Middle Ad (Post Only)

Masalah di Verval Pd dan Solusi Mengatasinya

Operator madrasah sedang berjibaku dengan verval pd. Verval Pd sendiri merupakan aplikasi untuk verifikasi dan validasi peserta didik dan juga sebagai aplikasi dalam pemberian NISN kepada peserta didik. Untuk madrasah sendiri peserta didik yang masuk verval pd ini diambil dari database Emis madrasah. Entah kapan database dari Emis ini diambil, karena sesuai pengelaman mimin sendiri, peserta didik yang masuk ke verval pd ini secara bertahap sebelum emis madrasah ditutup.

Dalam verval pd pada operator madasah mengalami berbagai masalah yang dihadapi, seperti NISN dipakai oleh lebih dari 1 orang, NIK dipakai oleh lebih dari 1 orang, Terdaftar lebih dari satu Rombel/Sekolah, The file could not be written to disk, Siswa Emis tidak Masuk ke Verval Pd, NIK yang masih Kosong di Verval Pd dan NISN yang masih Kosong di Verval Pd

Dari beberapa masalah di atas, akan masuk ke menu residu. Dimenu residu akan terlihat tanda cakra pada kolom validasi.

Mimin akan jelaskan masing-masing permasalahannya berikut dengan solusi untuk mengatasi masalah yang telah disebutkan di atas. Semua yang akan dijelaskan disini berdasarkan pengalaman mimin sendiri yah, semoga bisa membantu semua operator madrasah dalam mengerjakan verval pd.

Berikut Masalah di Verval Pd dan Solusi Mengatasinya :

1. NISN dipakai oleh lebih dari 1 orang

Masalah mengenai NISN dipakai oleh lebih dari 1 orang merupakan masalah yang sangat umum, ini dikarenakan NISN pada siswa Ganda. Permasalahan ini biasanya terjadi pada siswa baru atau mutasi. Siswa yang memiliki NISN ganda seperti ini artinya masih terdaftar di verval pd sekolah asal dan belum dikeluarkan.

Solusi mengatasi NISN dipakai oleh lebih dari 1 orang, yaitu dengan menghubungi sekolah siswa sebelumnya, untuk mengeluarkan siswa yang bersangkutan di verval pd sekolah. Atau bisa menghubungi admin kab/kota, untuk melakukan merger NISN Ganda. 

2. NIK dipakai oleh lebih dari 1 orang

Untuk masalah mengenai NIK dipakai oleh lebih dari 1 orang ada beberapa kemungkinan yang dapat ditemukan, seperti Dalam Proses Pemadanan, NIK Sesuai/Valid, Data NIK Tidak Ditemukan. Untuk melihat itu semua, anda cukup klik icon siswa pada menu residu >> lalu klik menu Quality Control >> Scroll ke bawah untuk melihat masalah NIK yang ditemukan.

Solusi mengatasi NIK dipakai oleh lebih dari 1 orang :

  • Jika Dalam Proses Pemadanan, itu berarti NIK sedang dalam proses sinkronisasi dengan dukcapil, operator madrasah cukup mengeceknya secara berkala.
  • Jika NIK Sesuai/Valid, artinya NIK siswa telah benar dan sudah valid dengan dukcapil, tunggu saja beberapa waktu, maka nanti siswa akan terhapus dari menu residu.
  • Jika Data NIK Tidak Ditemukan, artinya NIK siswa yang tercantum salah dan tidak sesuai dengan dukcapil, langkah memperbaikininya silahkan ke menu Edit Identitas >> Pilih siswa yang akan di edit NIK-nya >> selanjutnya silahkan lakukan editing Identitasnya sesuai dokumen yang benar >> Jangan lupa untuk siapkan Scan Akte/KK sebagai bukti. (Jangan lupa untuk edit NIK siswa yang salah di Emis Madrasah juga)

3. Terdaftar lebih dari satu Rombel/Sekolah

Masalah mengenai Terdaftar lebih dari satu Rombel/Sekolah ini artinya siswa bersangkutan tercantum dalam dua kelas atau dua rombel yang berbeda, sehingga mengakibatkan sistem membacanya terdaftar lebih dari satu rombel dan kelas.

Solusi mengatasi Terdaftar lebih dari satu Rombel/Sekolah yaitu dengan mengecek lagi di Emis Madrasah atau E-Monitor. Di Emis madrasah, silahkan cek rombel/kelas siswa yang bersangkutan, takutnya siswa tersebut terdaftar di duaa rombel/dua kelas. Jika terdaftar dalam dua kelas/rombel, silahkan lakukan editing di menu siswa aktif. Untuk di E-monitor, cek di siswa ganda. Jika terdaftar di siswa ganda, silahkan hapus salah satunya.

4. The file could not be written to disk

Masalah tentang The file could not be written to disk di Verval Pd biasanya terjadi ketika operator madrasah melakukan uploading bukti akte/KK dalam Editing Identitas siswa. Ini semua terjadi karena server verval pd dalam keadaan lalu lintas yang penuh, sehingga saling berebutan masuk. Atau terjadi karena format atau size file yang diupload tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Solusi mengatasi The file could not be written to disk yaitu 

  • Jika file tidak sesuai dengan yang diperlukan, maka silahkan edit dulu sebelum upload. Ubah formatnya ke PDF dan sienya 1 Mb tidak boleh lebih. 
  • Jika file yang akan diupload dirasa sudah sesuai tetapi gagal upload, maka solusinya tunggu sampai server benar benar stabil kembali. Terkadang server verval pd mengalami over bandwidth, jadi harus menunggu normal kembali.

5. Siswa Emis tidak Masuk ke Verval Pd

Masalah mengenai Siswa Emis yang tidak tidak Masuk ke Verval Pd yaitu dimana siswa yang telah aktif di Emis madrasah namun tidak terdaftar di verval pd. Dari tahun ke tahun pasti ada saja siswa yang tidak masuk ke verval pd, padahal di Emis madrasah semua biodata siswa sudah terisi dengan 100%. Masih menjadi pertanyaan besar, karena siswa mimin juga ada yang belum masuk ke verval pd di tahun ini.

Mengatasi masalah Siswa Emis tidak Masuk ke Verval Pd, bisa dengan mengecek seluruh biodata siswa yang belum masuk ke verval pd dan melengkapi data yang belum terisi. Agar dapat dicek seluruhna, kami sarankan silahkan edit mengguakan template emis, agar terlihat mana saja biodata yang kosong. Biodata yang wajib terisi untuk siswa verval pd yaitu Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan NIK. Jika dirasa sudah terisi 100%, silahkan tunggu generate selanjutnya dari pusat.

6. NIK yang masih Kosong di Verval Pd

Masalah mengenai NIK yang masih kosong di verval pd, kemungkinan ini terjadi karena NIK yang belum terisi atau terentri dengan sempurna di Emis Madrasah.

Cara mengatasi NIK yang masih Kosong di Verval Pd yaitu dengan dua cara

  • Jika diperintahkan untuk Edit Identitas di verval pd, maka silahkan menu Edit Identitas >> Pilih siswa yang akan di edit NIK-nya >> selanjutnya silahkan lakukan editing Identitasnya sesuai dokumen yang benar >> Jangan lupa untuk siapkan Scan Akte/KK sebagai bukti >> Tunggu persetujuan dari admin kab/kota.
  • Jika tidak ada perintah untuk edit di menu Edit Identitas verval pd, maka harus melalui Emis Madrasah. Emis Madrasah >> Kesiswaan >> Siswa Aktif. Cari nama siswa tersebut lalu pada tombol "Aksi" klik "Ubah Profil Siswa". Cek kolom "NIK", jika kosong, silakan isikan NIK siswa yang bersangkutan lalu klik Simpan.

7. NISN yang masih Kosong di Verval Pd

Untuk masalah NISN yang masih Kosong di verval pd, sebaiknya jangan diambil pusing, karena kemungkinan masih dalam proses sinkronisasi untuk mendapatkan NISN yang unik bagi peserta didik.

Mengatasi masalah NISN yang kosong? sebenarnya tidak ada yang perlu dilakukan, jika semua biodata sudah ter-ceklis semua dan hanya NISN yang kosong, maka yang harus dilakukan adalah cek secara berkala sampai NISN terisini. Jangan panik.

8. Selalu Cek Quality Control Peserta Didik

Saran untuk operator madrasah, untuk selalu mengecek Quality Control dari setiap peserta didiknya. Kenapa? dengan melakukan pengecekan seperti ini, kita dapat mengetahui biodata peserta didik kita yang datanya masih ada kesalahan. 

Cara masuk ke Quality Control:

  • Masuk ke menu Pesera Didik atau Residu
  • Lalu Klik icon Siswa di sisi bagian kiri
  • Setelah diarahkan ke biodata peserta didik, silahkan klik menu Quality Control. Disana akan terlihat Rekam Didik (Verifikasi).

Itulah beberapa masalah di verval pd berikut dengan solusi mengatasinya. Kita sebagai operator madrasah dituntun untuk selalu jeli dalam melakukan verifikasi data peserta didik kita, untuk meminimalisir kesalahan data.

Semoga artikel kami tentang Masalah di Verval Pd dan Solusi Mengatasinya dalam memberikan wawasan para operator madrasah semuanya. Jika dirasa postingan kami ini bermanfaat bagi orang banyak, silahkan untuk share artikel ini ke medoso atau grup WA bapak ibu semuanya. Terika kasih.

Silahkan diskusikan masalah ini di kolom komentar kami.

Related Posts

1 komentar

  1. Operator di ujuk2 menyelesaikan pekerjaan, kesejahtraan gk pernah di perhatikan....
    Yg ebih menyakitkan BSU, operator malah di anak tirikan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter