Agenda Pendataan Madrasah Di Tahun Ajaran Baru

Agenda Pendataan Madrasah Di Tahun Ajaran Baru

Agenda Pendataan Madrasah Di Tahun Ajaran Baru - Libur pajang telah usai, kini waktunya Kegiatan Beajar Mengajar dimuali. Banyak sekali yang harus di siapkan setiap tahun ajaran baru, baik itu administrasi madrasah hingga Pendataan Online madrasah. Yang akan kita bahas yaitu Agenda Pendataan Madrasah.
Kadang operator madrasah lupa apa saja harus di update dara pada tahun ajaran baru. Pada dasaranya dalam Madrasah ada 2 aplikasi yang harus kita kerjakan untuk peng-updatetan data yaitu EMIS dan SIPATIKA. Nah, kedua aplikasi itulah yang biasa kita gunakan dalam peng-updatetan data setiap tahunnya dan setiap semesternya.
Kami akan jelaskan secara singkat saja cara pengerjaannya dan langkah-langkahnya. Walaupun kami yakin para operator madrasah sudah tahu semua, tapi kadang juga ada operator madrasah yang kesulitan. Untuk itu kami akan jeaskan secara singkat tahap-tahapnya dari ke dua aplikasi pendataan madrasah tersbut.
Emis adalah singkatan dari Pendis Education Management Information System, yang merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh kementerian agama untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam.

Dengan adanya sistem yang dikembangkan tersebut, sekolah atau madrasah yang berada di bawah naungan kementerian agama menjadi lebih mudah di dalam melaporkan perkembangan sekolahnya.

Selama ini, sistem yang lama cukup merepotkan khususnya untuk mengetahui perkembangan terakhir dan data terkini yang di madrasah-madrasah di seluruh indonesia. Dengan adanya sistem tersebut diharapkan akan lebih memudahkan di dalam menemukan data yang valid tentang madrasah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi di Indonesia.
Biasanya pendataan EMIS melewati beberapa langkah, diantaranya:
  1. Pengisian Form Excel Emis. Form excel Emis ini tertidi dari 4 file excel yaitu Lembaga, Siswa, PTK, dan Lulusan. (Untuk Form excel biasanya setiap tahun ajaran baru akan ada penambahan sheet, tapi entah tahun sekarang)
  2. Pengisian data pada Aplikasi Desktop EMIS. Dalam pengerjaannya kita diharuskan mengisi kolom kolom yang ada pada aplikasi desktop Emis. Selanjutnya kita diharuskan mengupload semua form excel yang telah diisi kedalam aplikasi desktop emis, setelah selesai maka kita diharuskan untuk memback up-nya sebagai file yang akan kita nanti upload secara online.
  3. Upload EMIS Online. Upload emis online biasa disesuaikan dengan jadwal setiap kabupaten yang telah dirilis oleh EMIS Pusat, adanya jadwal ini untuk mengantisipasi server meledak. Yang kita upload pada emis online ini yaitu hasil back up dari aplikasi desktop Emis yang telah kita kerjakan sebelumnya.
Nah itu lah langkah singkatnya dalam pengerjaan EMIS.

2. Simpatika 
Siapa operator madrasah yang tidak mengenal Nama Simpatika ini, pasti semuanya sudah sering mendengar bukan, kalau ada operator madrasah yang tidak tahu, itu sungguh terlalu.

SIMPATIKA merupakan lanjutan dari Layanan PADAMU NEGERI yang disesuaikan khusus untuk kebutuhan Kemenag. Beberapa prosedur di SIMPATIKA masih sama dengan di PADAMU NGERI. 
Pengerjaan Simpatika memang sedikit agak rumit, karena fitur-fiturnya banyak sekali, tetapi jika kita sudah sering mengerjakannya makan akan mudah walaupun Simpatika selalu memperbaharui fiturnya dan terkadang juga servernya down. Nah bagaimana langkah-langkah singkatnya? apa yang harus dikerjakan?

Sebenarnya Simpatika ini adalah aplikasi untuk Pribadi dan untuk Madrasah. Kita bagi dua saja untuk penjelasannya:
Untuk Pribadi

Simpatika untuk pribadi maksudnya adalah Simpatika yang harus dikerjakan oleh masing-masing guru madrasah (walau kenyatannya operator juga yang mengerjakan, tanpa imbalan sama sekali), apa saja yang harus dilakukan oleh guru madrasah pada simpatika:
  • Pengaktifan dirinya sendiri pada aplikasi Simpatika setipa Tahun dan Semesternya. Lalu cetak kartu PTK Simpatika
  • Pembaharuan data pada simpatika, jika ada kesalahan pada informasi data. Seperti riwayat mengajar, informasi pribadi, dan data lain-lainya.
  • Pembaharuan data sertifikasi, ini khusus untuk guru yang telah sertifikasi yah. Biasanya ada beberapa fitur yang harus dikerjakan oleh guru yang sertifikasi, salah satunya cetak SKBK online walaupun sebenarnya banyak harus dikerjakan oleh si guru yang bersangkutan.
Untuk Madrasah

Simpatika untuk madrasah ini biasanya dikerjakan oleh Operator Madrasah. Ada beberapa fitur yang harus dikerjakan oleh operator madrasah sebagai pembaharuan setiap tahun dan semesternya. Diantaranya:
  • Pembaharuan data atau informasi madrasah, jika ada pembaharuan pada madrasah yang bersangkutan.
  • Mengentri siswa baru pada fitur siswa pada setiap tahunnya. Misanya siswa baru pada tahun ajaran baru. Selain mengentri, kita juga harus mengelempokkan siswa pada kelas yang telah dibuat pada sistem aplikasi Simpatika sebelumnya.
  • Pengisian jadwal mingguan yang ada pada fitur jadwal, ini merupakan salah satu fitur yang sangat wajib diisi karena pengisian jadwal akan berimbas pada keaktifan seluruh PTK yang ada pada madrasah yang bersangkutan.
Itu hanya ssebagian kecil dari langkah-langkah Pendataan madrasah yang harus dikerjakan setiap tahun ajaran baru. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di koom komentar.

Semoga artikel kami ini tentang Agenda Pendataan Madrasah Di Tahun Ajaran Baru dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.

Baca juga :
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Agenda Pendataan Madrasah Di Tahun Ajaran Baru"