Cara Cepat Instal Aplikasi Raport Digital (ARD) Offline

Kementerian Agama melalui Ditjen. Pendidikan Islam meluncurkan Aplikasi Rapor Digital, yang diperuntukan bagi Madrasah diseluruh Indonesia. Dengan Aplikasi Rapor Digital (ARD), Madrasah harus semakin maju dan terbuka terhadap dunia internet dan digital. Kecepatan penyebaran informasi terutama bagi siswa Madrasah, untuk mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Dalam bahasa agama, langkah ini dikenal dengan istilah taqdimul aham min almuhim, dahulukan yang terpenting daripada yang penting.

Aplikasi Raport Digital atau biasa disingkat ARD adalah aplikasi raport untuk khusus untuk madrasah atau sekolah dinaungan Kemenag, yaitu RA, MI, MTs, dan MA. Aplikasi Rapor Digital (ARD) sendiri sudah dimuluai sejak awal tahun 2019 kemarin, dari mulai online sampai dengan offline. Namun, sekarang ini madrasah hampir semuanya menggunakan ARD yang offline. Walau ARD sendiri bisa digunakan dengan online, yaitu dengan menggunakan Hosting. Untuk offline sendiri laptop lah yang dijadikan server. Dari ARD Online dan Offline ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Untuk ARD Online menggunakan Hosting, kelebihannya bisa dikerjakan jarak jauh dari rumah, kekurangannya Madrasah harus menyewa server. Untuk ARD Offline, Kelebihannya kita bisa menggunakan Laptop sendiri/Proktor sebagai sever, kekurangannya yaitu kita harus mengerjakan raport secara berdekatan, dikarenakan harus satu jaringan.

Nah, disini kami akan memberikan Cara Cepat Instal Aplikasi Raport Digital (ARD) untuk semuanya. Namun, sebelum menginstal Aplikasi Raport Digital (ARD) ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh laptop yang akan diinstal Aplikasi Raport Digital (ARD), diantaranya:

  1. Laptop hanya bisa digunakan oleh 1 madrasah 1 lapto untuk server.
  2. Minimal Ram 4gb.
  3. Usahakan Windows yang terinstal harus 64 bit.

Untuk langkah-langkah instal Aplikasi Raport Digital (ARD) sendiri kami akan bagi beberapa bagian ya, tapi pasti akan mudah dimengerti, karena disertakan gambar agar mudah dipahami. Beberapa langkahnya sebagai berikut: (Klik saja, nanti akan langsung diarahkan)

Semoga Cara Cepat Instal Aplikasi Raport Digital (ARD) Offline ini dapat memberikan wawasan dan kemudahan bagi bapak ibu operator madrasah semuanya. Aamiin

Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar ya.

Next, kami akan berikan Tutorial lengkapnya dengan Vidio, tunggu di channel kami yah !

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter