Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha

Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha - Setiap siswa sekolah maupun madrasah pasti nantinya akan mempunya NISN. Nah, apa itu NISN? Seperti yang kami lansir dari Kompas, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha    Baru baru ini http://pd.data.kemdikbud.go.id mengeluarkan link baru untuk pengajuan NISN baru dan perubahan data NISN yang sudah ada bagi kelas 6 MI dan kelas 9 MTs. Jika siswa kelas 6 atau 9 belum memiliki NISN atau data pada NISN mengalami kesalahan baik nama atau tanggal lahir, anda bisa merubahnya disini. Sebenarnya ini adalah bersifat universal atau umum, tidak hanya oleh pihak sekolah saja yang mengerjakannya, bisa juga oleh orang tua siswa yang bersangkutan untuk melakukan perubahan data yang salah pada NISN-nya. Bisa juga meminta bantuan kepada pihak sekolah.    Untuk link lengkpanya di bawah ini:    http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan%2Fpengajuanmadrasah    Untuk lengkapnya bisa baca penjelasan langkah-langkahnya berikut ini:    Pertama, anda masuk pada web http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan%2Fpengajuanmadrasah

Bagaimana cara siswa mendapatkan NISN?


Siswa akan mendapatkan NISN setelah mereka masuk jenjang sekolah atau madrasah. Mau itu dibawah naungan Dinas atau Kemenag. Menurut yang kami ketahui, kalau dibawah naungan Dinas, siswa akan mendapatkan NISN ketika mulai memasuki TK, beda dengan naungan Kemenag yang agak lama prosesnya, bahkan ketika sudah masuk MI pun, siswa kadang telat memiliki NISN.


Proses Generate NISN?


Biasanya proses generate NISN ini, ketika siswa sudah masuk data secara online, baik itu di dinas maupun di kemenag. Nantinya data-data siswa yang belum memiliki NISN, databasenya akan digenerate oleh https://nisn.data.kemdikbud.go.id, dan secara otomatis akan mempunya NISN. Untuk proses generate ini juga ada sedikit perbedaan antara sekolah di bawah Dinas dengan Kemenag. Kalau di bawah Dinas, biasanya sekolah mempunyai akun verval PD atau NISN secara mandiri, jadi bisa melakukan pengajuan atau perubahan data NISN. Nah beda dengan di bawah kemenag, yang bisa melakukan pengajuan atau perubahan data hanya bisa dilakukan oleh admin kabupaten saja, sehingga ini membuat generate NISN madrasah agak cukup lama hehehe

Baca Juga: Cara Cek dan Cetak NISN Secara Online

Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha 


Baru baru ini http://pd.data.kemdikbud.go.id mengeluarkan link baru untuk pengajuan NISN baru dan perubahan data NISN yang sudah ada bagi kelas 6 MI dan kelas 9 MTs. Jika siswa kelas 6 atau 9 belum memiliki NISN atau data pada NISN mengalami kesalahan baik nama atau tanggal lahir, anda bisa merubahnya disini. Sebenarnya ini adalah bersifat universal atau umum, tidak hanya oleh pihak sekolah saja yang mengerjakannya, bisa juga oleh orang tua siswa yang bersangkutan untuk melakukan perubahan data yang salah pada NISN-nya. Bisa juga meminta bantuan kepada pihak sekolah.

Untuk link lengkpanya di bawah ini:


Untuk lengkapnya bisa baca penjelasan langkah-langkahnya berikut ini:


Kedua, Silahkan anda entri data-data NISN yang akan dirubah atau mengajukan baru (bagi siswa yang belum memiliki NISN, khusus kelas 6 dan 9)

Dalam Form ini ada beberapa yang harus anda isi, diantaranya adalah:

1. NISN

Ini sifatnya opsional, jika ingin memperbaiki data NISN, sebaiknya diisi saja NISN yang datanya akan dirubah. Boleh juga dikosongkan jika mengajukan NISN baru bagi siswa kelas 6 MI dan 9 Mts yang belum memililki NISN.

2. NIK

Isi dengan Nomer Induk Keluarga (NIK) siswa yang tertera pada Kartu Keluarga (KK) berjumlah 16 digit nomor.

3. Nama 

Isi dengan nama siswa yang benar dan sesuai dengan akte kelahiran atau Ijazah bagi siswa kelas 9 MTs.

4. Email

Nah, untuk ini setiap siswa hanya bisa menggunakan satu email. Jadi intinya, setiap akan merubah data atau mengajukan NISN bagi siswa, email yang digunakan harus berbeda. Bisa juga menggunakan email yang sama, asal pengajuan sebelumnya sudah disetujui.

5. Tempat Lahir

Isi dengan tempat lahir siswa disesuaikan dengan Akte Kelahiran.

6. Tanggal Lahir

Isi dengan tanggal lahir siswa yang sesuai dengan akte kelahiran, untuk formatnya jangan sampai salah yah yaitu YYYY-MM-DD artinya Tahun-Bulan-Hari

7. Jenis Kelamin

Untuk ini cukup pilih salah satunya dengan mencentangnya atau menekan bulet kecil antara Laki-laki dan Perempuan.

8. Ibu Kandung

Isi dengan nama Ibu Kandung siswa yang sesuai dengan akte kelahiran atau Kartu Keluarga. Nama Lengkap Ibu Kandung Sesuai KK/Akte Kelahiran

9. Tahun Ajaran

Cukup pilih saja tahun ajaran siswa yang akan di rubah data NISNnya maupun pengjuan NISN baru.

10. Tingkat Pendidikan

Cukup pilih antara kelas 6 dan kelas 9, 6 untuk jenjang MI dan 9 untuk jenjang MTs.

11. Madrasah Lulusan

Ini isi dengan nama sekolah/madrasah yang bersangkutan atau bisa juga dengan mengetikkan NPSN madrasah, nanti secara otomatis akan muncul nama madrasahnya.

12. Rapor Terakhir / Ijazah

Upload file Ijazah atau Raport. Ketentuannya adalah File lampiran dalam format PDF, JPG, JPEG, PNG. Max 2 MB, Scan ijazah (utk siswa lulusan MI/Ula & MTs/Wustha TP 2016/2017 & 2017/2018) atau raport terakhir (utk siswa lulusan MI/Ula & MTs/Wustha TP 2018/2019)

13. Akte Kelahiran / Kartu Keluarga

Upload file Akte Kelahiran / Kartu Keluarga. Ketentuannya adalah File lampiran dalam format PDF, JPG, JPEG, PNG. Max 2 MB, Scan akte kelahiran atau kartu keluarga.

Terakhir, Setelah semua ke 13 form terisi dengan benar dan tidak ada data yang salah, silahkan klik pada tombol "Ajukan" (lihat gambar)

Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha

Setelah melakukan pengajuan, silahkan tunggu update selanjutnya dengan selalu melakukan pengecekan ajuan NISN yang telah kita ajukan sebelumnya. Dengan cara berikut:

Cara mengecek status Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha


Kedua, silahkan klik pada tombol "Status" (lihat gambar)

Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha

Ketiga, silahkan masukkan email yang kita gunakan sebagai pengajuan perubahan NISN sebelumnya. Dan klik pada tombol "Status" (lihat gambar)

Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha

Terakhir, kita akan melihat progres ajuan kita, Sudah distujuai atau Masih menunggu persetujuan. (Menurut pengalaman kami, bisa mencapai 1 Minggu untuk perubahan data NISN) Contoh NISN yang telah disetujui (lihat gambar)

Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha

Semoga artikel kami ini tentang Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda semuanya.

Sekian dulu dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Jangan lupa untuk ikuti kami terus LIKE di Fans Page Facebook kami, berikan komentar kalian jika ini membantu dan Share jika informasi ini penting dan berguna bagi orang banyak. Terimakasih.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Verifikasi dan Validasi NISN Siswa Lulusan MI/Ula dan MTs/Wustha"