aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Juknis BOP RA dan BOS Madrasah Tahun 2021

Info-madrasah.com - Tahun 2020 sebentar lagi akan segera berakhir, maka muncullah tahun 2021. Dalam Pembahasan kali ini, ada Juknis yang ingin kami bagikan, sebagai Acuan yang harus dipahami dan dipedomai, yaitu Juknis BOP RA dan BOS Madrasah Tahun 2021.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Pengelolaan BOP RA dan BOS Madrasah Tahun Anggaran 2021.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam mengeuarkan Keputusan Nomor 6572 TAHUN 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan pada Raodlatul Athfal dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Tahun Anggaran 2021.

Diterbitkannya Juknis BOP RA dan BOS Madrasah Tahun 2021, untuk menimbang:

  • bahwa untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan Madrasah, perlu mengalokasikan Bantuan Operasional Pendidikan pada Raudlatul Athfal dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah;
  • bahwa untuk meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas pengelolaan Bantuan Operasional sebagaimana dimaksud dalam huruf a, perlu menetapkan Petunjuk Teknis;
  • bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan pada Raudlatul Athfal dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Tahun Anggaran 2021; 

Kesimpulan Singkat Juknis BOP RA dan BOS Madrasah Tahun 2021

Bantuan Operasional Pendidikan Raudlatul Athfal (selanjutnya disebut BOP) dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah  Aliyah  dan Madrasah  Aliyah  Kejuruan  (selanjutnya  disebut  BOS) mempunyai kontribusi penting terhadap peningkatan akses pendidikan di Indonesia. Hal ini ditandai dengan menurunnya jumlah anak putus sekolah dan meningkatnya jumlah anak kembali ke bangku sekolah/madrasah. Dalam konteks madrasah, program BOP dan BOS juga dinilai berhasil meningkatkan capaian Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) dalam tiga tahun terakhir. APK Madrasah pada tahun 2018 secara umum melampaui angka yang ditetapkan dalam Rencana Strategis Pendidikan Islam Tahun 20015-

2019. Capaian dan kontribusi terhadap APK Nasional (angka dalam kurung) Madrasah pada tahun 2018 berturut-turut adalah: MI 13,10% (12,07%), MTs 23,89% (26,47%), MA 10,40% (12,55%).

Namun demikian, alokasi anggaran BOP dan BOS yang meningkat dari tahun ke tahun  sejak  tahun  2005 secara umum belum  mampu  meningkatkan  mutu pendidikan nasional secara signifikan, termasuk di madrasah. Hal ini setidaknya dapat diukur melalui hasil penilaian internasional, seperti PISA di mana pada tahun 2018 Indonesia masih menduduki urutan 74 dari 79 negara. Kesenjangan hasil belajar siswa juga masih terjadi di madrasah swasta dan negeri. Data hasil UN misalnya menunjukkan rata-rata UN MA negeri adalah 46 seda MA swasta adalah 34, dan rata-rata UN MTs negeri adalah 50 sedangkan untuk MTs swasta adalah 47. 

Oleh karena itu, Kementerian Agama melakukan perubahan tujuan, pendekatan dan orientasi program BOP dan BOS yang tidak hanya berorientasi pada perluasan akses, melainkan juga peningkatan mutu pembelajaran di madrasah. Dalam konteks ini, BOP dan BOS diharapkan dapat menjadi salah satu input penting untuk pemenuhan SNP dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran siswa. Di samping itu, RA dan Madrasah diberikan fleksibilitas dan kewenangan yang lebih besar untuk menggunakan dana BOP dan BOS sesuai dengan kebutuhannya berdasarkan rambu-rambu yang digariskan dalam Petunjuk Teknis ini.

BOP dan BOS bertujuan untuk:

  • membantu  biaya  operasional  pendidikan  pada  RA  dan  Madrasah  dalam rangka peningkatan aksesibilitas siswa;
  • membantu  biaya  operasional  pendidikan  pada  RA  dan  Madrasah  dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan pemenuhan SNP yang menjadi tanggung jawab satuan pendidikan;
  • mendukung biaya operasional pendidikan pada RA dan Madrasah dalam rangka peningkatan efektivitas pembelajaran jarak jauh dan/atau pembelajaran digital di masa Adaptasi Kenormalan Baru COVID-19;
  • mendukung biaya operasional pendidikan pada RA dan Madrasah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan RA dan Madrasah.

Ruang Lingkup Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan pada Raudlatul Athfal dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Tahun Anggaran 2021 meliputi Pengelolaan Dana Bantuan, Pemanfaatan dan Penggunaan Dana Bantuan, Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa, Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan, Monitoring, Pengawasan dan Sanksi, serta Layanan dan Penanganan atas Pengaduan Masyarakat.

Besaran alokasi dana BOP dan BOS yang diberikan kepada RA dan Madrasah dihitung berdasarkan besaran satuan biaya dikalikan jumlah Peserta Didik (Indeks Jumlah Peserta Didik).

Satuan Biaya BOP dan BOS adalah sebagai berikut:

  1. RA sebesar Rp 600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) per 1 (satu) peserta didik setiap 1 (satu) tahun;
  2. MI sebesar Rp 900.000,00 (sembilan ratus ribu rupiah rupiah) per 1 (satu) peserta didik setiap 1 (satu) tahun;
  3. MTs sebesar Rp 1.100.000,00 (satu juta seratus ribu rupiah) peserta didik setiap 1 (satu) tahun;
  4. MA dan MAK sebesar Rp. 1.500.000,00 (satu juta lima ratus) per 1 (satu) tahun;

Download Juknis BOP RA dan BOS Madrasah Tahun 2021

Untuk lengkapnya, anda bisa mengunduh File Juknis BOP RA dan BOS Madrasah Tahun 2021 yang telah kami sediakan.


Jika artikel kami ini bermanfaat bagi orang banyak, jangan lupa untuk Bagikan ke grup madrasah anda masing-masing. Terima Kasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar