Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Diawal Semester genap ini pada pendataan Emis Madrasah, kita diwajibkan untuk update data Lembaga di aplikasi Emis Madrasah 4.0. Perbaikan dan konfirmasi updating data Lembaga ini diberi waktu dari tanggal 1-12 Maret 2021. Semua ini berdasarkan Surat Edaran dari Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia. Surat dengan nomor B-602/DJ.I/Set.I/OT.01.3/03/2021 tertanggal 1 Maret 2021 dengan perihal Pengantar Perbaikan dan Konfirmasi Data lembaga Madrasah Tahun 2021.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa setiap madrasah diwajibkan untuk memperbaharui data pada setiap Lembaganya masing-masing. Pada laman Emis Madrasah 4.0 terbaru yaitu https://emis.kemenag.go.id.

Data lembaga yang harus kita perbaharui yaitu meliputi Profil Kelembagaan dan Sarana Prasarana - Aset Tetap - Lahan.

Isi Surat Edaran Nomor: B-602/DJ.I/Set.I/OT.01.3/03/202

Dalam rangka pelaksanaan Proyek Realizing Education Promise's Madrasah Education Quality Reform (REP-MEOR), Kementerian Agama saat ini sedang melakukan revitalisasi dan pengembangan Aplikasi EMIS sebagai bagian dari proses transformasi digital Kementerian Agama. Untuk mendukung kesuksesan Implementasi EMIS ini, mohon bantuan Saudara untuk menginformasikan kepada seluruh satuan pendidikan (lembaga) madrasah di wilayah binaan Saudara untuk segera melakukan perbaikan dan konfirmasi data lembaga madrasah pada aplikasi EMIS baru yang dapat diakses melalui laman https://emis.kemenag.go.id/

Proses perbaikan dan konfirmasi data lembaga madrasah sebagaimana dimaksud di atas, dapat dilakukan mulai tanggal 01 Maret 2021 sampai 12 Maret 2021. Proses konfirmasi data lembaga dapat dilakukan melalui dengan langkah:

  1. Melakukan perbaikan data profil lembaga:
  2. Melakukan perbaikan data alamatidata lahan lembaga; 
  3. Melakukan konfirmasi data.

Jika membutuhkan layanan informasi dapat dilakukan melalui layanan chatbot pada laman http:madrasahroform.kemenag.go.id atau menghubungi live agent pada nomor 081147402020 (hanya untuk komunikasi WhatsApp). Panduan penggunaan atau tutorial dapat diunduh melalui http://emisn.kemenag.go.id pada menu "Panduan Penggunaan". 

Apa Saja yang Harus Dilakukan pada Emis Madrasah 4.0

Mengenai Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0 ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh Operator Madrasah, diantaranya adalah:

1. Membuat Akun Kepala Madrasah di EMIS Madrasah 4.0

Dalam pendataan Emis Madrasah versi 4.0 ini Kepala Madrasah ikut andil dalam segala perbaikan data pada Lembaga Madrasah. Kepala Madrasah bertugas untuk menyetujui dan mengajukan Perbaikan data yang diajukan oleh Operator Madrasah ke Admin Kabupaten / Kota. Untuk itu, setiap madrasah wajib membuat akun Kepala Madrasah di Emis Madrasah 4.0 ini.

Mengenai hal ini, kami Info Madrasah memberikan pembahasan Cara Membuat Akun Kepala Madrasah di EMIS Madrasah 4.0 di artikel kami sebelumnya, silahkan simak di artikel kami ini: Cara Membuat Akun Kepala Madrasah di EMIS Madrasah 4.0.

2. Updating Data Lembaga Madrasah (Profil dan Lahan)

Setelah berhasil membuat akun Kepala Madrasah dengan mengikuti tutorial yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya, sekarang waktunya Operator Madrasah untuk Updating Data Lembaga Madrasah, untuk saat ini yang harus diperbaharui adalah Profil Lembaga dan Sarana Prasarana - Aset Tetap - Lahan. Dengan cara mengecek dan mengisi data, jikalau ada data-data yang keliru atau belum terisi.

A. Perbaikan Profil Madrasah

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Hal pertama yang Operator Madrasah perbaharui yaitu Profil Madrasah. Cek data-data yang tertera dimenu Profil Madrasah. Dan jika ada yang masih Kosong, wajib untuk diisi. Form-form yang wajib dicek dan isi antara lain:

  • Nama Singkatan
  • NPWP
  • Nomor Telepon
  • Alamat Website
  • Email
  • Tahun Berdiri
  • Akta Pendidiran Yayasan
  • Nomor SK Kemenkumham
  • Tanggal SK Kemenkumham
  • Penyelenggara Lembaga
  • Nama Penyelenggara Lembaga
  • Afilasi Organisasi Keagamaan
  • Waktu Belajar
  • Status Kelompok Kerja Madrasah (KKM)
  • Nama Madrasah Induk (Jika madrasah anda sebagai Anggota)
  • Komite Lembaga
  • Serta Ceklis dua Pertanyaan dibawah

Jika sudah selesai mengecek serta mengisi apa yang harus diisi di Profil Madrasah, Maka silahkan klik "Simpan".

Ketika muncul pop up, silahkan klik Ya atau Tutup.

B. Sarana Prasarana - Aset Tetap - Lahan

Setelahnya berhasil memperbaharui data pada Menu Profil Madrasah, maka selanjutnya yang harus diperbaharui terdapat pada menu Sarana Prasarana - Aset Tetap - Lahan

Pertama, Untuk memperbaharui data Lahan, anda cukup klik panah yang kebawah.

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Setelah itu, silahkan klik dulu tombol "Ubah" (scroll kebawah)

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Maka anda selanjutnya silahkan perbaiki atau isi data yang kosong di submenu Lahan ini. Bebebrapa yang harus diperbaharui datanya di menu Lahan ini, antara lain adalah:

  • Alamat Lembaga
  • Luas Tanah
  • Penggunaan Lahan
  • Letak Lembaga
  • Jarak ke Lokasi Tertentu

Tambahan:

  • Untuk titik koordinat pada isian Letak Lembaga, silahkan menggunakan Cari Daerah. Ketikkan nama daerah atau tempat atau nama madrasah anda (jika sudah terdaftar di google maps).
Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0
  • Lalu tarik pin merah disana ke titik yang benar/sesuai, agar titiknya lebih Akurat pada posisi atau letak madrasah anda.

Usahakan semua harus terisi, agar tombol Simpan dapat aktif. Setelah semuanya selesai diisi, silahkan klik "Simpan".

3. Operator Madrasah Kirim Permintaan Persetujuan Ke Kepala Madrasah

Setelah proses updating data Lembaga sudah beres, dari mulai Profil Madrasah sampai dengan Lahan. Maka tahap selanjutnya yaitu mengirim Permintaan Persetujuan ke Kepala Madrasah.

Untuk cara Kirim Permintaan Persetujuan Ke Kepala Madrasah cukuplah mudah. Kami akan uraikan langkahnya dengan singkat di bawah ini:

Pertama, silahkan klik pada tombol "Kirim Permintaan Persetujuan"

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Lalu, Lihat terlebih dahulu, Jika permintaan persetujuan lebih dari satu, Silahkan klik Kotak kecil atau Select All disana.

Maka semua permintaan persetujuan terceklis, lalu klik "Aksi" dan klik "Ajukan"

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Akan muncul pop up yang berisi pesan "Apakah anda yakin untuk mengajukan perubahan data?", Jika dirasa sudah yakin, maka klik "Ya"

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Selanjutnya muncul lagi pop up yang berisi pesan "Permintaan perubahan data telah diajukan, Silahkan menunggu persetujuan Kepala Madrasah"

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Maka Status permintaan persetujuan berudah, dari DRAF menjadi DIAJUKAN.

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

4. Kepala Madrasah Melakukan Persetujuan di Akun Kepala Madrasah

Setelahnya Operator Madrasah mengirim permintaan persetujuan atas data madrasah yang diperbaiki, maka tugas Kepala Madrasah mengonfirmasi persetujuan data madrasah yang dikirimkan. Untuk caranya mudah saja, simak dibawah ini:

Buka akun kepala madrasah yang telah dibuat, menggunakan Email dan Password yang telah didaftarkan sebelumnya.

Lalu klik Panah Biru disisi kanan, Maka akan terbuka panel Konfirmasi Persetujuan

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Langkah selanjutnya, klik kotak kecil atau Select All (Jika Konfirmasi Persetujuan lebih dari satu)

Lalu klik "Aksi", pilih salah satunya di "Setujui" atau di "Tolak". (Jika dirasa perbaikan data madrasah yang dikirim sudah sesuai, maka klik Setuju)

Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0

Terakhir, tunggu Konfrimasi Persetujuan dari Kemenag.

Alhamdulillah, Semua penjelasan mengenai Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0 telah kami jelaskan secara rinci dan jelas. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian materi diatas.

Semoga artikel kami tentang Update Data Lembaga di Emis Madrasah 4.0 bisa memberkan manfaat dan wawasan anda semuanya.

Jika dirasa postingan kami ini bermanfaat, silahkan untuk Share ke medsos atau grup WA madrasah. Agar bisa memberikan solusi bagi para operator madrasah di luar sana.

Salam Info Madrasah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter