Middle Ad (Post Only)

Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS Madrasah Tanpa Harus Menghubungi Admin Kabupaten

Tempat lahir siswa merupakan hal yang penting dalam biodata Emis Madrasah. Untuk itu kita harus detail sekali dalam mengentri data peserta didik di Emis Madrasah. Kita sebagai manusia tentunya tidak luput dari kesalahan. Terkadang data peserta didik di Emis ada yang salah entri, salah satunya yaitu tempat lahir.

Untuk mengedit tempat lahir peserta didik di Emis sebetulnya mudah sekali, tanpa harus datang ke Admin Kabupaten atau Kota. Ko bisa? Padahal sekarang untuk edit tempat lahir peserta didik itu diprotek oleh Emis Madrasah. Nah, disini kami mempunyai Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS Madrasah Tanpa Harus Menghubungi Admin Kabupaten. PAra operator madrasah bisa melakukan editing seperti halnya mengubah NISN, NIS Lokal, Tanggal Lahir, dan sebagainya.

Namun, dalam proses editing ini kita melakukannya dengan manual, bukan menggunakan template excel seperti biasanya, ada trik khusus yang harus dilakukan langkah demi langkah.

Mungkin sebagian operator madrasah berfikir, jika mengedit tempat lahir siswa yang diprotek saat ini, harus menghubungi admin kabupaten atau kota. Well, itu juga salah satu carany, tapi itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Disini kami akan kupas cara sederhananya untuk kalian semua.

Berikut Cara Mengubah Tempat Lahir Siswa di EMIS Madrasah :

1. Login di EMIS dan Cari Siswa yang Akan di Edit

Langkah yang pertama, silahakn lakukan login Emis madrasah seperti biasa, gunakan username/email dan password yang benar.

Setelah berhasil login, buka menu Kesiswaan lalu klik submenu Siswa Aktif. Pilihlah salah satu siswa yang akan diedit tempat lahirnya.

Sebagai contoh, kami akan rubah tempat lahir salah satu siswa di Emis Madrasah, yang semula JAYAPURA Menjadi TASIKMALAYA.

Silahan klik menu Aksi, kemudian klik Ubah Profil Siswa, maka anda akan diarahkan ke form perbaikan profil siswa.

2. Edit Tempat Lahir Siswa sesuai Data Seharusnya

Nah, langkah kedua ini harus anda perhatikan dengan benar dan teliti, karena kami akan membahas triknya disini.

Setelah masuk ke Form perbaikan profil siswa, bisa dilihat bahwa tempat lahir siswa dalam keadaan diprotek dan tidak bisa diedit sama sekali. Baik kami akan bahas dengan singkat dan jelas.

Usahakan dalam melakukan editing tempat lahir siswa ini, anda harus menggunakan browser Google Chrome, jangan browser lain.

Langkahnya, Klik kanan pada Chrome >> lalu pilih Inspect/Inspeksi >> Maka akan muncul tampilan kode-kode dari Halaman Profil Siswa Emis Madrasah. Disini anda tidak perlu bingung dengan melihat kode-kode disana.

Anda cukup mencari Tempat Lahir Siswa yang akan diedit (Lihat Gambar). Jika sudah ditemukan Tempat lahir yang akan diedit, silahkan Blok Nama Kotanya saja atau double klik, jangan dengan tanda petiknya.

Lalu ubah dari Tempat Lahirnya menjadi data yang benar dan sesuai. Jika sudah diubah, maka silahkan tekan ENTER pada keyboard. 

Maka Secara otomatis, nanti tempat lahir siswa yang diprotek akan berubah dengan data yang sesuai atau benar.

3. Simpan Hasil Edit Tempat Lahir

Langkah terakhir, Setelah melakukan langkah-langkah diatas, Selanjutnya kita melakukan penyimpanan data, agar tempat lahir siswa yang diedit bisa tersimpan secara permanen di Emis Madrasah.

Silahkan klik pada tombol Simpan. Hingga muncul Berhasil Tersimpan.

Untuk membuktikan apakah tempat lahir siswa bisa tersimpan dengan permanen, anda bisa melihatnya kembali di submenu Siswa Aktif. Kami akan perlihatkan data siswa yang telah dirubah tempat lahirnya. Kini sudah menjadi Permanen.

4. Vidio Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS Madrasah Tanpa Harus Menghubungi Admin Kabupaten

Untuk mempermudah anda dalam memahami setiap langkahnya, kami menyertakan vidionya dibawah ini:

Bagaimana mudah, bukan? Mungkin beberapa Operator Madrasah ada ang belum mengetahui trik ini, untuk mohon Bagikan postingan kami ini ke Facebook, WA, atau medsos lainnya.

Semoga artikel kami tentang Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS Madrasah Tanpa Harus Menghubungi Admin Kabupaten bisa memberkan manfaat dan wawasan anda semuanya.

Jika dirasa postingan kami ini bermanfaat, silahkan untuk Share ke medsos atau grup WA madrasah. Agar bisa memberikan solusi bagi para operator madrasah di luar sana.

Salam Info Madrasah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter