Tentang EMIS FEEDER

Tentang EMIS FEEDER - Siapa yang tak kenal dengan aplikasi Madrasah yang satu ini, berbagai update telah di lakukan, dari mulai zamannya Emis Desktop sampai sekarang EMIS Online. Dari berbagai perubahan, Emis ini memiliki segudang suka dan duka, namun kebanyakan dukanya siyh. Contoh dukanya adalah Emis Online ini, banyak sekali masalah yang dialami oleh para operator madrasah, yang membuat para operator madrasah menjadi kalap dan bingung. Tapi mudah-mudahan Emis ini akan lebih baik lagi.

Tentang EMIS FEEDER

Beberapa hari ini, ada kabar baru lagi mengenai EMIS ini. Apakah itu? Mungkin beberapa operator sudah mendengarnya, bahakan admin Info Madrasah juga sebenarnya sudah memberitahukan hal ini jauh-jauh hari. Yaitu adanya Aplikasi Emis Offline yang nantinya di sinkronisasi dengan Emis Online. Apa nama dari Aplikasi ini ? Namanya adalah EMIS FEEDER. Keluarlah beberapa pertanyaan mengenai EMIS FEEDER ini. Kita Ringkas saja beberapa pertanyaan ini, sesuai yang kami temukan dari berbagai Share, di Facebook maupun di Whatsapp. Berikut penjelasannya.

1. Apakah EMIS Feeder?

EMIS Feeder adalah aplikasi berbasis komputer lokal yang dapat disinkronisasi dengan Server Pendataan di Pusat.

Tujuannya adalah mempermudah akses lembaga dalam pendataan EMIS. Dengan sistem pendataan melalui Feeder ini, maka update data EMIS semakin lebih cepat, karena model pendataan ini dilakukan melalui mekanisme pendataan secara offline tanpa bergantung selalu akses internet, akses internet hanya diperlukan diawal dan di akhir pendataan dalam rangka pengambilan dan pengiriman data ke server pusat.

2. EMIS Feeder digunakan untuk Lembaga apa?

Untuk tahap pertama EMIS Feeder yang disediakan adalah EMIS Feeder Madrasah.


3. Dimana kita mendapatkan aplikasi Feeder?

Aplikasi feeder dapat di download melalui website EMIS Dashboard (http://emispendis.kemenag.go.id) pada menu Unduhan. (Saat ini aplikasi feeder belum aktif digunakan, dikarenakan sedang proses ujicoba. Aplikasi direncanakan akan dioperasikan Semester Genap 2019/2020).

4. Bagaimana Cara Kerja aplikasi Feeder (Madrasah)?

Aplikasi feeder merupakan aplikasi berbasis web komputer lokal, dengan cara download dari EMIS Dashboard (http://emispendis.kemenag.go.id). file dalam bentuk ZIP, perlu diekstrak. hasilnya file exe bisa langsung dijalankan. Untuk pertama kali perlu koneksi internet untuk login ke server emis pusat dan menarik data awal profil lembaga dilanjutkan menarik data siswa, guru, tendik dan sarpras. setelah mendapatkan data tersebut, koneksi bisa diputuskan selanjutnya bekerja (update) untuk data-data lembaga, siswa, guru, tendik dan sarpras yang dilakukan secara offline. Jika sudah selesai seluruhnya, maka data tersebut dikirim ke server pusat melalui mekanisme sinkronisasi.

Sumber: Noname

Dilihat dari penjelasan di atas, bisa dikatakan EMIS FEEDER ini nantinya akan seperti EMIS Desktop seperti dulu, pengerjaannya berbasis offline, namun ketika selesai pendataan, kita harus melakukan sinkronisasi dengan EMIS Online.

Semoga dengan adanya EMIS FEEDER, bisa lebih baik lagi dan memudahkan pekerjaan Operator Madrasah seluruh Indonesia. Aamiin 

Semoga artikel kami ini tentang EMIS FEEDER dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Tentang EMIS FEEDER"