Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ?


Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ? - Seperti biasanya pada setiap awal semester, baik itu ganjil maupun genap, Aplikasi SIMPATIKA harus kita operasikan atau operator madrasah operasikan dengan meng-update seluruh data pada setiap madrasahnya masing-masing, baik itu data Madrasah dan PTK. Untuk Madrasah, seperti Profil Madrasah; Kurikulum, Kelas, Jadwal, Absensi, Sarana dan Prasarana. Pendidik dan Tenaga Kependidika; Update data PTK, Registrasi PTK baru, Validasi, dan lainnya. Siswa & Alumni; Update data Siswa Terbaru, jika ada siswa yang masuk dan keluar. Dan untuk PTK, para PTK harus update beberapa Profil jika ada perubahan, seperti; Update Keaktifan, Update Portofolio (Jika ada Perubahan), Verval NRG, Veral SKBK dan SKMT, Cetak Analisa Tunjangan, Tunjangan Insentif, dan yang lainnya.

Untuk lebih Rincinya simak beberapa penjelasan Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMAPTIKA di bawah ini:

UPDATE DATA MADARSAH


Setiap Madrasah pasti ada yang mengalami perubahan baik itu pada data profil, data pendidik dan tenaga kependidikan, maupun data siswa. Nah, untuk itu berikut adalah penjelasan singkatnya mengenai apa yang harus dilakukan pada akun Madrasah jika ada Update data terbaru pada madarasah.

Untuk bisa melakukan updating data madrasah anda diharuskan login dengan akun Kepala madrasah atau akun Operator Madarsah masing-masing pada simpatika. Pilih pada icon Logo yang bertuliskan Madrasah

Pertama Menu Sekolah


Ada beberapa sub menu yang harus dikerjakan jika madrasah anda mengalami perubahan data. Silahkan edit pada sub-sub menu berikut:

1. Profil

Silahkan update profil madarasah anda sesuai data yang terbaru. Berikut yang harus diupdate jika ada perubahan data Madrasah , (lihat gambar)

Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ?

2. Kurikulum

Pada menu kurikulum yang harus anda update adalah mengenai mata pelajaran wajib, muatan lokal, dan pengembangan diri / eskul, sesuaikan dengan kurikulum yang digunakan di madrasah anda masing-masing.

3. Kelas

Pada menu kelas, kita bisa menambahkan kelas sesuai yang ada pada Madrasah dan sekaligus menambahkan siswanya pada kelas yang telah kita buat. Untuk absesni siswa, kita abaikan saja, karena itu berbayar. Menu kelas ini adalah menu wajib yang harus kita kerjakan, karena jika siswa tidak ada dalam kelas yang kita buat, nanti akan berdampak pada PTK yang telah Sertifikasi.

4. Jadwal

Menu jadwal juga merupakan menu yang wajib kita update, karena setiap semesternya jadwal akan direset, maka kita harus membuat jadwal seperti biasanya dan sesuaikan dengan jadwal di madrasah masing-masing. Silahkan kelola jadwal mingguan, dan jika ada guru yang mengajar Ekstrakulikuler, silahkan tambahkan Ekuivalensinya. Tidak lupa juga bagi Guru KP/TIK.


5. Absensi

Absensi bagi Guru dan Staf, ini wajib kita isi setiap hari, jangan sampai terlewatkan, apalagi pada akhir tanggal pergantian bulan, bisa bisa nanti akan ada alpa pada PTK. So, harus selalu up to date.

Kedua Menu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ?

Pada menu Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga ada yang harus diupdate jika pada Madrasah ada beberapa perubahan pada Pendidik dan Tenaga Kependidikan, baik itu ada PTK baru atau PTK yang keluar.

1. Direktori PTK

Merupakan menu bagi admin untuk mengontrol PTK yang terdaftar, kita bisa melihat apakah PTK tersebut sudah aktif atau belum, mereset password login, dan hal lainnya.

2. Registerasi PTK

Merupakan menu untuk menambahkan atau mendaftarkan PTK baru pada madrasah. Silahkan ikuti langkah-langkah pendaftaran secara sistematis.

3. Verval NUPTK

Merupakan menu lanjutan dari menu Registerasi PTK, dengan mengisi beberapa formulir tambahan, agar PTK bisa terdaftar aktif di Simpatika.

4. PTK non Aktif

Merupakan menu untuk penon-aktifan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang sudah tidak aktif lagi di Madrasah .

Ketiga Menu Siswa & Alumni

Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ?

Satu sub menu yang penting dikerjakan yaitu sub menu Siswa, dalam menu siswa tersebut kita diharuskan meng-update data siswa yang ada pada madrasah, baik itu siswa yang baru dan siswa yang keluar.

Perlu diingat, setiap awal semester kita harus meng-aktifkan seluruh siswa terlebih dahulu agar siswa muncul pada simpatika.

Baca Juga:

UPDATE DATA PTK


Berikut adalah hal-hal yang harus dikerjakan oleh PTK pada Simpatika. Sebetulnya ini merupakan kewajiban PTK masing-masing. Walau sebenarnya didunia kenyataan, masih banyak sekali PTK yang memasrahkan pekerjaan ini kepada Operaor-operator Madrasah.

1. Portofolio


Silahkan pada menu ini edit masing-masing oleh PTK jika ada beberapa hal yang perlu dirubah, baik itu ada data baru atau ada kesalahan data, rubah datanya sesuaikan, lalu jangan lupa untuk "Jadikan Permanen" dan S12-nya berikan ke admin kab/kota.

2. Administrasi


Pada menu ini ada dua sub menu yang harus kita update yaitu keatifkan dan verval NRG bagi yang telah sertifikasi.

a. Keaktifan


Silahkan aktifkan akun PTK anda, agar anda terdaftar aktif pada SIMPATIKA dan jangan lupa untuk Cetak Kartu PTKnya masing-masing.

b. Verval NRG dan Sertifikasi


Bagi guru yang telah memiliki NRG, diwajibkan mem-verval NRG-nya, sebagai salah satu syarat pencairan Sertifikasi.


3. Diklat


Merupakan menu pemberitahuan panggilan bagi guru atau PTK yang seudah memenuhi syarat dalam mengikuti PPG ataupun Diklat Kurikulum 2013.

4. Tunjangan


Merupakan menu khusus untuk keperluan pencairan tunjanagan, seperti Sertifikasi dan yang terbaru yaitu tunjangan insentif bagi guru non PNS.

a. SKBK dan SKMT


Menu untuk melakuan pengajuan SKMT dan pencetan SKMT/SKBK bagi guru Sertifikasi.


b. Analisa Tunjangan


Menu cetak mengenai analisa tunjangan bagi guru yang telah sertifikasi, disinilah yang menentukan apakah guru itu LAYAK atau TIDAK LAYAK mendapatkan tunjangan Seritikasi. Ada beberapa hal yang harus dilakukan, jika ingin PTK termasuk yang LAYAK.

c. Tunjangan Insentif Guru Bukan PNS


Menu untuk pengajuan Tunjangan Insentif Guru Bukan PNS. Ingat menu ini khusus untuk yang belum sertifikasi yah.


Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMAPTIKA ? Untuk lebih jelasnya silahkan buka akun simpatika masing-masing dan kerjakan. TALK LESS DO MORE.

Kurang dan lebihnya mohon maaf, jangan lupa untuk selalu ikuti kami di Halaman Facebook Info Madrasah. Agar anda mengetahui berita yang up to date.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Apa Saja yang Harus Dikerjakan Pada SIMPATIKA ?"