Cara Singkat Mengaktifkan Siswa yang Belum Aktif di Simpatika

 Cara Singkat Mengaktifkan Siswa yang Belum Aktif di Simpatika

Cara Singkat Mengaktifkan Siswa yang Belum Aktif di Simpatika - Setiap awal tahun pelajaran, data siswa di layanan simpatika akan menjadi kembali kosong. Namun bukan berarti data siswa tersebut hilang dan operator harus mengisinya dengan data baru. Karena sebenarnya data siswa tersebut masih ada yang disimpan dalam menu 'Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang'.

Sehingga setiap awal tahun pelajaran operator tidak perlu membuat data siswa mulai awal lagi. Cukup dengan menggunakan data dalam 'Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang' yang dapat diunduh, diedit, dan diupload kembali. Proses ini disebut juga sebagai 'mengaktifkan siswa tahun ajaran sebelumnya'.

Kecuali untuk siswa baru.

Untuk mengunduh 'Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang' atau siswa tahun pelajaran sebelumnya, caranya adalah.

1.Operator Madrasah atau Kepala Madrasah login ke Simpatika
2. Pada dasbor layanan, pilih Madrasah (jangan PTK)
3. Pada dasbor sekolah, pilih menu "Siswa & Alumni"


4. Pilih Submenu "Siswa" yang ada di sebelah kiri
5. Pilih "Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang"


6. Terbuka halaman "Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang"
7. Klik tanda panah ke bawah (unduh) di pojok kanan atas


9. Hasil download berupa file excel. Simpan file tersebut untuk dipergunakan dalam tahap berikutnya pada pengelolaan siswa.
10. Setelah berhasil di download, maka selanjutnya edit data siswa dengan menaikkan kelas siswa, meluluskan siswa yang telah lulus, dan menambahkan siswa baru (kelas 1, 7, 10 atau Mutasi)
11. Jika selesai diedit, langkah selanjutnya yaitu unggah form excel yang telah di edit tadi. Caranya: klik Siswa & Alumni - menu 'Daftar Siswa' - lalu klik panah yang mengarah ke atas - nanti diarahkan pada proses unggah - tunggu 1x24 jam, maka data siswa yang telah berhasil diunggah akan aktif.

Daftar siswa ini dapat juga diunduh melalui menu "Siswa & Alumni" >> "Siswa" >> "Daftar Siswa". Pada halaman daftar siswa (masih kosong), klik tanda panah ke bawah (unduh) di pojok kanan atas.

Agar lebih mudah, anda bisa lihat Video Tutorial Cara Singkat Mengaktifkan Siswa yang Belum Aktif di Simpatika di bawah ini : (Jangan lupa SUBSCRIBE Channel Info Madrasah!)


Semoga artikel kami ini tentang Cara Singkat Mengaktifkan Siswa yang Belum Aktif di Simpatika dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.

Baca juga :
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Singkat Mengaktifkan Siswa yang Belum Aktif di Simpatika"