Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah

Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah
Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah - Setiap Siswa memliki NISN-nya masing-masing. Namun terkadang siswa tidak tahu bagaimana cara mengetahui NISN yang mereka miliki. Dan tidak tahu cara mengecek NISN-nya sendiri. Sementara sekarang ini, NISN dapat di cek secara Online. Cara mengecek NISN pun sangat mudah sekali.

Apakah NISN itu penting ? NISN sendiri mempunyai kepanjangan Nomor Induk Siswa Nasional. Jadi ini sifatnya nasional. Dan NISN sendiri sangat penting bagi siswa di zaman pendidikan sekarang. NISN sendiri biasanya dijadikan acuan sebagai salah satu syarat masuk sekolah, bahkan perguruan tinggi. Jadi Fix, NISN itu sekarang ini penting.

Dalam mengetahui NISN, kita dapat mengeceknya dengan beberapa cara loh. Ada yang dicek dengan menggunakan Nomor NISN itu sendiri atau mengcek NISN berdasarkan nama. Daru dua cara tersebut, ada langkah-langkahnya yang harus kalian lakukan. Bagamaina langkah mengecek NISN berdasarkan Nomor dan berdasarkan Nama ? Kami akan bahas selanjutnya diuraian di bawah ini.

Pengertian NISN Secara Ringkas

Kita harus tahu terlebih dahulu apa itu NISN. Kami mengutip dari https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ (17/03/2021) disana dijelaskan mengenai pengertian dari NISN.

Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN

Tujuan dan Manfaat dari NISN

Tidak hanya Pengertian dari NISN saja yang harus kita ketahui, melainkan kita juga harus mengetahu tujuan dan manfaat dari NISN itu sendiri. Dari yang kami kutip dari https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ (17/03/2021) disana dijelaskan mengenai Tujuan dan Manfaat dari NISN. Berikut Tujuan dan Manfaat dari NISN:

  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Alamat URL Cek NISN Secara Online

Sebelum melakukan pengecekan, kita harus tahu terlebih dahulu alamat Aplikasi Cek NISN Siswa. Cek NISN sekarang ini kan bisa dengan secara online. Jadi ada alamt url yang perlu kalian akses. Alamatnya cek NISN itu dimana? Berikut link yang dapat kalian akses untuk mengecek NISN secara online:

Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru

Selanjutnya kita mencoba untuk Cara Mengecek NISN Secara Online. Ada dua cara untuk Mengecek NISN Secara Online yaitu dengan cara mengecek NISN berdasarkan nomor NISN dan mengecek NISN berdasarkan Nama.

Kita bahas kedua cara tersebut secara singkat dibawah ini:

Cara Cari/Mengecek NISN berdasarkan Nomor

Untuk mengecek atau mencari NISN berdasarkan nomor, kita memerlukan nomor NISN itu sendiri dan nama Ibu Kandung, sebagai acuan match NISN yang kita cari atau cek. Seperti ini langkah-langkahnya:

1. Langkah Pertama, masuk ke alamat url cek NISN yang telah kami sediakan, pilih salah satunya:

Setelah masuk ke dashboard cek NISN.

2. Silahkan masukkan data-data yang diperlukan. Pertama, Silahkan Masukkan NISN. (lihat gambar)

3. Kedua, Silahkan Masukkan Nama Ibu Kandung. (bisa cukup tiga huruf awal saja) (lihat gambar)

4. Lalu, Silahkan Kode Captcha yang ada pada kotak kecil disana (biasanya berupa kode unik huruf dan angka) . di versi lama, langkah ini kita cukup mencetang kotak "I am not a Robot" (lihat gambar)

5. Setelah terisi semuanya, klik pada "Cari Data"

Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah
Versi Lama (menggunakan "I'am not a robot")

Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah
Versi Terbaru (menggunaan Kode Captha)

6. Jika berhasil, maka data NISN yang kita cek atau cari akan muncul (lihat gambar)

Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah

Cara Cari/Mengecek NISN berdasarkan Nama

Untuk mengecek atau mencari NISN berdasarkan Nama, kita memerlukan Nama Siswa, Tempat Lahir Siswa, Tanggal Lahir Siswa, dan Nama Ibu Kandung Siswa, sebagai acuan match NISN yang kita cari atau cek. Seperti ini langkah-langkahnya:

1. Langkah Pertama, masuk ke alamat url cek NISN yang telah kami sediakan untuk mengecek NISN berdasarkan nama, pilih salah satunya:

2. Setelah masuk ke dashboardnya, silahkan isi semua formya

3. Pertama, isi Nama siswa yang ingin kita cek/cari NISN-nya (lihat gambar)

4. Kedua, isi Tempat lahir siswa yang bersangkutan (lihat gambar)

5. Ketiga, isi Tanggal lahir siswa yang bersangkutan (lihat gambar)

6. Keempat, isi Nama Ibu Kandung siwa yang bersangkutan (bisa cukup tiga huruf awal saja) (lihat gambar)

7. Dan tak lupa, Silahkan Kode Captcha yang ada pada kotak kecil disana. di versi lama, langkah ini kita cukup mencetang kotak "I am not a Robot" (lihat gambar)

8. Setelah terisi semuanya, klik pada "Cari Data"

Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah
Versi Terbaru (menggunaan Kode Captha)

Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah
Versi Lama (menggunakan "I'am not a robot")

9. Jika berhasil, maka data NISN yang kita cek atau cari akan muncul (lihat gambar)

Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mengecek atau mencari NISN secara online dengan menggunakan dua metode yang berbeda, berdasarkan nomor NISN dan berdasarkan nama.

Semoga artikel kami tentang Cara Mengecek NISN Secara Online Terbaru Dengan Mudah bisa memberkan manfaat dan wawasan anda semuanya.

Jika dirasa postingan kami ini bermanfaat, silahkan untuk Share ke medsos atau grup WA madrasah. Agar bisa memberikan solusi bagi para operator madrasah di luar sana.

Salam Info Madrasah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter