Kenapa SKAKPT (S36) Tidak Bisa Dicetak?

Kenapa SKAKPT (S36) Tidak Bisa Dicetak?

SKAKPT atau S36 merupakan salah satu fitur terbaru yang beberapa bulan lalu dirilis oleh pihak SIMPATIKA.

Lantas apa Kepanjangan dari SKAKPT atau S36 itu? SKAKPT (S36) adalah Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan. Surat ini berfungsi sebagai tanda bukti atas pencairan dana TPG setiap bulannya bagi guru yang telah memiliki Sertifikat atau Sertifikasi.

Kita kembali lagi ke Judul "Kenapa SKAKPT (S36) Tidak Bisa Dicetak?"


Ada beberapa Operator Madrasah atau PTK yang mengeluh, bahwa SKAKPT atau S36 mereka tidak bisa dicetak atau bertanda Cakra Merah dan ada keterangannya. Mungkin ini membuat para PTK akan panik, apalagi guru yang telah Sertifikasi. Sebab ini berhubungan dengan proses pencairan dana TPG bagi guru-guru Sertifikasi.

Tenang!!! Jangan risau apalagi galau. Jika beberapa dari kalian ada yang mengalami hal seperti itu, ada baiknya kalian mengecek lagi beberapa hal. Apa saja? Yuk kita bahas satu satu.

Beberapa Hal yang membuat SKAKPT atau S36 tidak bisa dicetak/print atau Bertanda Cakra Merah:

1. PTK Harus Sudah S1.

Kita semua tahu bahwa syarat menjadi Guru Sertifikasi adalah berpendidikan minimal S1 atau Sarjana. Nah, biasanya hal ini selalu kita lupakan. Ada guru yang sudah sertifikasi, tapi belum S1. Otomatis S36 tidak akan bisa dicetak. Atau bisa jadi Operator Madrasah, belum merubah riwayat pendidikan dari PTK yang bersangkutan.

Cara untuk merubah Riwayat Pendidikan PTK, silahkan login saja seperti biasa menggunakan NUPTK + Passwordnya, lalu masuk ke menu Riwayat Pendidikan, Tambahkan riwayat pendidikan yang baru, setelah ini Save, dan Jadikan Permanen, Cetak S12, dan Serahkan ke Admin Kab/Kota. Beres.

2. SKBK/SKMT Online

Syarat kedua agar SKAKPT/S36 bisa dicetak/print yaitu PTK telah menyelesaikan Tahap Administrasi SKBK dan SKMT Online yang ada pada fitur SIMAPTIKA. Silahkan selesaikan tahap tersebut langkah demi langkah.
Baca: Fitur (TERBARU) SIMPATIKA Ajuan SKBK dan SKMT Di Tahun 2015/2016

3. Pengisian Informasi SKAKPT/S36 (Upload Rekening dan NPWP)

Ingat bukan keteika Fitur SKAKPT pertama kali muncul? Kita diwajibkan mengisi beberapa informasi seperti Biodata Nomor rekeneing Bank berikut upload scan buku rekening, serta Biodata NPWP berikut upload scan kartu NPWP. Nah, ini juga harus kita cross check, mungkin saja ada kesalahan pada saat kita mengisi fitur tersebut.
Baca: 2 Hal Penting Sebelum Cetak SKAKPT atau S36b Pada Simpatika !!!

4. Cetak Absen/S35 Pada Simpatika

Fitur selanjutnya yang kita cross chek yaitu Absensi Guru atau S35. Ini juga jangan sampai kita tinggalkan. Coba untuk cetak Absensi Guru atau S35 setiap bulannya. Isi Absensi guru sesuai dengan kenyataan di lapangan. 
Baca: Cara Mengisi Absensi Guru Pada Simpatika TERBARU !!!

5. Sistem SIMPATIKA atau Sever Simpatika Bekerja

Maksud dari Sistem atau Sever Simpatika Bekerja adalah biarkan sistem atau server SIMPATIKA bekerja, karena sistem atau server juga perlu waktu untuk membaca "Apakah PTK ini Layak atau Tidak Layak", biasanya jika SKBK dan SKMT telah disetujui, maka yang tadinya SKAKPT/S36-nya Cakra Merah akan berubah menjadi Ceklis Hijau.

So, biarkan sistem atau sever membaca.

6. Jangan Telat Print SKAKPT/S36

PTK untuk bisa mencetak SKAKPT/S36 diberikan waktu hanya satu hari saja yaitu tanggal 1 setiap bulannya. Untuk itu setiap PTK tidak boleh lengah atau sampai lupa untuk mencetak SKAKPT/S36. Jika sampai ketinggalan, maka kita harus menunggu bulan selanjutnya.

7. Gaji Operator Madrasah

Jangan pernah menganggap Remeh para Operator Madrasah. Mungkin mereka terlihat leha-leha dalam bekerja, tapi sebenarnya mereka adalah aset penting di Madrasah. Mereka adalah Pahlawan Data Madrasah. Untuk itu, sesuaikan Gaji Para Operator Madrasah dengan Pekerjaannya yang Berat.

Semangat Terus untuk Operator Madrasah di seluruh Indonesia.

Semoga artikel kami ini tentang Kenapa SKAKPT (S36) Tidak Bisa Dicetak? dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kenapa SKAKPT (S36) Tidak Bisa Dicetak?"