Keempat, Penggunaan Proktor ARD/Sikurma dengan Menggunakan Browser yang ada di Komputer

Setelah setting semua selesai, lanjut pada cara menggunakan ARD. Kita disini menggunakan Laptop sebagai server yah. Jadi nantinya kita akan membuka ARD dibrowser yang ada pada Komputer atau Laptop kita yang digunakan.

Penggunaan Proktor ARD/Sikurma dengan Menggunakan Browser yang ada di Komputer, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, seperti biasa kami anjurkan untuk lihat pada gambar yang kami sertakan pada setiap langkahnya, agar tidak terjadi kesalahan ketika mengoperasikan ARD.

Yuk, langsung simak saja beberapa langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Buka aplikasi Oracle VM VirtualBox yang ada di desktop, setelah muncul klik Mulai

2. Tunggu sampai ada tampilan di bawah ini, dan muncul kalimat ARD Login, setelah itu klik Minimize

3. Buka browser yang akan digunakan untuk membuka aplikasi ARD/Sikurma

4. Ketikan alamat 192.168.0.102 di browser yang akan Anda gunakan. Maka akan muncul tampilan berikut, kemudian pilih Madrasah Ibtidaiyah (misal),  pilih sesuai jenjang.

5. Masukan User + Pasword yang sudah didaftarkan/dari kemenag

6. Setelah masuk akan muncul kalimat Pengumuman

7. Klik OK, kemudian klik menu Sinkron Data

8. Urutan Sinkron Data, sebagai berikut:

  • Update Aplikasi
  • Ubah Tipe Field
  • Sinkronkan data dari nomor 1-10

9. Setelah beres Sinkron Data, maka isi menu lainnya sampai dengan selesai. Konfigurasi, Mata Pelajaran, Muatan Lokal, Data Guru, dan Data Siswa.

Tutorial keempat ini adalah untuk Proktor atau Operator yang membuat dan menjaga server ARD. Tugasnya yaitu mengisi semua data isian secara lengkap, dan nantinya dapat diakses oleh guru di akun ARD-nya masing-masing. 

Next, langkah terakhir, cara bagaimana guru login ke Akun ARD-nya masing-masing atau Setting IP Addres untuk Pengguna Guest/Guru.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter