Verval PD: Update Edit Identitas Siswa Harus Sesuai Data NIK/Dukcapil

Verval PD: Update Edit Identitas Siswa Harus Sesuai Data NIK/Dukcapil

Verval PD: Update Edit Identitas Siswa Harus Sesuai Data NIK/Dukcapil - Verval PD sekarang ini sudah update dalam hal perbaikan identitaas siswa atau Edit Identitas Siswa. Edit identitas siswa pada verval Pd sendiri merupakan fitur yang sangat penting bagi para operator madrasah. Karena tidak semua data yang masuk ke vervalpd itu fix alias sudah benar 100%. Terkadang ada identitas siswa yang masih salah, baik nama siswa, nik siswa, tempat tanggal lahir siswa, bahkan nama Ibu kandung siswa.

Fitur Edit Identitas Siswa sekarang ini mengalami perubahan. Semenjak munjulnya pemberitahuan di dashboard verval pd akun operator Madrasah, yang berbunyi:

INFORMASI PEMBAHARUAN APLIKASI

23 Maret 2020

Penambahan informasi Validasi NIK dengan Dukcapil (Kemdagri) pada tab Quality Control Profil Peserta Didik.

Mengenai pembaharuan ini, kami akan bahas sebisa kami, sesuai yang telah kami coba. Berikut beberapa penjelasannya:

APA YANG DIPERBAHARUI DARI FITUR EDIT IDENTITAS

Sebelum tanggal 23 maret 2021. Fitur Edit Identitas ini masih seperti yang dulu, kita diwajibkan untuk mengupload bukti perubahan data yang berupa KK atau Akte siswa. Dan semua itu harus diatas 70 % indeks kemiripannya. Barulah tombol updaet data akan muncul.

Nah, Fitur Edit Identitas di verval pd yang terbaru sekarang, yang telah kami temukan yaitu kita tidak perlu lagi mengupload bukti akte atau KK untuk Edit Identitas siswa. Namun, kita perlu mengedit identitas data siswa sama dengan data Dukcapil atau berdasarkna Kartu Keluarga (KK). Baik itu NIK Siswa, Nama siswa, Tempat Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa. Semua harus sama dengan data pada Kartu Keluarga yang dikeluarkan oleh Dukcapil. Jika tidak sesuai, maka tombol Update Data tidak akan muncul. Melainkan pesan peringatan yang akan muncul (contoh seperti gambar dibawah)

Ini salah satu contoh pesan peringatan ketika Edit Identitas Siswa

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN FITUR EDIT IDENTITAS TERBARU

Dengan adanya pembaharuan pada fitur Edit Identitas siswa di Verval Pd, tentu ini membuat pro kontra dipara operator madrasah. Disisi lain ada yang setuju dengan pembaharuan ini, ada juga yang tidak setuju. Namun disini kami tidak akan membahas mengenai pro kontra tersebut, melaikan membahas Keunggulan dak Kelemhan Fitur Edit Identitas yang terbaru.

Keunggulan dak Kelemhan Fitur Edit Identitas yang terbaru ini berdasakan pandangan kami sendiri, jika ada yang kurang boleh tambahkan di kolom komentar. Berikut Keunggulan dak Kelemhan Fitur Edit Identitas yang terbaru :

Keunggulannya: Menurut kami keungulan dari Fitur Edit Identitas yang terbaru ini, kita tidak perlu repot-repot lagi mengupload bukti seperti KK atau akte. Kita cukup menyesuaikan data siswa dengan Kartu Keluarga. Maka Update Data siswa kan langsung, tanpa konfirmasi dari admin Kabupaten/Kota.

Kelemahannya: Menurut kami kelemahan dari Fitur Edit Identitas yang terbaru ini adalah Kita/Operator madrasah menjadi kesulitan dalam melakukan edit data siswa. Jika data harus sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Keluarga atau Dukcapil, maka opertor madrasah tidak bisa leluasa melakukan edit data siswa. Sedangkan terkadang banyak data pada Kartu Keluarga itu salah. Dan yang lebih repotnya lagi, jika data siswa yang tertera pada Kartu Keluarga salah, maka Orang Tua siswa harus mendatangi Dukcapil terlebih untuk memperbaharui Kartu Keluargnya.

Padahal terkadang juga, orang tua ingin data anaknya pada verval pd itu sesuai dengan akte kelahiran, sedangkan data Akte dan Kartu Keluarga masih tidak sama atau mismatch. Tentu ini membuat kita repot sebagai operator Madrasah.

KESIMPULAN

  1. Pembaharuan Fitur Edit Identitas pada Verval PD.
  2. Edit Identitas Siswa harus disesuaikan dengan data yang ada pada Kartu Keluarga / data Dukcapil.
  3. Edit Identitas pada Verval PD Tidak perlu lagi upload Bukti Akte/KK dalam proses Edit Identitas.
  4. Kita tidak perlu menunggu Konfirmasi dari admin Kabupaten/Kota. Jika data sudah sesuai dengan Dukcapil, maka data siswa langsung berubah.

Itulah penjelasa mengenai fitur edit identitas terbaru yang ada di verval pd, berdasarkan yang kami temukan.

Semoga artikel kami tentang Verval PD: Update Edit Identitas Siswa Harus Sesuai Data NIK/Dukcapil bisa memberkan manfaat dan wawasan anda semuanya.

Jika dirasa postingan kami ini bermanfaat, silahkan untuk Share ke medsos atau grup WA madrasah. Agar bisa memberikan solusi bagi para operator madrasah di luar sana.

Salam Info Madrasah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter