Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)

Cara Mengatasi File EZ / CSV Templapte CAPESUN Yang Error - Proses pendataan Capesun untuk tingkat MA dan MTs masih berlanjut, dengan melalui aplikasi E-Manja atau EMIS-Manajemen Ujian Nasional. karena menurut kabar pendataan Capesun untuk MA dan MTs diberi waktu mulai dari tanggal 1 Desember sampai dengan 10 Desember 2018. Sungguh ini akan memakan tenaga operator madrasah yang banyak, dikarenakan jadwal untuk simulasi juga telah mendekati waktunya.    Dari beberapa postingan-postingan atau keluhan-keluhan dari operator madrasah di Grup-grup facebook, banyak yang mengeluh karena proses upload file CSV tempalte Capesun yang mengalami error bahkan hanya muter-muter saja. Ko bisa yah.. Apa karena server aplikasi E-Manja down ? Apa karena file CSV yang corrupted alias rusak? Hmmm dua kemungkinan itu bisa saja terjadi loh. Lantas solusinya? Kita tanya Dora yuk..... Eh salah, tanya Mimin hehehe ^_^    Untuk solusinya dari dua kemungkinan di atas, mimin hanya bisa berspekulasi alias mencoba saja sesuai kemampuan mimin.

Cara Mengatasi File EZ / CSV Templapte CAPESUN Yang Error - Proses pendataan Capesun untuk tingkat MA dan MTs masih berlanjut, dengan melalui aplikasi E-Manja atau EMIS-Manajemen Ujian Nasional. karena menurut kabar pendataan Capesun untuk MA dan MTs diberi waktu mulai dari tanggal 1 Desember sampai dengan 10 Desember 2018. Sungguh ini akan memakan tenaga operator madrasah yang banyak, dikarenakan jadwal untuk simulasi juga telah mendekati waktunya.

Dari beberapa postingan-postingan atau keluhan-keluhan dari operator madrasah di Grup-grup facebook, banyak yang mengeluh karena proses upload file CSV tempalte Capesun yang mengalami error bahkan hanya muter-muter saja. Ko bisa yah.. Apa karena server aplikasi E-Manja down ? Apa karena file CSV yang corrupted alias rusak? Hmmm dua kemungkinan itu bisa saja terjadi loh. Lantas solusinya? Kita tanya Dora yuk..... Eh salah, tanya Mimin hehehe ^_^

Untuk solusinya dari dua kemungkinan di atas, mimin hanya bisa berspekulasi alias mencoba saja sesuai kemampuan mimin.

1. Server E-Manja Down

Server sebuah website bisa down itu karena pengguna yang mengakses banyak, namun ruang yang disediakan sedikit, jadilah lemot dan website menjadi super sibuk. Lantas solusinya bagaimana?

- Bisa dengan menggunakan koneksi yang agak kencang.
- atau Melakukan Ping ke IP website E-manja, gunanya yaitu agar server yang kita masuki stabil, kata mbah google. Nah untuk caranya begini : (yang mau coba silahkan, yang tidak ya ra popo wae)

1. Klik Start > Run > Cmd (Untuk windows 7 atau XP), kalau windows 8 atau 10 cukup search aja Cmd (seperti digambar)

Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)


2. Setelah ketemu Cmd, silahkan lalukan Ping ke website emispendis.kemenag.go.id, (Contoh: ping emispendis.kemenag.go.id) lalu tekan Enter, tunggu beberapa detik sampai IP website ditemukan. (lihat gambar)

Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)

3. Lanjut, sekarang kita lakukan Ping ke IP dari emispendis.kemenag.go.id, (Contoh: ping 103.7.12.29 -t) lalu tekan Enter (Lihat gambar 1), dan biarkan proses Ping berjalan, lalu silahkan minimize window Cmd-nya dan lajutkan pengisian Capesun di E-Manja. (lihat gambar 2)

Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)
Gambar 1 Proses ping ke IP langsung (ingat di akhiri -t)
Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)
Gambar 2, Proses ping berjalan, minimize cmd window ping yang sedang berjalan
Nah itu solusi jika website emispendis kemenag sedang sibuk atau lemot, tapi ini menurut mimin yah.

2. File CSV Corrupted atau Rusak

File CSV itu bisa rusak jika, yang kita ketik atau data yang kita input ada yang tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan. Atau juga bisa salah dalam proses save as ke Format CSV, sehingga ketika uploading File, sistem tidak mengenalinya atau bahkan error.

Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)
Format masih General
Untuk mengatasinya, mimin curiga bahwa file CSV yang digunakan Format Numbernya masih berformat "General", sehingga ketika pengetikan data selalu ada yang berubah, terutama angka atau nomer. Nah sebaiknya, File CSV Format numbernya kita rumah dulu menjadi "TEXT", agar data yang kita entri tidak berubah-rubah. Caranya:

1. Pertama Kita blok semua tabel, dengan cara CTRL+A.

Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)

2. Kedua, Kita rubah format numbernya, yang tadinya General menjadi TEXT. Sudah beres deh.

Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)

Catatan:

Satu lagi, ingat ketika kita melakukan Copy Paste data, usahakan harus menggunakan Paste Special (Value)  atau Text Seperti pada gambar berikut:

Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)
Paste Text (icon A atau 123, tergantung versi Microsoft Office)

Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)
Paste Special (Nanti silahkan pilih Value atau Text)
Nah, mungkin itu saja yang dapat kami bahas kali ini. Semoga solusi solusi di atas, bisa menyelesaikan masalah bapak ibu opertaor madrasah semuanya.

Semoga artikel kami ini tentang Cara Mengatasi File EZ / CSV Templapte CAPESUN Yang Error dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami INFO MADRASAH berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih. Madrasah

Pencarian Populer di Info Madrasah:

emis capesun 2017
emis sdm capesun
tutorial emis capesun
panduan emis capesun
panduan emis capesun 2017
cara mengerjakan emis capesun
cara mengisi emis capesun
langkah capesun emis
alamat emis capesun
emis capesun
emis capesun 1617
capesun emis madrasah
tutorial pengisian emis capesun
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi File EZ/CSV Templapte CAPESUN Yang Error (E-Manja)"