-->

E-Learning Madrasah https://elearning.kemenag.go.id/

E-Learning Madrasah https://elearning.kemenag.go.id/

E-Learning Madrasah - Setelah adanya himbauan dari pemerintah pusat untuk meliburkan sekolah, dari usia dini sampai dengan perguruan tinggi, maka para siswa diwajibkan untuk belajar di rumah. Untuk itu guru harus siap melakukan bimbingan pembelajaran dari jarak jauh, salah satu contohnya yaitu dengan pembelajaran secara online/daring. Sudah banyak pembelajaran secara online, baik itu dengan room chat maupun dengan room vidio call. Bisa kita katakan ini salah satu terobosan yang cukup baik, dimana zaman sudah semakin canggih.

Dengan adanya himbauan belajar dari rumah, Kementerian Agama telah menyediakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan e-learning madrasah. Aplikasi e-learning Madrasah ini dapat dipergunakan baik oleh Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), maupun Madrasah Aliyah (MA)

Dengan e-learning madrasah diharapkan dapat pergunakan oleh setiap madrasah guna menunjang proses pembelajaran yang lebih terstruktur. menarik, dan interaktif. Sehingga diharapkan bisa mendorong madrasan berinovasi di bidang teknologi informasi.


E-Learning Madrasah https://elearning.kemenag.go.id/

Dikutip dari Ayo Madrasah (30/03/2020), Salah satunya adanya melalui fitur kelas online. Dimana setiap siswa dan pengajar (guru) di madrasah tersebut akan memiliki akun sendiri untuk dapat masuk dan mengakses aplikasi e-learning Madrasah. Persiapan pembelajaran, pembelajaran, penilaian dan pengolahan nilai dapat dilaksanakan dengan berbasis Computer Based Training (CBT).

Akan terdapat 6 jenis akun dalam E-Learning Madrasah ini. Yaitu Operator Madrasah, Guru Mata Pelajaran, Guru Bimbingan Konseling, Wali Kelas, Supervisor (Kepala Madrasah dan jajarannya), dan Siswa.

Berikut langkah dan Syarat menggunakan E-Learning Madrasah


1. Silahkan login ke akun https://elearning.kemenag.go.id/ , menggunakan NSM madrasah masing-masing, Username dan Passwor menggunakan NSM, setelah berhasil login silahkan ubah passwordnya.

2. Setelah berhasil login, silahkan Operator madrasah harus mengunggah file scan SK Operator Madrasah dari madrasahnya untuk dilakukan verifikasi dan validasi oleh tim admin pusat.

3. Unduh aplikasi E-Learning Madrasah, namun sebelumnya operator madrasah harus menunggu SK yang telah diupload disetujui oleh admin pusat, baru bisa mendownload aplikasi E-Learning Madrasah. Operator madrasah juga akan mendapatkan password dan token, agar bisa mengakses aplikasi E-Learning Madrasah.

4. Setelahnya, Operator Madrasah dapat melakukan pengelolaan melalui aplikasi E-Learning Madrasah ini. Termasuk membuat akun guru, wali kelas, kepala madrasah, hingga semua siswa di madrasah tersebut.

Demikian informasi mengenai E-Learning Madrasah. Postingan selanjutnya yatitu contoh Contoh SK Operator E-Learning Madrasah Word.  

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter