aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Aplikasi SIBOS PINTAR

Aplikasi SIBOS PINTAR, bos, info madrasah, sibos pintar, aplikasi madrasah

Aplikasi SIBOS PINTAR - Memang sebuah aplikasi itu sangat penting sekali untuk memproses data dari sebuah sekolah atau madrasah, agar bisa ter-manage dengan baik dan tepat. Tapi bagaimana jika para diberikan Aplikasi Madrasah yang begitu banyak sekali, bisa jadi nanti jadi cerita dongen yang berjudul "1001 APLIKASI". Dengan banyaknya Aplikasi seperti ini, membuat para Operator Madrasah mengalami Stres yang amat dalam, belum juga Aplikasi Madrasah lainnya yang masih mengalami beberapa masalah dalam pengerjaannya. Kini Kemenag sudah mengeluarkan Aplikasi baru lagi. Seharusnya, jika Banyak pekerjaan bagi para Operator Madrasah, maka pihak kemenag harus memberikan Tunjangan Khusus bagi para Operator Madrasah, seperti halnya Sertifikasi Guru. SETUJU ????

Kemanag baru tahun kemarin mengeluarkan Aplikasi EMIS yang berbasis online, itu juga masih belum sepenuhnya Full Support, masih ada berbagai kendala dalam Aplikasi EMIS Online tersebut. Namun, pada tanggal 5 September 2018, pihak Dirjen Pendis telah mengeluarkan Surat Edaran yang bernomor 1309/Dj.i.i/Dt.I.I.4/HM.01/09/2018, mengenai hal : Pemutakhiran Data Peserta Didik Madrasah melalui Aplikasi SIBOS PINTAR. Wow.... mengejutkan sekali, karena nantinya para Operator Madrasah akan disibukkan dengan pengerjaan dua Aplikasi sekaligus di awal tahun Ajaran 2018-2019 ini, yaitu Aplikasi EMIS Online dan Aplikasi SIBOS PINTAR. Mantap... Otak Operator Madrasah memang seperti Super Komputer, belum selesai satu pekerjaan, sudah disuapin pekerjaan baru.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan baca isi dari Surat Edaran tersebut di bawah ini:

Dengan Hormat, dalam rangka meningkatkan ketepatan sasaran implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah dan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk Siswa Madrasah, diperlukan data peserta didik yang mutakhir pada setiap awal tahun pelajaran baru. Hal ini diperlukan sebagai dasar pengambilan kebijakan pengalokasian anggaran BOS pada Madrasah dan juga penyaluran Bantuan Sosial PIP kepada siswa madrasah. Untuk mewujudkan hal ini, Dirjen Pendis melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah mengembangkan sebuah aplikasi berbasis "Desktop Online" yang dinamakan dengan Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah dan Program Indonesia Pintar atau disingkat SIBOS PINTAR.

Adapun tujuan pengembangan Aplikasi SIBOS PINTAR tersebut adalah :
  1. Melakukan pendataan peserta didik madrasah secara tepat dan akurat sebagai basis perencanaan anggaran dan kuota BOS Per Madrasah;
  2. Mengintegrasikan data peserta didik madrasah secara online dengan data kependudukan keluarga miskin dan keluarga prasejahtera di Kementerian Sosial sebagai basis pemadanan data dalam rangka penyaluran bantuan PIP untuk Siswa Madrasah;
  3. Merekapitulasi data pada tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, sampai tingkat kecamatan tentang statistik dan demografi peserta didik.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami minta agar saudara dapat mensosialisasikan penggunaan aplikasi tersebut kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota dan Kepala Madrasah di wilayah binaan Saudara. Kami berharap pemutakhiran data peserta didik melalui SIBOS PINTAR dapat dilakukan dalam waktu yang cepat paling lambat 30 September 2018. 

Aplikasi installer dan Vido Tutorial penggunaan SIBOS PINTAR dapat di unduh melalui alamat https://madrasah.kemenag.go.id/sibospintar. Apabila ada pertanyaan terkait dengan pengoperasiaan aplikasi tersebut, silahkan menghubungi til Help Desk kami: Imam (081381333562/082127299348, Dendi Nuraziz (081320538415/085759129287), dan Iim Saiful Rohman (085692798225).

Demikian atas perhatian dan kerjasama yang baik bisa disampaikan terima kasih.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat File Asli Surat Edarannya ditautan di bawah ini:


Hanya itu yang dapat kami sampaikan, kurang dan lebihnya kami mohon maaf.

Semoga artikel kami ini tentang Aplikasi SIBOS PINTAR dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar