-->

Petunjuk Teknis (Juknis) Updating Data EMIS Madrasah Semester Genap

Pengelolaan data EMIS sudah di buka pada kemarin awal bulan februari ini. Sekaligus di awali dengan perilisan aplikasi EMIS baru yang bernama Aplikasi Feeder EMIS (AFE), dirilisnya aplikasi Feeder EMIS ini diharapkan bisa meringankan pekerjaan Operator Madrasah dalam mengelola data EMIS madrasah.

Petunjuk Teknis (Juknis) Updating Data EMIS Madrasah Semester Genap

Namun, beberapa hari ini Info Madrasah mendapati bahwa laman Emis Madrasah Online (seperti yang biasa dikerjakan pada semester sebelumnya), dibuka kembali. Laman Emis Madrasah Online dapat diakses kembali, sehingga madrasah dapat login dan melakukan pemutkhiran data secara online. Padahal sebelumnya, telah dirilis aplikasi offline-online berupa Aplikasi Feeder Emis beserta Feeder Monitor.


Dengan dibukanya EMIS Online, maka sekarang pendataan EMIS ini bisa dilakukan dengan dua aplikasi sekaligus, yaitu EMIS online dan Aplikasi Feeder EMIS (AFE). Anda bisa memilihnya dari dua aplikasi tersebut untuk melakukan pendataan EMIS. Disesuaikan dengn kebutuhan anda saja.

Dikutip dari Ayo Madrasah (06/03/2020), disana di jelaskan "Merujuk pada Surat Edaran Ditjen Pendis Kemenag Nomor B-356.1/DJ.I/Set.I/OT.01.3/02/2020 tentang Pemberitahuan Updating Data EMIS Madrasah Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020, pada poin kedua dinyatakan: "Selain melalui akses online : http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/, untuk menghindari hambatan akses, mulai semester ini pendataan EMIS Madrasah dapat dilakukan melalui Aplikasi Feeder Madrasah (AFE)."

Maka dari itu dapat kita simpulkan, bahwa untuk tahun sekarang pengelolaan data EMIS bisa dikerjakan dengan dua aplikasi tersebut. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan para operator madrasah saja.

Jika kami boleh memberikan saran, gunakan saja EMIS Online, karena database dalam EMIS Online masih rapih dan tidak acak-acakkan, berbeda dengan AFE, database yang di import masih banyak kesalahan, dan itu membuat kita kerja dua kali. Mungkin next, AFE bisa digunakan dengan baik, jadi untuk sekarang bagi operator madrasah yang ingin meng-update EMIS, gunakan saja EMIS Online.

Unduh Juknis EMIS 2020


Yang jadi pertanyaan bagaimana sebenarnya alur dari EMIS ini?

Dalam Petunjuk Teknis (Juknis) Updating Data EMIS Madrasah Semester Genap yang baru di jelaskan mengenai alur dan beberapa fitur dari kedua aplikasi EMIS ini. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter