Tutorial Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah) LENGKAP

Tutorial Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah) LENGKAP - Setiap Sekolah atau Madrasah harus mempunyai legalitas yang terdaftar di Negara. Untuk itu Sekolah atau Madrasah harus melaksanakan yang namanya Akreditasi Sekolah/Madrasah. Agar Sekolah/Madrasah diakui oleh Negara sebagai lembaga yang valid dan legal.    Ada beberapa hal yang perlu dijelaskan mengenai perihal Akreditasi Sekolah/Madrasah. Seperti beberapa poin-poin penting yang telah kami kutip dari  akhmadsudrajat.wordpress.com (05/03/2019) yang dapat kita baca dibawah ini:    1. Apa Akreditasi Sekolah itu?   Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentuksn kelayakan dan kinerja sekolah.    2. Apa Dasar Hukum Akreditasi Sekolah?   Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002.    3. Apa Tujuan Akreditasi Sekolah?   Akreditasi sekolah bertujuan untuk : (a) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan (b) memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah    4. Apa Fungsi Akreditasi Sekolah?   Fungsi akreditasi sekolah adalah : (a) untuk pengetahuan, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah, (b) untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan (c) untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.    Bagi madrasah yang ingin melakukan Akreditasi, harus melalui Badan yang menangani hal tersebut, yaitu BAN-S/M. Apa itu BAN-S/M ? Singkatan dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.    Untuk pengisian Sispena anda dapat melalui link berikut https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login ,  tergantung jenjang yang akan diakreditasi.    Dan untuk Tutorial Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah) LENGKAP-nya, anda bisa mengunduhnya pada tautan di bawah ini:    AMBIL SAYA DISINI    Semoga artikel kami ini tentang Tutorial Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah) LENGKAP dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.    Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.

Tutorial Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah) LENGKAP - Setiap Sekolah atau Madrasah harus mempunyai legalitas yang terdaftar di Negara. Untuk itu Sekolah atau Madrasah harus melaksanakan yang namanya Akreditasi Sekolah/Madrasah. Agar Sekolah/Madrasah diakui oleh Negara sebagai lembaga yang valid dan legal.

Ada beberapa hal yang perlu dijelaskan mengenai perihal Akreditasi Sekolah/Madrasah. Seperti beberapa poin-poin penting yang telah kami kutip dari  akhmadsudrajat.wordpress.com (05/03/2019) yang dapat kita baca dibawah ini:

1. Apa Akreditasi Sekolah itu?


Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentuksn kelayakan dan kinerja sekolah.

2. Apa Dasar Hukum Akreditasi Sekolah?


Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002.

3. Apa Tujuan Akreditasi Sekolah?


Akreditasi sekolah bertujuan untuk : (a) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan (b) memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah

4. Apa Fungsi Akreditasi Sekolah?


Fungsi akreditasi sekolah adalah : (a) untuk pengetahuan, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah, (b) untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan (c) untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.

Bagi madrasah yang ingin melakukan Akreditasi, harus melalui Badan yang menangani hal tersebut, yaitu BAN-S/M. Apa itu BAN-S/M ? Singkatan dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

Untuk pengisian Sispena anda dapat melalui link berikut https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login ,  tergantung jenjang yang akan diakreditasi.

Dan untuk Tutorial Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah) LENGKAP-nya, anda bisa mengunduhnya pada tautan di bawah ini:


Semoga artikel kami ini tentang Tutorial Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah) LENGKAP dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Tutorial Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah) LENGKAP"