-->

Simpatika: Verval Ijazah S1/D4 Data Prodi Tidak Ditemukan

Simpatika: Verval Ijazah S1/D4 Data Prodi Tidak Ditemukan - Para PTK madrasah di awal semester genap ini, sedang dibuat sibuk dengan Verval Ijazah S1/D4 di Simpatika. Pasalnya Verval Ijazah S1/D4 harus di lakukan bagi para PTK yang terdaftar di Simpatika, khususnya bagi PTK yang sudah S1/ S2/ S3, bahkan wajib bagi PTK yang sudah Sertifikasi. 

Tapi melakukan Verval Ijazah S1/D4 ini bukan hal yang mudah, karea pasti saja ada kendala dalam setiap pengerjaannya. Salah satu masalah yang ditemukan yaitu nama universitas dan program studi, sistem memunculkan 'Tidak Ditemukan".

Simpatika: Verval Ijazah S1/D4 Data Prodi Tidak Ditemukan

Padahal verval Ijazah S1/D4 wajib dilakukan oleh seluruh guru yang memiliki sertifikat pendidik. Dan masing-masing PTK harus dikejar deadline menuntaskan verval ini sebelum jadwal tahapan simpatika berikutnya muncul yakni, Cetak Kekatifan Kolektif (S25), SKMT dan SKBK (S29), hingga terbitnya SKAKPT.

Lantas bagaimana Solusinya ?


Dalam kasus seperti ini, ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan. Karena ini berupa sistem, yang kadang lancar ataupun kadang error. Nah, berikut beberapa solusinya:

1. Tunggu Server Lancar


Simpatika itu meruapakan aplikasi online yang sangat besar, dan tentu update servernya juga membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk meng-generate data-data yang baru. Kemungkinan nama universitas dan program studi yang tidak ditemukan masih dalam proses updating database.

Jika memungkinkan, coba untuk menunggu server simpatika berjalan lancar, lalu dicoba lagi Verval Ijazah S1/D4-nya.

2. Isikan dengan nama Universitas atau Prodi sesuai dalam ijazah


Nah untuk solusi nomer kedua ini, kami mengutipnya dari web madrasah yang terpercaya. Mungkin bisa coba di aplikasikan cara yang kedua ini. Untuk lebih jelasnya, kami akan paparkan kutipannya sebagai berikut:


Dikutip dari Ayo Madrasah (04/02/2020), Solusi kedua adalah dengan memilih pilihan "Tidak Ditemukan". Ketika nama universitas atau program studi sebagaimana tercantum dalam Ijazah S1/D-IV tidak tersedia, pilih saja pilihan "Tidak Ditemukan".

Setelah dipilih, nanti akan keluar kolom kosong di bawah pilihan "Tidak Ditemukan". Isikan dengan nama Universitas atau Prodi sesuai dalam ijazah.

Setelahnya, ketika mengajukan persetujuan Verval Ijazah S1/D4 ke Kemenag Kab/Kota, bawah S12e (Surat Pengajuan Verval Ijazah) dan lengkapi dengan foto copy ijazah tersebut sekaligus dengan membawa ijazah asli untuk ditunjujkkan kepada admin Kab/Kota.

Sampaikan bahwa nama Universitas dan atau program studi memang tidak tersedia pilihannya di sistem Simpatika.

Ini agar admin Kab/Kota atau pihak berwenang di Kemanag Kab/Kota dapat menyetujui ajuan tersebut, meskipun dalam pengajuan memilih "tidak ditemukan".

Perlu diketahui, persetujuan Verval Ijazah S1/D4 hanya ditingkat Kab/Kota saja. Tidak sampai di tingkat provinsi (Kanwil Kemenag) meski dalam status persetujuan nantinya akan muncul pesan jika telah disetujui oleh Kanwil.

Sehingga jika Kemenag Kab/Kota sudah menyetujui, maka tuntaslah sudah proses Verval Ijazah S1/D4 tersebut.

Penjelasan di atas adalah menurut kami pribadi, untuk lebih jelasnya jika kasus universitas dan program studi tidak ditemukan ini ada baiknya langsung coba konsultasi kepada admin Simpatika kab/kota setempat. Agar solusinya lebih tepat sesuai informasi yang mereka dapatkan dari Admin Provinsi.

Semoga artikel kami ini tentang Simpatika: Verval Ijazah S1/D4 Data Prodi Tidak Ditemukan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter