Middle Ad (Post Only)

Mengedit Nama Siswa di Emis Madrasah Tanpa Harus Ke Admin Kabupaten/Kota

Nama siswa di Emis Madrasah tidak dapat diedit melalui akun madrasah masing-masing, melainkan harus melalui akun admin kabupaten/kota. Bukan hanya Nama saja, Tempat lahir dan NISN siswa, sekarang ini tidak dapat diedit melalui akun madrasah. Namun disini kami akan memberikan cara Mengedit Nama Siswa di Emis Tanpa Harus Ke Admin Kabupaten/Kota.

Memang sedikit ribet jika kita harus datang ke kantor kemenag kabupaten/kota hanya untuk mengedit nama siswa, apalagi harus dilengkapi dengan syarat-syarat tertentu. Seiring waktu berlalu, akhirnya pengeditan nama siswa di Emis Madrasah bisa dilakukan sendiri oleh Operator Madrasah. Tentu ini membuat pekerjaan lebih mudah dan efesien. Namu, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk melalukan editing nama siswa di Emis Madrasah.

Mengedit nama siswa di Emis Madrasah bisa dilakukan ketika madrasah sudah dapat mengakses Verval Pd/Verval NISN. Karena sekarang ini Emis Madrasah sudah terintegrasi dengan Verval Pd/Verval NISN, maka setiap ada pengeditan Nama Siswa, Tempat, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung yang dilakukan di Verval Pd, maka data yang diedit akan berubah juga di database Emis Madrasah. 

Tanpa berfikir panjang lebar, kami akan jelaskan alur cara mengedit nama siswa di Emis Madrasah melalui Verval Pd.

Berikut langkah-langkah Mengedit Nama Siswa di Emis Tanpa Harus Ke Admin Kabupaten/Kota:

1. Login ke Verval Pd dengan akun Operator Madrasah

Untuk proses pengeditan nama siswa di Emis Madrasah ini, kita butuh akses ke Verval Pd. Karena semua hanya bisa dilakukan di Verval Pd. Untuk itu anda harus login terlebih dahulu ke aplikasi Verval Pd/Verval NISN.

Bagi operator madrasah yang belum memiliki akses ke aplikasi verval pd, kami sarankan untuk daftar dari sekarang, karena biasanya proses aktivasi akun terkadang memakan waktu yang lama. Dengan mendaftar akun di aplikasi Verval Pd, maka anda akan dapat login dan mengakses semua data madrasah yang ada di akun verval pd anda.

Jika ada yang belum daftar atau belum bisa login verval pd, silahkan ikuti langkah pendaftarannya di postingan kami berikut: Cara Daftar Verval PD Kemenag Untuk Operator Madrasah

Setelah berhasil daftar akun Verval Pd, silahkan login sesuai langkah-langkah berikut:

1) Pertama, Buka link aplikasi Verval Pd/Verval NISN, link dibawah

http://refoperasional.data.kemdikbud.go.id/kemenag

2) Setelah berhasil membuka link aplikasi di atas, masukkan Username (email yang dipakai daftar) dan Password (Kata Sandi) >> Lalu klik Login.

2. Edit Identitas Siswa di Aplikasi Verval Pd/Verval NISN

Langkah selanjutnya setelah berhasil masuk ke aplikasi verval pd atau verval nisn adalah melakukan edit identitas. Untuk tahapannya sebagai berikut:

Ketika masuk ke dashboard aplikasi Verval Pd, silahkan klik menu Edit Identitas


Lalu, di Daftar Siswa silahkan pilih Siswa yang akan di edit Nama/Identiasnya

Nah, ketika siswa yang akan kita edit Nama/Identitasnya dipilih, maka akan muncul Formulir Perubahan Identitas Siswa yang harus kita isi. Beberapa poin yang bisa diedit yaitu NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan Jenis Kelamin.

Silahkan edit identitasnya, misalnya Nama Siswa yang akan kita Edit. Maka edit di kolom yang bertuliskan Baru

Kami akan kasih Contoh, Perubahan Nama dari MUHAMMAD PAHRUL ROJI menjadi MUHAMAD FAHRUR ROJI. Setelah mengedit Nama Siswa, lalu klik Validasi Data terlebih dahulu. 

Catatan:

  • Perubahan Identitas untuk siswa ini hanya bisa dilakukan sebanyak 3 kali lagi.
  • Menu update akan terbuka jika indeks validasi lebih dari 70.
  • Upload Dokumen Pendukung (Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga) dalam format JPG, JPEG atau PNG, maksimal file upload 1Mb.

Setelah menu Update Data terbuka, silahkan lampiri/upload dengan Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga dari Siswa yang bersangkutan. Klik Browse >> Lalu pilih File yang akan di Upload (Misal: Akte Kelahiran).

Terakhir, klik pada Update Data. Maka akan muncul Dialog box "Data berhasil diajukan. Silahkan tunggu persetujuan Dinas."

Sekarang kita cukup menunggu ajuan perubahan data siswa kita disetujui oleh admin Dinas. Biasanya cepat, karena persetujuan tersebut dilakukan oleh admin kabupaten/kota.

3. Cek Nama Siswa yang diedit di Emis Madrasah

Setelah pengeditan Nama Siswa di Verval Pd berhasil. Maka tahap selanjutnya kita mengeceknya terlebih dahulu di Menu Peserta Didik yang ada di Verval Pd. Apakah nama siswa yang kita edit sudah berubah atau belum. Jika Nama siswa yang kita edit sudah berubah seperti gambar dibawah ini, maka silahkan untuk mengeceknya di Emis Madrasah.

Untuk mengecek Nama Siswa yang kita edit di Emis Madrasah, silahkan untuk melakukan tahapan berikut:

1) Login ke aplikasi Emis Madrasah

2) Setelah berhasil login klik Menu Kesiswaan >> lalu klik submenu Siswa Aktif.

3) Lakukan Pencarian Siswa yang telah kita edit namanya di kolom Search.

4) Boom... Nama Siswa berhasil diedit tanpa harus ke admin Emis Kabupaten/Kota. 

Verval Pd

Emis Madrasah


Catatan: Untuk perubahan nama dari Verval Pd ke Emis Madrasah butuh waktu, jadi bersabar saja. Nanti juga akan berubah dengan sendirinya, cek saja secara berkala.

Bagaimana mudah bukan Mengedit Nama Siswa di Emis Madrasah ? 

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel kami tentang Mengedit Nama Siswa di Emis Madrasah Tanpa Harus Ke Admin Kabupaten/Kota bisa memberkan manfaat dan wawasan anda semuanya.

Jika dirasa postingan kami ini bermanfaat, silahkan untuk Share ke medsos atau grup WA madrasah. Agar bisa memberikan solusi bagi para operator madrasah di luar sana.

Salam Info Madrasah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter