Cara Mengcopy Data NISN di Verval Pd Yang Benar Ke Excel

Cara Mengcopy Data NISN di Verval Pd Yang Benar Ke Excel

Dalam pembahasan postingan kali ini masih mengenai verval pd. Walau kami tahu bahwasannya verval pd masih banyak mengalami masalah-masalah seperti NISN dipakai oleh lebih dari 1 orang, NIK dipakai oleh lebih dari 1 orang, Terdaftar lebih dari satu Rombel/Sekolah, The file could not be written to disk, Siswa Emis tidak Masuk ke Verval Pd, NIK yang masih Kosong di Verval Pd , hingga NISN yang masih Kosong di Verval Pd. Namun, diluar sana pasti sudah ada beberapa madrasah yang sudah lengkap siswanya di verval pd. Jika dirasa sudah lengkap dan sudah benar semua datanya, silahkan untuk langsung menyimpannya di komputer/laptop bapak ibu sebagai arsip nantinya. 

Bagi madrasah yang ingin mengcopy data NISN di verval pd, tidak bisa mengcopy dengan begitu saja, ada beberapa langkah, agar Data NISN peserta didik yang kita copy tidak acak-acakkan. Kami akan mejelasakan Cara Mengcopy Data NISN di Verval Pd Yang Benar. Menurut pengalaman kami ketika mengcopy atau mengunduh data NISN di verval pd, banyak sekali data peserta didik yang acak-acakkan, seperti yang terjadi pada nomor NIK dan nomor NISN. Jika melakukan copy atau unduh yang benar, maka nanti hasil yang dipaste akan berubah.

Untuk itu disini kami akan berbagi pengalaman dengan bapak ibu operator madrasah semuanya, mengenai Cara Mengcopy Data NISN di Verval Pd Yang Benar. Langkahnya sangan mudah dan pasti dapat bapak ibu lakukan sendiri, karena tutorial ini kami sertakan dengan gambar dan vidionya.

Saran Mengcopy/Mengunduh Data NISN di Verval Pd

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa dalam mengcopy/mengunduh data NISN di verval pd tidak boleh seenaknya. Karena akan berimbas pada data yang kita paste nantinya.

Saran kami, jika bapak ibu operator madrasah yang terhormat ingin Mengcopy/Mengunduh Data NISN di Verval Pd, maka lakukanlah dengan meng-COPY bukan dengan Tombol Excel. Karena seteah kami coba dengan cara unduh file excel, hasilnya NIK yang telah diunduh menjadi berbeda. Jadi silahkan klik tombol COPY saja.

Langkah Mengcopy Data NISN di Verval Pd Yang Benar

Selanjutnya, jika ingin mengikuti saran kami dengan cara COPY, maka disini kami akan bagikan caranya yang benar.

Pertama, silahkan login ke akun Verval Pd madrasah masing-masing. 

Kedua, Setelah login >> klik pada menu Peserta Didik

Ketiga, Agar data peserta didik yang kita copy berurutan sesuai alfabetis dan kelas, maka kita harus mengatur hal-hal berikut ini:

- Atur urutan Nama sesuai Alfabetis >> Klik pada Kolom Nama (yang ada panah atas bawah) >> Maka nanti akan berurutan dengan otomatis.

- Atur urutan Kelas dari yang terkecil hingga terbesar >> Klik pada Kolom Tingkat (yang ada panah atas bawah)  >> Maka nanti akan berurutan dengan otomatis.

- Set Entries-nya menjadi All >> Agar semua peserta didik tecopy semuanya.

Terakhir, klik pada icon COPY >>  Sampai keluar tulisan "Copy to clipboard"

Langkah Mem-Paste Data NISN di Verval Pd Ke Excel

Setelah berhasil mengcopy data NISN di verval pd dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka langkah selanjtunya yaitu mem-Paste ke Excel. Berikut caranya:

Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Excel yang terinstal di Komputer/Laptop

Kedua, buat file baru

Ketiga, disini kita mulai mem-Paste, namun harus mengikut langkah-langkah berikut terlebih dahulu:

- Silahkan lakukan Select All >> dengan shortcut CTRL+A

- Setelah terblok semuanya, ubah Format Cells-nya menjadi >> Text (WAJIB, agar data yang dipaste tidak berubah)

Keempat, Lakukan Paste >> Klik Kanan >> Pilih Paste (yang ada logo icon A atau 123)

Terakhir, Silahkan rapihkan data NISN yang telah di paste (bisa lihat vidionya di bawah)

Vidio Cara Mengcopy Data NISN di Verval Pd Yang Benar Ke Excel

Untuk tutorial ini kami sertakan vidionya, agar mudah dipahami, silahkan simak. Bisa disini atau di Channel Youtube kami Info Madrasah.

Sekian dulu dari kami tentang Cara Mengcopy Data NISN di Verval Pd Yang Benar Ke Excel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para operator madrasah semuanya.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, maka kami sarankan untuk Share ke medsos bapak ibu semuanya, baik itu Facebook maunpun Grup WA Madrasah lainnya. Terima Kasih.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter