Tutorial atau Cara Mengajukan Siswa PIP melalui E-PIP http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pip/

Tutorial atau Cara Mengajukan Siswa PIP melalui E-PIP - Setelah melakukan maintance, EMIS ternyata mengeluarkan fitur baru atau menambahkan link tujuan baru di luar Aplikasi EMIS itu sendiri, apa Fiturnya? Yaitu E-PIP (EMIS PIP). E-PIP sendiri adalah Situs atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengajuan PIP atau Program Indonesia Pintar bagi siswa yang kurang mampu. Sekola/madrasah bisa mengajukan siswanya melalui aplikasi ini. E-PIP ini baru dilaunching hari ini tepat pada tanggal 2 Oktober 2019. Pastinya akan banyak pertanyaan dari para operator madrasah mengenai E-PIP ini.


Ada beberapa fakta singkat mengenai PIP ini yang sudah kami temui, yaitu:

1. Login E-PIP yaitu menggunakan username dan password yang biasa digunakan untuk login EMIS madrasah .
2. Siswa yang ditampilkan adalah siswa yang sudah masuk di EMIS Madrasah (Kemungkinan nanti akan ada siswa yang kurang, karena siswa belum masuk di EMIS Madrasah) Nah, untuk hal itu bisa kita masukkan dulu siswanya ketika EMIS madrasah telah bisa diakses kembali.

Mungkin itu fakta singkatnya mengenai E-PIP ini. Lanjut, kami akan bahas Cara Pengajuan PIP melalui E-PIP. Sebenarnya caranya sangat simple sekali, namun tidak ada salahnya kami membuat tutorial atau cara mengajukan Siswa PIP melalui E-PIP.  

Silahkan baca dengan detail tutorial atau cara mengajukan Siswa PIP melalui E-PIP, berikut ini:

1. Pertama silahkan buka aplikasi EMIS madrasah, disana nantinya ada pengumuman mengenai E-PIP. Atau klik langsung link berikut ini : http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pip/ 

2. Selanjutnya, silahkan lalukan login menggunakan username dan password yang biasa digunakan untuk login EMIS Madrasah.


3. Setelah login berhasil anda akan masuk pada tampilan Dashboard E-PIP (Walaupun tampilannya masih belum sempurna, masih ada Script Web yang rusak)

4. Silahkan anda klik menu "PIP" di sebelah kiri (lihat gambar), lalu klik lagi menu "Pengajuan FUM", nanti anda akan diarahkan ke pilihan Siswa di yang telah terdaftar dalam EMIS Madrasah.


5. Selanjutnya, silahkan Pilih Kelas dan Cari. (Bagi yang tampilannya masih script error, langsung saja klik "Cari", nanti aplikasi akan berubah dengan sendirinya (lihat gambar)


6. Ini langkah pemilihan Siswa PIP, caranya silahkan pilih kelasnya disesuaikan, lalu silahkan klik/centang pada kotak kecil dibagian kiri nama siswa, lalu jika sudah silahkan klik tombol "Ajukan" dibagian bawah. (lihat gambar)


7. Setelah semua Siswa diajukan, Klik menu "Daftar Siswa (FUM)". Langkah selanjutnya yaitu melakukan Edit data Siswa PIP yaitu dengan menambahkan Penghasilan Orang Tua, Nomor KIP, PKH, KKS (Jika siswa Punya), dan Upload SKTM (Bagi siswa Kurang Mampu yang memilki SKTM), untuk menampilkan Edit Data Siswa PIP ini, silahkan klik tombol "View" yang disebalah kanan berwarna biru (lihat gambar)



8. Terakhir, Simpan. (Berharap ini bukan aplikasi percobaan lagi)

Sekian tutorial singkat mengenai tutorial atau cara mengajukan Siswa PIP melalui E-PIP. Silahkan kerjakan dengan teliti. Salam madrasah. Semoga para Opertor madrasah diberikan kesehatan dan diberikan rezeki yang melimpah. Aamiin

Semoga artikel kami ini tentang Tutorial atau Cara Mengajukan Siswa PIP melalui E-PIP dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
1 Komentar untuk "Tutorial atau Cara Mengajukan Siswa PIP melalui E-PIP http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pip/"

apakah siswa yg sudah punya PIP harus diajukan lagi semuanya? atau ini hanya untuk siswa yang punya SKTM saja?