Apakah yang dimaksud Aplikasi Feeder EMIS?

A. DASHBOARD 


1. Apakah Yang dimaksud EMIS Dashboard? 


EMIS Dashboard adalah Informasi Data Pokok Pendidikan Islam, terdiri atas Data Madrasah, Data PTKI, Data Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan Data PAI. Dashboard berisikan data pada semester yang sudah dan yang sedang berjalan. Pada semester berjalan dapat dimonitor pergerakan pendataan yang disajikan pada halaman depan bagian bawah dan pada menu utama Data Progres. 

Apakah yang dimaksud Aplikasi Feeder EMIS?

2. Apa saja yang ada di EMIS Dashboard? 


Data rekap
Berisi Data Rekapitulasi Seluruh jenjang. 

Data Statistik
Data statistik berisi data rekap per-semester secara berjenjang dari tingkat provinsi sampai level lembaga, terdiri atas data Lembaga, Data Siswa, Data Guru, Data Tendik dan Data Sarpras. 

Data Progress
Data Progres adalah penyajian data EMIS pada semester aktif atau pendataan yang berjalan. Melalui halaman ini bisa dilakukan montoring pendataan berdasarkan Provinsi, Kabupaten sampai dengan Kecamatan, pada tabel level kecamatan dapat dilihat progres updating lembaga yang ditandai warna merah jika belum melakukan update 

Cari Data
Cari Data berfungsi untuk mencari data dari unsur Lembaga, Guru dan Siswa. 

Unduhan
Berisi Konten Data Unduhan, yaitu aplikasi feeder, daftar dari dasar hukum pengelolaan data, prosedur pendataan EMIS, Publikasi EMIS. 

3. Sumber Data Dashboard 



Data yang disajikan dalam EMIS Dashboard tersimpan dalam server database khusus dashboard dimana data ditarik dari database Aplikasi Pendataan EMIS secara sistem. Untuk Data Progres dalam dashboard ditarik otomatis setiap 24 jam/sekali.

B. FAQ EMIS FEEDER 


1. Apakah EMIS Feeder?


EMIS Feeder adalah aplikasi berbasis komputer lokal yang dapat disinkronisasi dengan Server Pendataan di Pusat.

Tujuannya adalah mempermudah akses lembaga dalam pendataan EMIS. Dengan sistem pendataan melalui Feeder ini, maka update data EMIS semakin lebih cepat, karena model pendataan ini dilakukan melalui mekanisme pendataan secara offline tanpa bergantung selalu akses internet, akses internet hanya diperlukan diawal dan di akhir pendataan dalam rangka pengambilan dan pengiriman data ke server pusat. 

2. EMIS Feeder digunakan untuk Lembaga apa?


Untuk tahap pertama EMIS Feeder yang disediakan adalah EMIS Feeder Madrasah. 

3. Dimana kita mendapatkan aplikasi Feeder?


Aplikasi feeder dapat di download melalui website EMIS Dashboard (http://emispendis.kemenag.go.id) pada menu Unduhan. (Saat ini aplikasi feeder belum aktif digunakan, dikarenakan sedang proses ujicoba. Aplikasi direncanakan akan dioperasikan Semester Genap 2019/2020). 

4. Bagaimana Cara Kerja aplikasi Feeder (Madrasah)?


Aplikasi feeder merupakan aplikasi berbasis web komputer lokal, dengan cara download dari EMIS Dashboard (http://emispendis.kemenag.go.id). file dalam bentuk ZIP, perlu diekstrak. hasilnya file exe bisa langsung dijalankan. Untuk pertama kali perlu koneksi internet untuk login ke server emis pusat dan menarik data awal profil lembaga dilanjutkan menarik data siswa, guru, tendik dan sarpras. setelah mendapatkan data tersebut, koneksi bisa diputuskan selanjutnya bekerja (update) untuk data-data lembaga, siswa, guru, tendik dan sarpras yang dilakukan secara offline. Jika sudah selesai seluruhnya, maka data tersebut dikirim ke server pusat melalui mekanisme sinkronisasi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter