Middle Ad (Post Only)

Kisi-kisi Ujian Madrasah Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab jenjang MI, MTs dan MA/MAK

Kisi-kisi Ujian Madrasah Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab jenjang MI, MTs dan MA/MAK

Ujian Madrasah untuk kelas tingkat akhir, kelas 6, kelas 9 dan kelas 12, sebentar lagi akan segera dilaksanakan. Walau kita sedang dihadapkan dengan masalah pandemi ini. Pihak Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menyusun Kisi-kisi. Kisi-kisi yang disusun disini ialah Kisi-kisi Ujian Madrasah kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab jenjang MI, MTs dan MA/MAK.

Apakah kisi-kisi Ujian Madrasah itu penting? Jawabannya penting sekali. Bagi guru sendiri dengan adanya kisi-kisi ini bisa menyusun pelajaran yang harus diberikan kepada siswa dengan sesuai target, bahkan untuk menysun soal latihan pun dapat dengan mudah, jika adanya kisi-kisi ini.

Untuk lebih mudahnya, Pihak Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan surat pengatar tentang Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Isi Surat Pengantar Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021

Menindaklanjuti SK Dirjen No.752 Tahun 2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021, Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menyusun Kisi-kisi Ujian Madrasah kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab jenjang MI, MTs dan MA/MAK. Berikut disampaikan kisi-kisi dimaksud sebagaimana termuat pada lampiran surat ini. Penjelasan lebih lanjut sebagai pendamping pengiriman kisi-kisi tersebut adalah;  

1. Kisi-kisi Ujian Madrasah meliputi Mapel Quran Hadis, Akidah Ahlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab untuk jenjang MI,MTs, dan MA/MAK. 

2. Kisi-kisi Ujian Madrasah dimaksud pada poin 1 di atas berfungsi memberikan panduan sekaligus membantu guru madrasah dalam menyusun soal Ujian Madrasah kelompok Mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. 

3. Kisi-kisi disusun dengan mengacu pada KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. 

4. Guru dalam menyusun soal dapat memilih dari 60 kisi-kisi pada setiap jenjang yang telah disiapkan oleh Kementerian Agama dan selanjutnya disesuaikan dengan kondisi masing-masing madrasah,  

5. Berdasarkan pertimbangan pada poin 4, guru dalam menyusun soal dapat memperhatikan rambu-rambu persentase dan komposisi level kognifif sebagai berikut:

Kisi-kisi Ujian Madrasah Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab jenjang MI, MTs dan MA/MAK

6. Penyusunan soal agar mempertimbangkan situasi pandemi, sehingga tingkat kesulitan dan level kognitif soal yang dikembangkan dapat menyesuaikan kondisi pembelajaran yang berlangsung selama ini di setiap madrasah. Atas dasar itu pula, maka meskipun sebagian besar level kognitif Kompetensi Dasar di KMA 183 Tahun 2019 pada level 3 (L3), guru penyusun soal di setiap madrasah dibolehkan mengembangkan soal pada level 1 (L1) atau level 2 (L2).

Unduh Lengkap Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021

Untuk lengkapnya anda bisa unduh Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 dibawah ini, bagikan kepada rekan-rekan guru semuanya, bisa melalui WA atau medosos anda, agar informasi penting ini bisa tersebar dengan mudah.

Semoga artikel kami tentang Kisi-kisi Ujian Madrasah Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab jenjang MI, MTs dan MA/MAK bisa memberkan manfaat dan wawasan anda semuanya.

Jika dirasa postingan kami ini bermanfaat, silahkan untuk Share ke medsos atau grup WA madrasah. Agar bisa memberikan solusi bagi para operator madrasah di luar sana.

Salam Info Madrasah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter