Middle Ad (Post Only)

Mengatasi Cetak Dokumen di Simpatika yang Ngeblank

Mengatasi Cetak Dokumen di Simpatika yang Ngeblank. Beberapa dokumen atau file dari Simpatika sudah bisa dicetak atau diunduh sekarang ini, contohnya seperti Absensi, Analisa Tunjangan, Jadwal Mingguan, maupun Kartu PTK, dan masih banyak lagi file dokumen Simpatika yang harus kita  dicetak atau diunduh.

Dalam proses cetak atau unduh ini, terjadi bebepara masalah yang ditemukan akhir-akhir ini. Seperti yang terjadi sekarang, pada saat akan cetak absensi/S35 di Simpatika, ternyata dokumenya blank putih tidak ada tulisan sama sekali atau bisa juga logo atau foto PTK tidak muncul pada dokumen yang dicetak. Kenapa bisa ngeblank seperti itu?

Ada beberapa alasan Kenapa Cetak Dokumen di Simpatika yang Ngeblank, diantaranya:

  • Koneksi yang buruk
  • Browser yang kita gunakan sudah lapuk alias belum update
  • atau Cache pada browser kita sudah menumpuk atau penuh.

mungkin alasan-alasan diatas hanya sebagian saja, masih ada lagi alasan-alasan lainnya kenapa Cetak Dokumen di Simpatika yang Ngeblank.

Nah, yang kami akan bahasa selain penyebabnya apa, kami juga akan membahas mengenai Solusi yang tepat agar cetak file atau dokumen Simpatika bisa baik dan sempurna.

Solusi Cetak Dokumen di Simpatika yang Ngeblank

Untuk solusinya sendiri kami meringkasnya menjadi tiga solusi saja, semoga semua solusi yang kami jelaskan ini dapat memberikan solusi yang tepat atau mungkin salah satunya, berikut penjelasannya:

Clear Browser Data

Ini merupakan solusi pertama. Jika anda pengguna Google Chrome, sebelum login ke Simpatika dan melakukan cetak file/dokumen, ada baikknya silahkan lakukan Clear Browser Data terlebih dahulu.

Untuk caranya mudah sekali. Ikuti langkah-langkahnya seperti yang kami jelas di bawah ini lengkap dengan gambarnya:

1. Buka Google Chrome yang telah terinstal

2. Lalu klik pada menu atau icon titik tidak di pojok kanan atas (Lihat Gambar)

3. Setelah itu, masuk ke menu Settings

Gambar nomor 2 & 3


4. Lalu Scroll ke bawah cari Privacy and security

5. Silahkan klik pada Clear browsing data

6. dan Lakukan Clear Data (Ingat ketiga komponennya harus sudah terceklis yah)

Mode Penyamaran atau New incognito window

Sulusi kedua, masih untuk pengguna Google Chrome. Yaitu menggunakan Mode Penyamaran atau New incognito window. Biasanya dengan mode ini, Data Browser tidak ada sama sekali, jadi kita bisa langsung melakukan cetak atau unduh dokumen file di Simpatika tanpa ada keluhan sama sekali. 

Untuk Shortcut-nya silahkan gunakan Ctrl+Shift+N, maka mode penyamaran akan terbuka dengan sendirinya.

Menggunakan Browser Lain, Saran Gunakan Browser Microsoft Edge

Solusi terakhir, yaitu menggunakan browser lain. Apa itu browser? Browser sendiri merupakan aplikasi untuk kita melakukan browsing di internet. Banyak sekali aplikasi browser di luar sana, namun yang familiar bagi telinga kita yaitu Mozilla Firefox, Opera Mini, Baidu, Chromium, Safari, dan lainnya.

Kami telah melakukan percobaan pada aplikasi browser Mozilla dan Opera Mini, dan hasilnya Cetak Dokumen Simpatika bisa tercetak atau terunduh dengan baik dan sempurna.

Namun, kami disini memberikan saran bagi anda semuanya, gunakan saja Microsoft Edge. Karena pada saat proses mencetak atau mengunduh, fiturnya hampir sama dengan Google Chrome, kita bisa mengatur Header dan Footer, Ukuran Kertas, Scale, dan Margin. Tapi itu semua tergantung pada anda semuanya. Kami hanya sekedar memberi saran. Silahkan gunakan browser selain Google Chrome untuk sementara ini.

Nah, mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan dalam Mengatasi Cetak Dokumen di Simpatika yang Ngeblank. Semoga artikel kami tentang Mengatasi Cetak Dokumen di Simpatika yang Ngeblank bisa memberkan manfaat dan wawasan anda semuanya.

Jika dirasa postingan kami ini bermanfaat, silahkan untuk Share ke medsos atau grup WA madrasah. Agar bisa memberikan solusi bagi para operator madrasah di luar sana.

Salam Info Madrasah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter