7, Kelas 9 ke 10, dan Kelas 12 ke 13). Setelah beres semuanya, jangan lupa kita SAVE.


Kedelapan, Kita masuk lagi ke Simpatika. Untuk melakukan Unggah Daftar Siswa yang telah kita edit tadi. Dengan mengklik simbol Upload/Panah ke atas. (Lihat Gambar)

 

Kesembilan, Proses unggah. Klik pada tombol "Pilih File", lalu cari file Daftar Siswa yang telah kita edit sebelumnya. Setelah itu klik Unggah.


Jangan lupa untuk klik Simpan, dan tunggu beberapa menit atau 1x24 jam, agar siswa yang telah kita upload naik kelasnya.


Kurang lebih caranya seperti itu. Silahkan praktekkan rekan-rekan Operator Madrasah di Seluruh Indonesia.

Semoga artikel kami ini tentang Cara Menaikkan Kelas Siswa Di Simpatika dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Menaikkan Kelas Siswa Di Simpatika"